12 Film India Sedih Menguras Air Mata dengan Jalan Cerita Menyayat Hati

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Poster film My Name is Khan. entertainmentwallpaper.com

Poster film My Name is Khan. entertainmentwallpaper.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Film Bollywood terkenal dengan alur ceritanya yang menyentuh hati. Film India romantis juga sangat manis, apalagi ditambah dengan lagu-lagunya.

Namun ada juga deretan film India tema keluarga hingga romantis yang menguras air mata dengan jalan cerita menyayat hati. Jangan lewatkan 12 film India sedih berikut ini, Sahabat Cantika siapkan tissue, ya!

1. Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)

Daftar film India sedih yang pertama ini cukup populer ditonton masyarakat Indonesia. Yaitu dibintangi aktor papan atas Shah Rukh Khan dan Kajol.

Dilwale Dulhania Le Jayenge berkisah tentang Raj (Shah Rukh Khan) dan Simran (Kajol) yang pertama kali bertemu saat liburan kereta api di Eropa. Itu bukanlah cinta pada pandangan pertama, tapi ketika Simran dibawa kembali ke India untuk dijodohkan, segalanya berubah. 

Didorong oleh ayahnya Dharamvir (Anupam Kher), Raj memutuskan untuk terbang dari London tidak hanya untuk memenangkan hati Simran, tapi dia juga berjuang mendapatkan restu dari seluruh keluarganya terutama ayah Simran Baldev Singh (Amrish Puri).

2. Kuch Kuch Hota Hai (1998)

Milenial pasti pernah nonton dong salah satu film India tersedih ini. Filmnya bisa ditonton di platform Netflix saat ini. Masih dibintangi Shah Rukh Khan dan Kajol, bersama Rani Mukerji, Kuch Kuch Hota Hai menjadi film yang berhasil menguras air mata dan menyayat hati penonton.

Rahul Khanna (Shahrukh Khan) dan Anjali Sharma (Kajol) adalah sahabat karib di kampus St. Xavier. Mereka berdua suka bermain basket. Setiap kali mereka bermain, Anjali menang. 

Rahul terus-menerus mengejar gadis-gadis di kampus, yang membuat Anjali kesal. Ini karena, tanpa sepengetahuan mereka berdua, Anjali jatuh cinta pada Rahul.

Tn. Malhotra (Anupam Kher) memberi tahu Anjali bahwa putrinya Tina (Rani Mukherji) akan datang ke St. Xavier untuk menyelesaikan gelarnya, setelah belajar di Universitas Oxford selama dua tahun pertamanya. Tina datang dan dengan cepat berteman dengan Rahul dan Anjali. 

Faktanya, Rahul jelas memiliki perasaan pada Tina. Di kelas suatu hari, Rahul mengatakan bahwa dia percaya cinta adalah persahabatan dan bahwa dia hanya akan mencintai seorang gadis yang merupakan sahabat karibnya. Kata-kata ini membuat Anjali menyadari bahwa dia jatuh cinta pada Rahul dan mungkin Rahul juga mencintainya.

Anjali didorong oleh pengurus asramanya yang keibuan, Rifat Bi (Himani Shivpuri) untuk memberi tahu Rahul bahwa dia mencintainya. Dia hendak melakukannya, tapi mengetahui bahwa Rahul mencintai Tina, dia patah hati dan memutuskan untuk meninggalkan kuliah tanpa memberi tahu Rahul atau Tina. 

3. Mann (1999)

Film sedih India yang juga terkenal ini diperankan secara apik oleh Aamir Khan dan Manisha Koirala. Karan Dev Singh dan Priya Verma akan menikah dengan pasangan mereka masing-masing, tapi sebelum itu terjadi, Karan yang seorang penggoda berhasil bertemu dengan Priya di sebuah kapal pesiar yang berangkat dari Singapura ke India. 

Mereka bertemu, bertengkar, berteman satu sama lain, dan akhirnya jatuh cinta sepenuhnya, mengetahui bahwa pasangan hidup mereka sedang menunggu. Ketika tiba saatnya mereka pergi, mereka setuju untuk menjalani hidup mereka tanpa berkomunikasi satu sama lain dan berjanji untuk bertemu setelah setahun. 

