12 Cara Menjaga Kesehatan Rambut Menurut Dokter Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan memakai minyak rambut. Foto: Freepik.com

Ilustrasi perempuan memakai minyak rambut. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mendapatkan tampilan rambut sehat bisa lebih sulit dari yang kamu kira. Dari pola makan level steres hingga rentetan produk baru, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menjaga kesehatan rambut. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan dan dihindari menurut dokter kulit.

1. Terapkan Rutinitas Perawatan Rambut yang Konsisten

Tergantung pada jenis rambut, kamu sebaiknya memilih rutinitas yang lembut dan melembapkan. Rutinitasnya antara lain sampo dan kondisioner yang disesuaikan dengan kebutuhan rambut, kondisioner tanpa bilas untuk melindungi panas, dan perawatan protein untuk setiap minggu.

2. Batasi Styling dengan Alat Panas

"Minimalkan praktik perawatan rambut yang dapat merusak kutikula rambut, terutama yang menggunakan panas," kata dokter kulit bersertifikat Ainah Tan dikutip dari laman Byrdie. Praktik-praktik tersebut menginduksi gelembung dan patah pada rambut yang dapat mengurangi kilau dan bisa menyebabkan kerusakan rambut.

Jika kamu harus menggunakan alat styling panas, selalu gunakan pelindung panas pada rambut, dan jaga suhu pada panas rendah hingga sedang untuk memulai. Namun, kamu beristirahat dari alat styling panas, cobalah produk tanpa panas seperti pita keriting. 

3. Pola Makan Bergizi

Kesehatan rambut juga tergantung pada apa yang kamu makan. Pola makan bergizi akan meningkatkan kesehatan folikel rambut, memberi helaian rambut yang lebih bersinar.

"Pastikan kamu makan makanan sehat termasuk banyak sayuran berdaun dan sumber zat besi," saran dokter Tan.

Baik zat besi dan vitamin D membantu membangun dan memperkuat rambut. Itulah sebabnya bahan-bahan ini begitu sering ditemukan dalam suplemen rambut.

Diet kaya protein juga dapat berdampak pada kesehatan rambut. "Jadi saya mendorong diet sehat yang lengkap, termasuk lemak sehat, seperti asam lemak omega-3, zat besi, kompleks vitamin B, vitamin C, dan tembaga, "Kata dokter kulit bersertifikat, Rachel Nazarian.

Menurut dokter Nazarian, diet Mediterania adalah awal yang baik, dan menggabungkan makanan seperti telur, kacang-kacangan, alpukat, dan buah jeruk.

4. Gunakan Minyak Rambut

Ada banyak produk yang tersedia yang dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut, termasuk minyak rambut. Trichologist, Isfahan Chambers-Harris merekomendasikanminyak seperti minyak argan, minyak kelapa, dan minyak jojoba untuk kesehatan rambut.

"Minyak ini melembapkan dan menyehatkan rambut, mengurangi kusut, dan meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa lidah buaya juga memiliki sifat menenangkan dan membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala, mempromosikan lingkungan yang sehat untuk pertumbuhan rambut.

Sementara itu, dokter Nazarian mengatakan bahwa minyak kelapa juga membantu hidrasi, dan minyak rosemary telah terbukti membantu pertumbuhan rambut.

5. Jaga Kulit Kepala

Akar masalah rambut mulai dari kulit kepala, yang banyak orang lupa perhatikan. Sementara beberapa kondisi kulit kepala disebabkan oleh kebiasaan kulit kepala yang tidak sehat seperti penggunaan berlebihan sampo kering atau pembersihan agresif. Dokter Nazarian mengatakan bahwa kulit kepala yang tidak sehat juga disebabkan oleh sensitivitas alami, dan membutuhkan bahan dan perawatan untuk mengatasinya dengan tepat.

"Jangan abaikan kulit kepala yang kering, gatal, atau bersisik, itu mungkin merupakan tanda masalah kulit kepala dan memerlukan perawatan dari dokter kulit," ujar dokter Nazarian.

Untuk menjaga kulit kepala yang sehat,  bersihkan secara teratur, menghindari pembersih atau scrub abrasif, dan menjaganya dari polusi, asap rokok, dan cahaya ultraviolet.

Pijat kulit kepala dan eksfoliasi bulanan dengan produk-produk seperti scrub kulit kepala yang lembut juga dapat membantu kesehatan kulit kepala.

