6 Penyebab Bibir Kering, Bisa jadi Salah Pilih Lip Balm

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bibir kering mungkin bukan masalah kesehatan yang mencolok. Tetapi lain ceritanya, bila kekeringan terus-menerus disertai dengan pengelupasan dan pendarahan. Tak hanya menganggu penampilan, tapi itu juga bisa jadi sinyal gangguan kesehatan. Berikut penyebab bibir kering secara terus-menerus yang wajib kamu ketahui.

1. Salah Pilih Lip Balm

Terlepas dari janji melembapkan dari pelembap bibir atau lip balm, ada efek samping yang perlu kamu ketahui jika tak jeli membaca kandungannya. apa yang Anda lihat tidak selalu seperti yang Anda dapatkan.

"Lip balm tertentu hanya mengandung humektan seperti asam hialuronat dan gliserin — yang menarik air dari udara," kata Marnie Nussbaum, dokter kulit bersertifikat di New York, Amerika Serikat.

Jika tidak ada bahan oklusif di dalam lip balm seperti petrolatum, beeswax, shea butter, minyak kelapa, atau squalene, pelembap tidak akan tersegel untuk melindungi penghalang kelembapan. Begitu kelembapan menguap, bibir akan terasa lebih kering dan tampak lebih kering, jelas dokter Nussbaum.

Oklusif diperlukan untuk menciptakan penghalang fisik untuk mencegah kehilangan air. Singkatnya, bahan humektan perlu diimbangi dengan bahan oklusif untuk menghindari siklus aplikasi ulang.

Agar aman, Dr. Nussbaum juga merekomendasikan untuk menghindari paraben, fenol, ftalat, wewangian, dan lanolin sepenuhnya, jika Anda memiliki kulit sensitif.

Pendekatan yang baik adalah mengganti balsem jika Anda merasa harus terus-menerus mengaplikasikan balsem yang sudah Anda gunakan, atau merasakan sensasi kesemutan saat mengaplikasikannya.

2. Menjilat Bbir secara Kompulsif

Menurut Dr. Nussbaum mungkin Anda sering menjilat bibir secara tidak sadar. Jadi, kesadaran diri adalah kuncinya. Jika Anda mendapati diri Anda membasahi bibir sepanjang hari, ingatlah lembapkan bibir Anda dengan lip balm yang tepat, bukan lidah Anda.

3.  Dehidrasi

Meskipun kulit kering belum tentu merupakan tanda langsung dari tingkat hidrasi, itu berarti lebih rentan terhadap kekeringan bibir jika Anda tidak terhidrasi dengan baik karena pergantian sel kulit yang cepat di bibir. 

4. Diet yang Buruk

Menurut Amandeep Kalsi, R.D., MPH, ahli diet terdaftar di California, Amerika Serikat "Tingkat energi Anda, fungsi otak, fungsi kekebalan tubuh, penglihatan, pencernaan, fungsi saraf, produksi hormon, tonus otot, dan kesehatan kardiovaskular semuanya membutuhkan vitamin B."

Vitamin B12 khususnya membantu tubuh Anda dengan pertumbuhan sel, penyembuhan, dan pergantian sel, sehingga kekurangan dapat menyebabkan kekeringan di sekitar mulut.

Tubuh Anda tidak dapat menyimpan vitamin B dalam waktu lama, sehingga perlu diisi ulang secara teratur melalui makanan Anda. Jika Anda tidak memiliki kondisi pencernaan atau diet ketat, Kalsi mengatakan kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan cukup banyak vitamin B dengan mengonsumsi berbagai makanan setiap minggu.

5. Paparan Sinar Matahari Berlebih

Jika bibir kering Anda semakin parah di cuaca panas, matahari mungkin penyebab bibir Anda mengelupas. Yap, sengatan matahari di bibir adalah suatu hal. Faktanya, mulut lebih rentan terhadap sengatan matahari daripada area lain di tubuh lainnya karena kulit unik yang menyusun bibir Anda, menurut Dr. Nussbaum.

Jika Anda terus mengabaikan masalahnya, peradangan yang tampaknya tidak berbahaya itu dapat berubah menjadi sesuatu yang disebut actinic cheilitis, suatu kondisi prakanker yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet yang berkepanjangan yang menimbulkan bercak bersisik dan berubah warna di bibir Anda.

Jika tidak diobati, itu dapat menyebabkan karsinoma sel skuamosa. Bukan untuk menakut-nakuti Anda, bahkan bibir Anda pun bisa terkena kanker kulit, jadi selalu oleskan lip balm dengan SPF 30 atau lebih tinggi sebelum terpapar sinar matahari.

6. Infeksi Jamur

Bila Anda kerap ngiler saat tidur, hal itu dapat menyebabkan pertumbuhan jamur yang berlebihan di bibir Anda, dan pada gilirannya, infeksi jamur di area mulut. Anda bisa melihat ini disertai bercak putih di lidah dan/atau fissuring (retakan kecil) di sudut mulut. Yang terbaik adalah berbicara dengan kulit Anda jika Anda merasa memiliki infeksi jamur, mereka dapat memberi Anda resep obat antijamur. 

Baca juga: 4 Langkah Perawatan Bibir sebelum Pakai Lipstik

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."