10 Merek Skincare yang Tidak Overclaim Menurut Dokter Detektif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi skincare atau produk perawatan kulit wajah dan tubuh. Pixabay.com/Kalachairina

Ilustrasi skincare atau produk perawatan kulit wajah dan tubuh. Pixabay.com/Kalachairina

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kini banyak produk skincare bermunculan dengan kandungan disesuaikan dengan masalah kulit atau kebutuhan pengguna. Banyak orang bingung harus memilih produk yang mana, terlebih jika baru saja ingin mengganti skincare.

Selain kandungan dan hasil yang diinginkan, para pemakai skincare juga akan memilih produk yang aman serta tidak overclaim sehingga hasilnya bisa sesuai yang diiklankan. Sahabat Cantika mau tahu produk apa saja yang tidak overclaim?

Berikut ini daftar skincare yang tidak overclaim menurut Dokter Detektif. Konten-kontennya viral di media sosial yang menjelaskan hasil uji lab produk-produk kecantikan.

1. Hanasui Power Bright Expert Serum

Skincare lokal Hanasui merilis power expert bright serum yang diklaim mencerahkan dan meratakan kulit wajah/Foto: Instagram/Foto: Instagram/Hanasui

Melansir keterangan resmi produk ini, Hanasui Power Bright Expert Serum mengandung 10 persen advance niacinamide yang berkhasiat dalam membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Pada hasil uji lab Dokter Detektif, menemukan hasil yang sama atau lebih tinggi yakni 10,55 persen kandungan niacinamide.

Serum ini juga mengandung chromabright yang mampu mencerahkan tone kulit secara lebih cepat, formula G2 light yang bisa mengurangi flek hitam dan kemerahan pada wajah serta glowplex yang dipercaya mampu membuat kulit tampak lebih bercahaya. 

Power Bright Expert Serum ini cocok untuk kulit normal dan cenderung berminyak. Cocok juga buat Sahabat Cantika yang terbiasa menggunakan skincare dengan kandungan niacinamide

2. Hanasui Vitamin C Serum

Hanasui Face Serum Vitamin C. Hanasui

Klaim serum yang satu ini adalah memiliki kandungan niacinamide 2 persen. Lantas pada hasil uji lab Dokter Detektif menemukan kandungan tersebut sebanyak 2,19 persen. Skincare ini berguna memperlambat proses penuaan dini dan menyamarkan keriput atau kerutan di kulit wajah.

Memiliki fungsi sebagai antioksidan kuat yang melindungi kulit terhadap pengaruh negatif faktor luar seperti polusi, matahari, iklim, AC, dan asap rokok. Juga merangsang pembentukan dan peningkatan produksi kolagen kulit, yang akan menjaga kekenyalan, kelenturan, serta kehalusan kulit.

Vitamin C yang terkandung juga disebut bisa mencerahkan kulit dengan alami, tanpa efek samping yang merugikan.

3. Aboveboard Serum

Aboveboard Serum. Foto: Shopee.co.id.

Aboveboard Serum diformulasikan dengan kandungan tranexamicacid 3 persen, alpha arbutin 3 persen, niacinamide 5 persen, hexylresorcinol, licorice root extract, centella asiatica extract, panthenol, beta glucan, calendula, dan allantoin

Hasil uji lab Doktif skincare ini ternyata sesuai, yaitu kandungan niacinamide yang berada di 5,36 persen.

4. Maryame Beauty Glow Up Cream

Maryame Beauty Glow Up Cream. Foto: Shopee.co.id.

Item ini merupakan day cream yang diformulasikan dengan kandungan UV Filter untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Dilengkapi kandungan niacinamide, chromabright, ethyl ascorbic acid, licorice (glycyrrhiza glabra) extract, dan centella asiatica leaf extract untuk membantu mencerahkan, menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat, serta menutrisi kulit wajah.

Hasilnya bisa membuat kulit wajah tampak cerah dan lembap. Doktif menguji lab kandungan niacinamide yang diklaim 5 persen. Dia menemukan hasil berisi 5,33 persen niacinamide.