Ketika tiba saatnya bagi mereka untuk bertemu, Priya mengalami kecelakaan lalu lintas yang membatalkan pertemuan mereka.

4. Kaho Naa... Pyaar Hai (2000)

Film India romantis satu ini menceritakan kisah cinta antara seorang penyanyi miskin, Rohit (Hrithik Roshan) dan putri seorang pria yang sangat kaya, Sonia (Ameesha Patel). Saat berada di kapal pesiar, mereka terpisah dari rombongan lainnya dan berakhir di sebuah pulau terpencil. 

Mereka hidup bahagia di sana selama beberapa hari hingga mereka diselamatkan. Teman-teman Sonia membantu Rohit untuk membuat namanya terkenal sehingga mereka dapat menikah. Namun sebelum ia mencapai tujuan ini, ia menemui ajalnya. 

Ayah Sonia mengirimnya untuk tinggal bersama sepupunya di Selandia Baru untuk mengatasi patah hatinya. Di Selandia Baru, ia bertemu Raj Chopra yang sangat mirip dengan Rohit.

5. Mohabbatein (2000)

Pemenang Penghargaan Nasional, Mohabbatein karya Yash Chopra dan Aditya Chopra adalah film India romantis yang menggambarkan pertarungan antara cinta dan ketakutan. Pertarungan antara dua pria keras kepala dan keyakinan mereka yang bertentangan. Raj Aryan (Shahrukh Khan), yang memperjuangkan cinta, ia akan melakukan apa saja untuk itu. 

Narayan Shankar (Amitabh Bachchan) seorang penganut disiplin ketat sebagai kepala lembaga pendidikan paling bergengsi di India yang memperjuangkan rasa takut, ia percaya bahwa cinta mengarah pada rasa sakit dan kelemahan.

Ini juga merupakan kisah tentang 3 pria dan wanita muda yang harus belajar mengikuti kata hati mereka melawan segala rintangan dan hasil dari kisah cinta mereka yang akan menentukan apa yang akhirnya akan menang, cinta atau ketakutan.

6. Chori Chori Chupke Chupke (2001)

Film sedih India berikutnya diperankan trio Salman Khan, Rani Mukerji, dan Preity Zinta. Raj dan Priya baru saja menikah. Priya sedang mengandung anaknya, tapi karena keadaan yang tidak terduga, ia keguguran dan tidak bisa hamil lagi. 

Mereka punya ide untuk mencari pengganti, hingga menemukan Madhoo. Wanita penghibur itu bersedia menjadi ibu pengganti dengan bayaran tinggi. Namun, hubungan mereka terjerat dengan cinta segitiga ketika Madhoo jatuh cinta pada Raj.

7. Kabhi Khushi Kabhie Gham... (2001)

Yashvardhan Raichand hidup dengan gaya hidup yang sangat kaya bersama istrinya, Nandini, dan kedua putra mereka, Rahul dan Rohan. Sementara Rahul telah diadopsi, Yashvardhan dan Nandini memperlakukannya seperti anak mereka sendiri. 

Ketika putra-putra mereka dewasa, mereka mulai mencari pengantin yang cocok untuk Rahul, dan memutuskan untuk menikahkannya dengan seorang wanita muda bernama Naina. Ketika Rahul diberitahu tentang hal ini, dia mengatakan kepada mereka bahwa dia mencintai wanita lain bernama Anjali Sharma. 

Yashvardhan memutuskan untuk bertemu dengan keluarga Sharma, dan mengetahui bahwa mereka kelas menengah, tidak berpendidikan, dan tidak akan bisa masuk ke dalam lingkaran keluarganya, sebagai hasilnya dia menolak untuk mengizinkan Rahul menikahi Anjali.

Rahul yang menantang memutuskan untuk pergi, menikahi Anjali, tanpa restu orang tua asuhnya, dan pindah ke London, Inggris, di mana saudara perempuan Anjali yang belum menikah, Pooja, juga tinggal. 

