10 Penyebab Utama Pertengkaran Suami Istri, Ibu Mertua hingga Uang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

IKLAN

6. Keluarga

Contoh Masalah: Anda merasa terkekang oleh keluarga pasangan dan pasangan tidak memahami batasan Anda.

Cara mengatasinya: Sediakan waktu untuk diri sendiri, lakukan aktivitas yang menyenangkan seperti berolahraga atau menjadi sukarelawan. Pasangan tidak akan marah pada Anda karena melakukan hal-hal positif ini.

7. Keinginan Anak

Contoh Masalah: Anda ingin memberikan semua yang anak-anak inginkan, tetapi pasangan mengatakan Anda memanjakannya.

Cara mengatasinya: Buatlah daftar bersama mengenai batasan dan kebutuhan anak-anak. Diskusikan kekhawatiran dan alasan pasangan untuk memberikan batasan. Kerjasama untuk menciptakan daftar kegiatan dan barang yang memuaskan anak-anak dan pasangan Anda.

8. Tradisi Keluarga

Contoh Masalah: Pasangan ingin melewatkan tradisi keluarga yang penting bagi Anda.

Cara mengatasinya: Jelaskan mengapa tradisi tersebut penting bagi Anda dan cobalah memahami alasan pasangan ingin melewatkan tradisi tersebut. Berdiskusilah dengan saling empati dan cari jalan tengah.

9. Pekerjaan

Contoh Masalah: Pasangan mengatakan Anda bekerja terlalu banyak, sementara Anda mencoba mendapatkan bonus besar untuk mengatasi pengeluaran.

Cara mengatasinya: Jadwalkan kegiatan yang berorientasi pada keluarga atau pasangan dan tetapkan waktu khusus untuk itu. Dengan meluangkan waktu untuk pasangan, Anda menunjukkan perhatian dan pasangan Anda merasa dihargai, sementara Anda tetap bisa bekerja di waktu lainnya.

10. Kelelahan

Contoh Masalah: Salah satu dari Anda berdua merasa lelah dan saling melepaskan emosi pada satu sama lain.

Cara mengatasinya: Ketika Anda merasa marah, tanyakan pada diri sendiri apakah kemarahan Anda terhadap pasangan atau hanya stres umum. Untuk meredakan stres, coba latihan pernapasan seperti tarik napas dalam-dalam lima kali, tahan selama lima hitungan, dan hembuskan perlahan dalam delapan hitungan.

Pertengkaran suami istri tidak dapat dihindari seperti hubungan lainnya, tetapi tidak harus merusaknya. Dengan mengatasi perbedaan pendapat yang umum terjadi dalam hubungan dan menerapkan strategi praktis untuk menghindarinya, pasangan dapat menciptakan hubungan yang lebih harmonis dan memuaskan. Komunikasi terbuka dan jujur, empati, serta kompromi menjadi kunci dalam menyelesaikan perselisihan dan memperkuat ikatan.

Ingatlah, ini bukan tentang menghindari konflik sama sekali, tetapi bagaimana menavigasinya dengan cara yang mendorong pemahaman, pertumbuhan, dan kepuasan bersama. Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat mengatasi tantangan tersebut, memperkuat dinamika yang lebih sehat, dan menciptakan fondasi yang kuat untuk kemitraan yang langgeng serta memuaskan.

Pilihan Editor: 6 Cara Mengatasi Pertengkaran dengan Pasangan, Pentingnya Mendengar dan Kompromi

WIDYA FITRIANINGSIH | YOUR TANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."