11 Cara Cepat Memanjangkan Rambut dengan Efektif, Life Hack

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi wanita rambut panjang. Foto: Unsplash.com/Thanh Duc PHAN

Ilustrasi wanita rambut panjang. Foto: Unsplash.com/Thanh Duc PHAN

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita dilahirkan dengan semua folikel rambut yang akan kita miliki sekitar 80 ribu hingga 120 ribu. Rambut tumbuh dari akar di bagian bawah folikel di bawah kulit. Darah di kulit kepala lalu mengalir ke folikel dan memasok oksigen dan nutrisi ke akar rambut, yang membantunya tumbuh.

Saat tumbuh, rambut mendorong melalui kulit dan melewati kelenjar minyak. Minyak dari kelenjar ini membuatnya berkilau dan lembut. 

Rambut sehat umumnya tumbuh 0,35 mm dalam sehari atau 0,014 inci. Maka dari itu, rambut sehat bisa tumbuh 2,45 mm atau 0,1 inci dalam seminggu dan 12,775 cm atau 5 inci per tahun

Seiring bertambahnya usia, wajar jika kamu kehilangan sekitar 100 helai rambut atau pertumbuhannya lambat. Berikut ini 11 cara cepat memanjangkan rambut dengan efektif, life hack dan bisa diterapkan di rumah!

1. Hindari diet ketat

Menurut dokter kulit dan asisten profesor dermatologi di Columbia University Medical Center, Lindsey Bordone, kita tidak dapat mengendalikan segala hal yang mempengaruhi pertumbuhannya. Namun, ada beberapa hal yang dapat kita hindari yang dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan peningkatan kerontokan.

“Diet ketat dapat mengurangi sumber daya dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut,” kata Bordone. "Dan karena pertumbuhan merupakan prioritas yang relatif rendah dibandingkan dengan fungsi tubuh lainnya, pertumbuhan terhenti dengan cepat saat tubuhmu berada di bawah tekanan karena diet ketat."

Bahkan setelah kembali menjalani diet sehat, kerontokan biasanya berlangsung selama beberapa bulan.

Penurunan berat badan secara tiba-tiba juga dapat menyebabkan kerontokan sementara, yang dikenal sebagai telogen effluvium (TE), atau alopecia difus. Hal ini mungkin disebabkan oleh kekurangan niasin. Maka menghindari diet ketat bisa jadi cara cepat memanjangkan rambut.

2. Jangan terlalu sering keramas 

Keramas setiap hari dapat menghilangkan minyak alami yang dihasilkan oleh rambut. 

Jika minyak alami ini hilang, dia bisa kering dan tidak dapat tumbuh dengan baik. Untuk itu, cara agar rambut cepat panjang dan tumbuh dengan baik, keramaslah setiap 2-3 hari sekali.

3. Cobalah produk yang mengandung kafein

Kafein mungkin memiliki kegunaan topikal yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Sebuah riset tahun 2020 menunjukkan bahwa kafein dalam produk topikal, seperti sampo dan kondisioner, dapat mencegah kerontokan seefektif perawatan berbasis obat. 

Kafein dapat meningkatkan pertumbuhan dengan merangsang metabolisme dan proliferasi sel. Ini jadi salah satu cara memanjangkan rambut dengan cepat.

4. Minyak esensial

Minyak esensial tidak hanya berbau harum, tapi bisa jadi cara memanjangkan rambut. Sebuah studi tahun 2021 menemukan bahwa setelah 3 bulan, minyak biji labu yang dioleskan secara topikal secara signifikan meningkatkan pertumbuhan kembali pada peserta dengan pola kebotakan wanita. Namun, diperlukan penelitian yang lebih besar untuk lebih mendukung hasil ini.

Minyak esensial lain yang dapat membantu mencegah kerontokan dan meningkatkan pertumbuhannya meliputi:

  • minyak rosemary
  • minyak peppermint
  • minyak jojoba
  • minyak lavender

5. Tingkatkan profil nutrisimu

Kekurangan nutrisi utama dapat mempengaruhi struktur rambut dan pertumbuhannya. Beberapa kekurangan nutrisi yang dapat mempengaruhi mahkota kamu meliputi:

  • zat besi
  • zinc 
  • asam lemak
  • selenium
  • vitamin D, E, dan A
  • asam folat

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dan omega-6 selama 6 bulan membantu melindungi dari kerontokan pada orang dengan kebotakan pola wanita.

