5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi minyak kelapa. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi minyak kelapa. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minyak kelapa dipercaya dapat memberi nutrisi penting bagi tubuh dan kulit. Bahan ini sangat efektif untuk menenangkan kulit sensitif yang rentan terhadap iritasi, kemerahan, dan kondisi seperti eksim dan jerawat yang disebabkan oleh ketidakseimbangan.

Berikut ini 5 manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Sebagai pelembap alami

Ditulis laman Hindustan Times, minyak kelapa adalah obat alami yang ampuh karena bersifat antibakteri, antivirus, antijamur, dan antiradang. Arathi Vasudev, pakar kecantikan dan kesehatan di Arya Vaidya Pharmacy Coimbatore mengatakan minyak kelapa juga berfungsi sebagai pelembap yang menutrisi tubuh dan wajah.

“Minyak kelapa berfungsi sebagai pelembap yang sangat menutrisi untuk wajah dan tubuh, memberikan hidrasi dan perlindungan terhadap faktor lingkungan yang berbahaya seperti sinar UV dan polusi. Khasiatnya yang mendinginkan dan menenangkan, terutama di iklim yang lebih hangat, membantu mengembalikan keseimbangan kulit sekaligus memperbaiki kolagen dan meningkatkan ketahanan kulit,” katanya.

2. Mencegah penuaan dini 

Vasudev mengatakan minyak kelapa bisa menjadi pilihan ideal untuk segala usia dalam perawatan kulit baik bagi bayi maupun wanita hamil. Minyak kelapa juga dapat mencegah penuaan dini.

3. Melembutkan kulit

Harinder Kaur Arya, ilmuwan dan salah satu pendiri Indus Valley Cosmetics, mengungkapkan minyak kelapa adalah solusi alami yang ampuh untuk perawatan kulit, yang memberi nutrisi dan hidrasi mendalam yang beradaptasi dengan perubahan musim.

“Minyak kelapa membantu menjaga kulit tetap halus, lembut, dan sehat. Komponen utamanya, Asam Laurat, merupakan sekitar 40-50 persen dari komposisinya, yang memberi banyak manfaat, termasuk pelembapan mendalam, mengurangi peradangan, dan perlindungan terhadap stresor lingkungan,” kata Arya.

4. Mengatasi jerawat wajah

Selain itu, sifat antimikroba-nya membantu melawan jerawat dengan menargetkan bakteri, sekaligus mempercepat penyembuhan, membuatnya ideal untuk kulit sensitif, meredakan kemerahan dan iritasi.

5. Ramuan minyak kelapa sesuai cuaca 

Arya menyarankan untuk mencampur minyak esensial seperti lavender atau tea tree untuk campuran ringan membantu mencegah infeksi jamur dan jerawat di musim hujan, serta menambahkan beberapa tetes minyak vitamin E untuk meningkatkan hidrasi di musim dingin.

Pilihan Editor: Perawatan Rambut dengan Bahan Alami, dari Minyak Kelapa Hingga Madu

ANTARA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."