5. B Erl Active Glow Booster Serum 

B Erl Active Glow Booster Serum. Foto: berlcosmetics.com.

Produk skincare tambahan ini disebut juga pre-serum karena digunakan sebelum serum. Tujuannya memberi nutrisi tambahan pada kulit, agar perawatan kulit lebih maksimal lagi. 

B Erl Active Glow Booster Serum dibuat dengan formulasi alcohol free dan fragrance free, mampu memperkuat skin barrier, mencerahkan kulit, dan memberikan kelembapan serta mengunci kelembapan kulit sehingga membuat kulit tampak lebih cerah, plumpy, dan sehat.

Selain itu, B Erl Serum juga membuat serum wajah yang nantinya digunakan dapat diserap dengan maksimal. Kandungan niacinamide 8 persen sesuai dengan hasil uji lab Dokter Detektif.

6. Cosrx Pure Retinol

Cosrx Pure Retinol. Foto: Blibli.com.

Cosrx Pure Retinol memang menjadi salah satu produk skincare yang banyak diburu karena manfaatnya yang mampu menutrisi kulit dengan kandungan antiaging. Saat diuji oleh Doktif, ternyata hasilnya sesuai, yaitu dengan kandungan retinol sebesar 0,1 persen.

7. For Skin's Sake Gentle Retinol

For Skin's Sake Gentle Retinol. Foto: Shopee.co.id.

For Skin's Sake Gentle Retinol diklaim mengandung 0,15 retinol di dalam produknya. Usai diuji lab oleh Doktif, hasilnya hampir sesuai yakni 0,063 persen. Produk ini pun mendapat approve dari Doktif.

8. Skintific Gentle-A Retinol

Skintific Gentle-A Retinol. Foto: Tokopedia.com.

Serum retinol ini dirancang khusus untuk pemula, dengan teknologi yang lembut di kulit. Mengandung kombinasi unik retinol yang bekerja efektif melawan tanda-tanda penuaan, didukung oleh ceramide dan peptide untuk menjaga kelembapan kulit.

Kandungan utamanya 0,1 persen retinol, dan ditemukan oleh Dokter Detektif sebesar 0,13 persen.

Manfaat perawatan kulit ini yaitu mencegah garis halus dan kerutan, meremajakan elastisitas kulit, dan mengembalikan kekencangan kulit tanpa iritasi. Selanjutnya melindungi skin barrier dan mempertahankan kelembapan kulit, serta membuat kulit terasa halus dan kencang.

9. Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule (avoskinbeauty.com)

Item ini menggunakan teknologi Actosome yang membuat retinolnya lebih ringan, sehingga cocok untuk berbagai jenis kulit. Mengandung retinol 2 persen yang ditemukan oleh Dokter Detektif sebesar 0,093 persen.

Formula ini juga diperkaya dengan vitamin E, peptida, ekstrak delima, dan teh hijau yang bekerja sinergis untuk mempercepat regenerasi sel kulit. Selain itu juga untuk mencegah munculnya kerutan, menyamarkan noda hitam, menjaga kekenyalan kulit, dan mencerahkan kulit wajah.

10. Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol

Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol. Foto: Dok. somethinc.com.

Serum retinol ini sangat efektif untuk menghilangkan kerutan halus dan membuat kulit lebih kencang serta kenyal. Dengan teknologi khusus, retinol di dalamnya bekerja lebih cepat dan lebih lembut, sehingga cocok untuk semua jenis kulit. 

Kandungan tambahannya juga membantu mengurangi iritasi. Gunakan di malam hari dan jangan lupa pakai sunscreen di pagi hari. Kandungan utamanya yakni allantoin, betaine, encapsulated retinol (1 persen), dan Hyaluronic acid. Doktif menemukan kandungan pure retinol sebesar 0,083 persen.

Nah, Sahabat Cantika, itu dia daftar merek skincare yang tidak overclaim menurut Dokter Detektif. Hasil uji lab benar sesuai dengan yang diiklankan.

Pilihan Editor: Ulang Tahun ke-10, Avoskin Rilis Produk Skincare Travel Size yang Berkelanjutan

ECKA PRAMITA | X | LAZADA | TOKOPEDIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."