6. Manjakan diri dengan pijat kulit kepala

Pijat kulit kepala dapat membantu meningkatkan relaksasi, menghilangkan stres, dan membantu meningkatkan kesehatan mahkotamu.

Sebuah studi tahun 2016 meneliti efektivitas pijat kulit kepala selama 4 menit setiap hari. Setelah 24 minggu, sembilan peserta memiliki rambut yang lebih tebal daripada di awal studi. Studi yang lebih besar masih diperlukan untuk mendukung hasil ini.

Studi tersebut tidak menunjukkan perbedaan yang nyata dalam pertumbuhan helainya. Namun, pijat kulit kepala dapat membantu melebarkan pembuluh darah di bawah kulit. Hal ini dapat menghasilkan helai yang lebih tebal dan kuat yang kecil kemungkinannya untuk patah atau rusak.

Kamu bisa mendapatkan pijat kulit kepala profesional atau memanjakan diri dengan pijat sendiri di rumah.

7. Batasi penggunaan hair dryer

Panas dari alat pengeriting, pengering, dan pelurus rambut dapat merusak mahkotamu dan menyebabkannya patah. Untuk membantu mengurangi kerusakannya, cobalah batasi menggunakan alat-alat ini dan turunkan suhu saat kamu menggunakannya.

Selain itu, menurut penelitian tahun 2019, menggunakan produk pelindung panas sebelum menggunakan alat penata yang dipanaskan dapat secara signifikan mengurangi kerusakannya.

Perawatan panas bekerja dengan membentuk lapisan pelindung yang membantu mencegah hilangnya kelembapan saat menggunakan alat yang dipanaskan.

8. Jangan terlalu sering mewarnai rambut

Penggunaan pewarna dapat mempengaruhi kekuatan dan ketebalan, yang mengakibatkan kerusakan rambut. Pewarna permanen dapat menghilangkan asam lemak alami yang membentuk rambut. Pewarna ini dapat menyebabkan kerusakan lebih parah daripada pilihan yang tidak permanen.

9. Oleskan antioksidan pada kulit kepalamu

Mengoleskan antioksidan pada kulit kepala dapat membantu mengurangi kerontokan dan memperbaiki kondisi kulit kepalamu.

Dalam sebuah studi selama 24 minggu, para peserta yang menggunakan sampo atau perawatan kulit kepala tanpa bilas yang mengandung antioksidan piroctone olamine mengalami peningkatan jumlah helai secara signifikan dan memperbaiki kondisi kulit kepala dibandingkan dengan mereka yang menggunakan formula plasebo.

Bahan-bahan ini dapat meningkatkan dan melindungi lapisan pelindung kulit kepala, sehingga mengurangi penipisan rambut.

10. Lindungi rambutmu saat tidur

Sebagai cara memperpanjang rambut dengan cepat serta membantu meningkatkan kesehatannya saat tidur, cobalah hal berikut:

Pastikan kamu tidur selama 7–9 jam setiap malam. Kurang tidur akan menurunkan produksi melatonin dalam tubuh, hormon yang berperan dalam mengatur pertumbuhan helai. 

Gunakan sarung bantal sutra atau satin untuk membantu mencegah gesekan, tarikan, dan kekusutan yang dapat menyebabkan patah.

Jangan tidur dengan rambut basah. Berbaring di atas rambut basah dapat melemahkan helai rambut dan dapat menyebabkan rambut patah atau kusut.

11. Kurangi stres

Stres kronis dapat menyebabkan kerontokan. Stres dapat menyebabkan folikel memasuki fase istirahat di mana rambut akan rontok alih-alih menumbuhkan helai baru.

Beberapa kiat untuk membantumu menghilangkan stres meliputi:

  • olahraga
  • meditasi
  • menulis jurnal
  • makan makanan yang seimbang dan bergizi.

Nah Sahabat Cantika, itu dia 11 cara cepat memanjangkan rambut dengan efektif, mudah dilakukan sendiri di rumah.

Pilihan Editor: 7 Cara Mengatasi Rambut Kusut yang Direkomendasikan Dokter Kulit

HEALTHLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."