Rohan, yang belajar di asrama, pulang ke rumah dan mendapati Rahul tidak lagi tinggal bersama mereka. Ia juga mendapati bahwa meskipun ayahnya tampak tidak tertarik melihat Rahul kembali, Nandini ingin keluarganya kembali bersama untuk semua momen bahagia dan sedih.

8. Kal Ho Naa Ho (2003)

Pemeran utama wanita dalam film ini, Naina (Preity Zinta) menceritakan kisahnya. Ayahnya telah bunuh diri beberapa tahun yang lalu yang meninggalkan dampak yang dalam di hatinya. 

Keluarganya tidak harmonis karena ibu dan neneknya tidak pernah berhenti bertengkar. Namun ketika Aman (Shahrukh Khan) tiba di sebelah rumah, seluruh kondisi suram itu berubah. 

Aman menghidupkan Naina yang skeptis dan sangat serius, dan Naina pun jatuh cinta padanya. Namun Aman tahu bahwa ia tidak dapat menikahi Naina karena sebuah rahasia yang tidak dapat ia ungkapkan kepadanya. Jadi ia bermaksud menjodohkannya dengan sahabat karibnya, Rohit (Saif Ali Khan).

9. Koi... Mil Gaya (2003)

Film India sedih tema keluarga ini berkisah tentang ilmuwan Sanjay Mehra merancang komputer yang mampu menghubungi alien. Kebahagiaannya berakhir ketika para ilmuwan di pusat penelitian antariksa mengejeknya dan menolak untuk mempercayai klaimnya. 

Saat kembali ke rumah bersama istrinya yang sedang hamil, ia melihat sekilas pesawat luar angkasa alien, dan dalam kebingungan yang terjadi, ia tidak dapat mengendalikan mobilnya, yang menyebabkan kecelakaan. Istrinya selamat tapi anak mereka yang belum lahir mengalami kerusakan otak. 

Bertahun-tahun kemudian, putra mereka Rohit Mehra telah tumbuh dewasa tapi memiliki kapasitas berpikir seperti anak kecil. Ia berteman dengan Nisha yang penyayang, yang membuat marah calon Nisha, Raj, seorang anak manja. 

Suatu hari, Rohit dan Nisha menemukan komputer ayah Rohit di gudangnya dan mengikuti petunjuk yang diberikan. Malam itu juga, kota mereka dikunjungi oleh pesawat luar angkasa alien yang mendarat di suatu tempat di dekatnya dan lepas landas tak lama kemudian.

Tapi ketika polisi memeriksa jejak kaki tersebut, mereka menemukan bahwa salah satu alien telah tertinggal. Kemudian Rohit dan Nisha menemukan alien itu, menamainya Jadoo, dan menyaksikan kehidupan mereka berubah menjadi kekacauan virtual.

10. Veer-Zaara (2004)

Pemimpin Skuadron Veer Pratap Singh (Shah Rukh Khan) adalah seorang pilot penyelamat di Angkatan Udara India. Saat bertugas, ia bertemu dengan Zaara (Preity Zinta) yang terlantar, seorang gadis dari Pakistan yang datang ke India untuk memenuhi keinginan ibu penggantinya yang sedang sekarat. 

Veer menyelamatkan hidupnya, dan ia tidak pernah sama lagi. 22 tahun kemudian, Saamia Siddiqui (Rani Mukerji), seorang pengacara hak asasi manusia Pakistan yang menangani kasus pertamanya, mendapati dirinya berhadapan langsung dengan Veer Pratap Singh yang sudah tua. Ia telah mendekam di sel penjara Pakistan selama 22 tahun dan tidak berbicara dengan siapa pun selama bertahun-tahun, dan tidak seorang pun tahu mengapa. 

