Cara Menyimpan Kubis Brussel, yang Utuh ataupun Dipotong

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Kubis Brussel. PEXEL

Ilustrasi Kubis Brussel. PEXEL

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaPernahkah kamu mencicipi kubis brussel yang pahit dan berpikir, "bagaimana orang bisa menikmatinya?" Percaya atau tidak, cara menyimpan kubis brussel berperan besar tidak hanya dalam ketahanan, tetapi juga rasanya. Sesaat setelah kubis brussel dipanen, rasanya manis, namun seiring berjalannya waktu, rasanya menjadi lebih pahit. Akan tetapi jika disimpan dengan benar, kubis brussel dapat bertahan sekitar satu bulan di dalam kulkas.

Saat membeli kubis brussel, kamu mungkin mengabaikan yang berukuran lebih kecil dan memiliki beberapa daun kuning, padahal variasi tersebut memiliki rasa yang lebih lembut dan manis. Sementara itu, kubis brussel yang lebih besar memiliki profil rasa yang lebih mirip dengan kubis. Tidak peduli jenis kubis brussel apa yang kamu beli, pastikan teksturnya kenyal dan daunnya harus terlihat rapat. Lantas, bagaimana cara menyimpan kubis brussel yang baik dan benar agar tahan lama? Yuk, kita simak bersama.

Cara Menyimpan Kubis Brussel Utuh

Pertama-tama, jika kubis brussels dikemas dalam kantong plastik standar dari pasar, sebaiknya dipindahkan ke wadah penyimpanan makanan yang kedap udara atau kantong plastik dengan penutup zip yang aman.

Sebab kantong-kantong tersebut akan menyerap kelembapan, yang akan membuat kubis cepat rusak. Anda juga harus mencabut daun-daun coklat atau kuning untuk mencegah pembusukan, dan hanya mencuci kubis tepat sebelum Anda akan menggunakannya. Ketika kubis brussel disimpan dengan metode ini dapat tetap segar di laci kulkas selama satu minggu.

Jika kamu memiliki kesempatan untuk membeli batang kubis brussel di toko kelontong atau pasar, sebaiknya gunakan kesempatan ini dengan baik, karena kubis akan tetap segar dalam waktu yang lebih lama, yaitu, sekitar satu bulan.

Setelah pulang ke rumah, potong bagian bawah batang kubis brussel seperti merapikan buket bunga, dan letakkan dalam segelas air kemudian masukkan ke dalam lemari es. Ketika Anda siap untuk memasak, cukup potong setiap kubis Brussels dari batangnya dan buanglah sisa batangnya.

Cara Menyimpan Kubis Brussel Potong

Jika Anda membeli kubis brussel potong atau cincang, atau Anda ingin menyiapkan makanan untuk seminggu, sebaiknya simpan ke dalam wadah kedap udara, sama seperti yang Anda lakukan untuk kubis brussel utuh. Dan, perlu diingat kubis brussel potong tidak akan bertahan lama. Disarankan mengonsumsinya dalam waktu tiga hingga empat hari.

Ketika berubah warna menjadi kekuningan-cokelat atau hitam, dan memiliki tekstur yang lembek, itu berarti kubis sudah harus dibuang.

Bisakah Membekukan Kubis Brussel?

Meskipun ada dua cara untuk membekukan kubis brussel, salah satu metode jelas lebih baik. Jika Anda terburu-buru, Anda bisa dengan cepat menyebarkan kubis brussel di atas loyang dan membekukannya selama beberapa jam sebelum menyimpannya dalam wadah yang cocok untuk freezer.

Namun, jika Anda ingin memastikan semua gizi tetap terjaga, sebaiknya merebus kubis brussel terlebih dahulu, biarkan dingin sepenuhnya, lalu membekukannya dengan menggunakan metode di atas. Merebus kubis brussel tidak hanya akan mempertahankan semua sifat gizinya, tetapi juga akan memberikan rasa yang lebih baik setelah dibekukan. Dengan cara ini, kubis brussel dapat bertahan selama sekitar 12 hingga 14 bulan.

Kubis brussel adalah sayuran yang bagus untuk disimpan, karena sangat serbaguna dan mudah dimasak. Salah satu cara paling populer untuk menikmati kubis brussel (termasuk yang telah dibekukan dan kemudian dibekukan kembali) adalah sebagai hidangan pendamping dengan tambahan bacon dan biji delima - kombinasi rasa yang sulit ditandingi. Anda juga dapat mengirisnya tipis untuk membuat salad kubis brussel dengan saus vinaigrette yang segar dan tambahan sayuran renyah lainnya seperti adas, bawang merah, dan paprika, atau campurkan dalam sup dan semur untuk nutrisi tambahan.

Pilihan Editor: Cara Menyimpan Brokoli agar Tetap Hijau dan Renyah

WIDYA FITRIANINGSIH | REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."