5 Sajian Yang Kerap Disebut Menu Sehat, Benarkah Menyehatkan?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rita Nariswari

google-image
Semangkuk sereal dan susu yang disajikan di

Semangkuk sereal dan susu yang disajikan di "Cereal Killer Cafe", London, 10 Desember 2014. REUTERS/Luke MacGregor

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada label sehat atau bintang iklannya atlet membuat orang berpikir produk tersebut pasti tergolong menu sehat. Padahal bila ditilik dari kalorinya ternyata jauh dari menyehatkan. Berikut beberapa produk yang dikira sehat tersebut. 

1. Sports drink dan diet soda
Orang banyak berpikir sports drink sehat karena di berbagai iklan, atlet muncul dan meneguknya.

“Kebanyakan anak-anak tak membutuhkan sports drink untuk mengusir dehidrasi atau menambah energi,” kata Jackie Newgent, RDN, penulis The All-Natural Diabetes Cookbook. Menurut American Academy of Pediatrics meski kalorinya kosong tapi bisa menambah berat badan dan kerusakan pada gigi. Demikian juga dengan diet soda.

Baca: Manfaat Yoghurt bagi Ibu Hami dan Menyusui 

2. Yoghurt atau sereal plus gula
Banyak produk sebenarnya tergolong sehat tapi dipadu dengan bahan yang tidak sehat. Misalnya, yoghurt dengan tambahan kacang-kacangan dan cokelat. 

Baca Juga:

Tak hanya yoghurt tapi juga oatmeal atau cereal pun bila dicampur dengan aneka rasa penuh gula pun menjadi tidak menyehatkan.

Ilustrasi Smoothies Apel. Shutterstock

3. Smoothies
Buah diolah menjadi smoothies sudah pasti sajian sehat? Belum tentu bila dalam buah-buahan itu dibubuhi 30-40 gram gula. Jadi lebih baik langsung makan buah dibanding meneguk smoothies.

4. Produk rendah lemak atau bebas lemak
Labelnya memang menyiratkan sajian sehat karena rendah atau bebas lemak, tapi hati-hati cek terlebih dahulu kalori yang terkandung. Karena untuk membuatnya mempunyai rasa bisa jadi ditambahkan gula, garam atau bahan lain yang tidak menyehatkan.

Baca: Riset 1 dari 3 Orang Indonesia Ngemil Lebih dari 3 kali Sehari

5. Keripik sayuran
Sayuran saat ini banyak diolah menjadi camilan yang dibikin renyah dan gurih. Anda jangan berpikir karena berbahan sayuran pasti kudapan ini tergolong menu sehat. 

Meski tak terlihat berminyak, nutrisi sayuran akan hilang selama  proses pengolahannya.

webmd |  naturalsociety

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."