Misinya adalah untuk menemukan kebenaran tentang Veer dan memastikan keadilan ditegakkan. Veer Zaara adalah kisah cinta, perpisahan, keberanian, dan pengorbanan. Cinta yang ilahi, cinta sepenuh hati, cinta sepenuhnya menguras tenaga, cinta yang tumbuh dengan perpisahan dan semakin dalam dengan pengorbanan. Cinta menjadi inspirasi dan akan tetap menjadi legenda selamanya.

11. Paa (2009)

Film India sedih tema keluarga ini bercerita tentang Auro (Amitabh Bachchan). Dia adalah seorang anak laki-laki berusia 13 tahun yang cerdas dan jenaka dengan kelainan genetik yang sangat langka, sindrom mirip Progeria yang menyebabkan penuaan dini. 

Secara mental ia berusia 13 tahun, seperti anak laki-laki pada umumnya, tapi secara fisik ia tampak lima kali lebih tua. Meskipun kondisinya demikian, Auro adalah anak laki-laki yang sangat bahagia. 

Dia tinggal bersama ibunya Vidya (Vidya Balan), seorang ginekolog. Ayahnya, Amol Arte (Abhishek Bachchan), adalah seorang politikus muda progresif yang idealis yang ingin membuktikan kepada dunia bahwa 'politik' bukanlah kata yang buruk. Ia adalah seorang pria dengan misi: membantu putranya.

12. My Name is Khan (2010)

Film India sedih terbaru ini berkisah tentang seorang autis bernama Rizwan Khan (Shah Rukh Khan), tinggal di San Francisco. Dia sedang dalam perjalanan untuk bertemu Presiden George W. Bush agar ia dapat menyampaikan bahwa namanya adalah Khan, dan ia bukanlah seorang teroris. Ia bergumam pelan karena autismenya dan dibawa untuk pemeriksaan lebih lanjut karena adanya diskriminasi rasial. 

Ia ketinggalan penerbangan terakhirnya ke Washington DC dan harus naik bus karena penerbangan berikutnya adalah keesokan harinya dan terlalu mahal baginya. Rizwan Khan adalah seorang pria Muslim autis yang tumbuh bersama ayahnya, Dilawar Amanaullah Khan; ibu, Razia (Zarina Wahab); dan saudara laki-lakinya, Zakir (Jimmy Shergill) di Borivali, Mumbai. 

Dia bertemu dan tertarik pada seorang pekerja Salon Hindu, Mandira Rathod (Kajol), seorang ibu tunggal dari Sameer (Arjun Aujila), yang ditinggalkan suaminya (Mandira menikah saat ia baru berusia 19 tahun dan suaminya meninggalkannya 3 tahun kemudian tanpa tunjangan) dan pindah ke Australia. 

Rizwan dan istrinya, Mandira, tinggal bersebelahan dengan keluarga Garrick, yang terdiri dari Mark dan istrinya (Katie A. Keane) dan putranya Reese (Kenton Duty). Kehidupan keluarga Khan yang sempurna terganggu setelah serangan 11 September. Mereka menghadapi diskriminasi rasial setelah serangan teroris 9-11, masuk daftar hitam, dijauhi, dan menderita kerugian. 

Mark Garrick pergi meliput perang di Afghanistan dan meninggal di sana. Suatu sore, pertengkaran antara anak tiri Rizwan, Sameer, dan Reese berubah menjadi perkelahian antara siswa yang lebih tua, yang mengakibatkan Sameer terbunuh. Para siswa yang lebih tua mengancam Reese agar tidak mengungkapkan kebenaran.

Terkejut luar biasa, Mandira menyalahkan Rizwan, dengan menyatakan bahwa Sameer "meninggal hanya karena nama belakangnya." Dengan nada sarkastis, Mandira mengatakan bahwa untuk bisa kembali bersama, Rizwan harus memberi tahu rakyat dan Presiden Amerika Serikat bahwa namanya adalah Khan, dan dia bukan teroris.

Nah, Sahabat Cantika, itu dia 12 film India yang menguras air mata. Siapkan tissue untuk menonton sinema India dengan jalan cerita yang menyayat hati.

Pilihan Editor: 15 Film India dengan Rating Tertinggi di IMDb dan Rotten Tomatoes

IMDB 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."