6. Baca Bahan-bahan dalam Produk Rambut

Saat memilih produk rambut Anda seperti sampo, kondisioner, dan produk penata gaya, berhati-hatilah untuk membaca label bahan yang dapat membantu dan membahayakan rambut kamu.

"Cari bahan-bahan seperti keratin, kolagen, dan protein sutra," kata dokter Chambers-Harris.

Protein adalah blok bangunan rambut, yang membantu memperbaiki kerusakan, memperkuat poros rambut, dan mencegah kerusakan.

Nazarian menambahkan bahwa bahan-bahan yang mampu memperkuat folikel rambut termasuk Panthenol, asam hialuronat, ceramide, dan minyak.

Bagi orang yang memiliki kulit kepala sensitif, dan tidak memiliki terlalu banyak produksi minyak, dokter Nazarian mengatakan sampo bebas sulfat adalah pilihan yang baik.

"Sulfat menawarkan minyak alami yang lebih bersih untuk memelihara folikel rambut. Saya juga menyarankan untuk menghindari formaldehida, phthalate, dan polimer berbasis silikon yang dapat melemahkan folikel rambut dari waktu ke waktu," kata dokter Nazarian.

7. Pakai Sarung Bantal Sutra atau Satin

Sarung bantal sutra atau satin dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan rambut.

"Sarung bantal sutra bermanfaat bagi rambut karena memungkinkan sirkulasi dan mencegah kelembapan dari keringat malam menjadi terperangkap di akar rambut," kata trikologi bersertifikat Bridgette Hill.

Sarung bantal sutra juga membantu meminimalkan gesekan antara serat rambut dan kain kapas. Tekstur kain membantu mempertahankan kilau alami dan rambut yang baru ditata.

8. Meminimalkan Stres

Stres dapat sangat memengaruhi tubuh, termasuk rambut. Ketika pikiran dan tubuh stres, energi teralihkan dari membuat rambut yang subur dan tebal.

Dokter Tan juga mencatat stres dapat memicu jenis kerontokan rambut yang disebut telogen effluvium.

"Tapi jangan khawatir, begitu stres berkurang dan hidup mulai kembali normal, pertumbuhan rambut biasanya kembali ke keadaan yang sehat," ucap dokter Tan.

9. Perawatan Keratin

Keratin bukan hanya untuk menghaluskan, kandungan tersebut bisa membantu memperkuat helaian rambut. Dokter Tan mencatat bahwa perawatan salon rambut keratin dan garis perawatan rambut seperti nioxin dapat membantu menebalkan rambut dan meningkatkan penampilannya.

10. Lindungi Rambut dari Paparan Terik Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berkepanjangan dapat mengering dan merusak rambut kamu. Kenakan topi atau gunakan produk rambut dan kulit kepala dengan perlindungan UV saat menghabiskan waktu di luar ruangan, menurut dokter Chambers-Harris.

Dia juga menambahkan menerapkan tabir surya ke kulit kepala juga ide bagus karena kebanyakan orang lupa bahwa kulit kepala juga kulit seperti area tubuh lainnya.

11. Frekuensi Keramas

Dokter Tan mengingatkan kita bahwa tidak apa-apa untuk mencuci rambut atau keramas setiap hari karena kulit kepala setiap orang berbeda dan memiliki kebutuhan pencucian yang berbeda. Peningkatan frekuensi pencucian rambut tidak menyebabkan peningkatan rambut rontok.

Dokter Chambers-Harris menambahkan bahwa jika kamu melihat rambut lebih kering dan rusak, mulailah mengurangi frekuensi keramas. Namun perlu diingat, mencuci rambut terlalu sering juga bisa menghilangkan minyak alami di rambut. Temukan keseimbangan dalam frekuensi keramas.

12. Tata Rambut dengan Lembut

Hindari gaya rambut yang ketat dan terlalu sering menata rambut, yang dapat menyebabkan rambut rusak. Cobalah kepang longgar jika kamu ingin rambut menjauh dari wajah. Ide yang baik untuk menukar ikatan rambut karet dengan gulungan elastis atau ikat rambut sutra, karena sutra sangat lembut pada rambut.

Pilihan Editor: Bahan-bahan yang Wajib Ada di Produk Rambut Kaya Protein dan Melembapkan

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."