Lepas dari Istana, Pangeran Harry dan Meghan Bergantung pada Warisan Putri Diana

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Kinanti Munggareni

google-image
Pangeran Harry mendapatkan 10 juta dollar AS dari warisan Putri Diana. (Instagram/sussexroyal)

Pangeran Harry mendapatkan 10 juta dollar AS dari warisan Putri Diana. (Instagram/sussexroyal)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaWawancara Pangeran Harry dan Meghan Markle oleh Oprah Winfrey membuat dunia tercengang. Ini karena dalam wawancara itu, pasangan suami istri itu seolah membuka 'luka' selama berada di lingkungan istana usai menikah.

Wawancara tersebut juga memfokuskan kembali perhatian pada upaya pasangan itu untuk kemerdekaan finansial, dan tepatnya soal jumlah yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan membiayai hidup mereka setelah lepas dari lingkungan istana.

Pangeran Harry mengungkapkan bahwa tak lama setelah mengumumkan kepergian mereka, pasangan itu terputus secara finansial dan kehilangan dukungan keamanan.

"Dari sudut pandang saya, saya hanya membutuhkan cukup uang untuk membayar keamanan agar keluarga saya tetap aman," kata putra bungsu Putri Diana kepada Winfrey dilansir dari Yahoo.

Meskipun Duke of Sussex tidak merinci jumlah pastinya, Kent Moyer, kepala Grup Perlindungan Dunia, mengatakan kepada Forbes bahwa biaya keamanan sepanjang waktu dapat bertambah hingga US$4 juta setahun.

Saat ini, pasangan itu hidup dengan berbekal warisan Harry sebesar US$10 juta dari mendiang Putri Diana, sebelum akhirnya mendapatkan penghasilan dari berbagai kesepakatan streaming.

Baru-baru ini, keduanya menandatangani kesepakatan podcast 3 tahun dengan Spotify (SPOT) dengan harga sekitar US$15 juta hingga US$18 juta. Namun, kesepakatan 5 tahun dengan Netflix (NFLX) adalah yang menghasilkan paling banyak cuan. Berbagai laporan mengatakan kesepakatan itu bisa bernilai hingga US$100 juta. Namun, biaya menjadi bangsawan jauh lebih tinggi.

Akun Sovereign Grant terbaru mengungkapkan bahwa monarki Inggris menelan biaya £69,4 juta (sekitar $96 juta) antara 2019-2020, naik sedikit dari level tahun sebelumnya sebesar £67 juta (US$93 juta).

The Sovereign Grant, yang sebagian didanai oleh pembayar pajak Inggris, digunakan untuk mendukung tugas resmi raja, termasuk perjalanan, keamanan, staf, dan pemeliharaan gedung. Nilainya ditentukan oleh berapa banyak uang yang dibawa oleh Crown Estate.

Selama 2019 hingga 2020, total itu berjumlah £82,4 juta (US$114 juta). Monarki Inggris telah menghabiskan £69,4 juta dari itu untuk tugas resmi, termasuk £21,2 juta (US$29,5 juta) untuk renovasi Istana Buckingham.

Bagi Harry dan Meghan, akses ke Sovereign Grant menyumbang 5% dari total pendapatan mereka. Sebanyak 95% lainnya berasal dari Duchy of Cornwall, akun real pribadi yang dikelola oleh Pangeran Charles. Perkebunan itu bernilai sekitar $ 1,2 miliar, dengan Pangeran Charles menerima sekitar $ 28,3 juta untuk dibagikan di antara keluarganya.

The New York Times telah melaporkan bahwa Pangeran Harry dan Pangeran William menerima sekitar $6,4 juta dari Pangeran Charles, meskipun jumlah pastinya masih belum diketahui. Namun, pasangan itu tidak lagi memiliki akses ke kedua dana tersebut, menurut beberapa laporan.

Baca juga: Pangeran Harry dan Bangsawan Lain yang Pilih Bebaskan Diri dari Kekangan Monarki

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."