6 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam penyebab bibir kering dan pecah-pecah, salah satunya kondisi biologis bibir setiap individu. Menurut dokter kulit kosmetik bersertifikat Dr. Dendy Engelman, bibir cenderung menjadi kering dan mudah pecah-pecah karena memiliki kepadatan kelenjar minyak yang relatif rendah dibandingkan area tubuh lainnya. Selain itu, ada faktor eksternal lain yang dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Berikut ini bebrapa di antaranya.

1. Berbagai Unsur

Dr. Engelman mengatakan bibir kita terus-menerus terpapar berbagai unsur, termasuk udara kering, angin, serta suhu panas dan dingin, yang dalam jangka waktu ekstrem dan lama dapat merusak kondisi bibir kita.

Solusinya: Pilih lip balm yang bagus dan melembapkan, saran Dr. Engelman. “Solusi utama untuk bibir kering dan pecah-pecah adalah menjaganya tetap lembap dan terlindungi,” katanya dikutip dari Byrdie, Rabu, 13 September 2023.

Dr Engelman menekankan pentingnya memilih produk perawatan bibir yang menghidrasi dan tidak dibuat dari bahan yang keras atau mengeringkan. Marisa Garshick, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York, juga merekomendasikan penggunaan pelembap udara di kamar tidur Anda selama bulan-bulan musim dingin untuk meningkatkan kelembapan udara, juga membantu meminimalkan kekeringan bibir dalam semalam.

2. Paparan Ultraviolet Kumulatif

Garshick menjelaskan bahwa memaparkan bibir kita ke sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai actinic cheilitis1—lesi prakanker yang muncul sebagai bibir kering, bersisik, dan terkadang berkeropeng.

Solusinya: Berikan bibir tersebut perlindungan sinar matahari yang layak mereka dapatkan dengan menggunakan lip balm dengan tabir surya. “Penting untuk diingat untuk mengaplikasikan tabir surya pada bibir Anda, bahkan di musim dingin, sebelum pergi ke luar ruangan, dan ingatlah untuk mengaplikasikannya kembali,” kata Dr. Garshick.

3. Menjilati Bibir Secara Konstan

Apakah Anda sering menjilat bibir? Jika iya, itu salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Air liur mungkin berkontribusi terhadap kekeringan bibir yang berkepanjangan. “Bibir kita sering bersentuhan dengan air liur, yang mengandung enzim pencernaan alfa-amilase yang bisa merusak kulit,” jelas Dr. Engelman.

"Inilah salah satu alasan mengapa menjilat bibir bukanlah cara yang efektif untuk merehidrasi bibir."

Solusinya: "Hindari menjilat bibir Anda," kata Dr. Engelman. Dia mengatakan mengoleskan lip balm yang baik secara teratur sepanjang hari juga akan membantu menjaga bibir terasa lembut dan terhidrasi, sehingga mengurangi keinginan untuk melembabkannya melalui jilatan terus-menerus.

4. Bahan yang Mengiritasi

Produk bibir tertentu mungkin mengandung bahan yang dapat menyebabkan kekeringan. “Beberapa lipstik, lip gloss, dan balsem mengandung bahan yang memiliki efek mengeringkan bibir,” kata Dr. Engelman. Contohnya, bahan-bahan seperti mentol dan fenol, yang ditambahkan untuk mengelupas atau menciptakan efek kenyal juga mendinginkan.

“Produk bibir yang mengandung bahan pengelupas dan pengering bukanlah pilihan terbaik jika bibir Anda mengalami kekeringan atau pengelupasan,” tuturnya.

Selain itu, beberapa produk bibir yang mengandung tambahan pewangi atau pengawet dapat menyebabkan bibir pecah-pecah.

Solusinya: Jika produk bibir Anda mengandung bahan yang berpotensi mengeringkan, sebaiknya hentikan penggunaan dan cari produk lain yang lebih cocok untuk bibir pecah-pecah Anda. Alternatifnya, jika itu adalah lip gloss atau produk wajib lainnya yang tidak ingin Anda tinggalkan, cobalah membuat penghalang menggunakan lip balm berkualitas baik terlebih dahulu.

5. Dermatitis Kontak

“Dengan banyaknya benda berbeda yang bersentuhan dengan bibir setiap hari, ada kemungkinan bibir Anda pecah-pecah akibat apa yang disebut dermatitis kontak,” jelas Dr. Garshick. Artinya, Anda mungkin alergi terhadap produk yang Anda gunakan di atau di sekitar mulut Anda.

Solusinya: Jika Anda merasa alergi terhadap lip balm atau lip gloss, Dr. Garshick punya mempertimbangkan uji tempel untuk melihat apakah ada bahan yang mungkin menyebabkan alergi kulit pada bibir. Penyebab bibir kering yang alergi dan iritasi dapat diobati dengan krim steroid topikal yang membantu mengurangi peradangan.

6. Kekurangan Vitamin

Meskipun tidak umum, Dr. Garshick menunjukkan bahwa bagi sebagian orang, penyebab bibir pecah-pecah mungkin berasal dari sesuatu yang berasal dari dalam. “Kekurangan vitamin, seperti hilangnya zinc dapat menyebabkan bibir kering atau pecah-pecah,” katanya. “Ini bisa diperiksa dengan tes darah.”

Solusinya: Seperti yang direkomendasikan Dr. Garshick, jika menurut Anda kekurangan vitamin adalah penyebabnya, kunjungi dokter atau dokter kulit Anda untuk mendapatkan konfirmasi sebelum mencoba pengobatan rumahan apa pun.

Bagi banyak dari kita, bibir kering dan pecah-pecah adalah hal yang biasa terjadi. Namun, alasannya bisa berbeda-beda pada setiap orang. Ada penyebab lingkungan—seperti paparan unsur-unsur dalam waktu lama atau paparan sinar matahari secara terus-menerus. Di sisi lain, kondisi kesehatan seperti alergi atau kekurangan vitamin juga mungkin berperan.

Memastikan Anda menggunakan lip balm yang meningkatkan kelembapan dan menghindari bahan-bahan yang mengiritasi dapat membantu mengembalikan bibir Anda ke kondisi yang sehat dan terhidrasi. Namun, jika bibir kering dan pecah-pecah Anda terus berlanjut atau tampak semakin parah, sebaiknya kunjungi ahli medis untuk meminta nasihat.

Pilihan Editor: 4 Langkah Perawatan Bibir Kering sebelum Pakai Lipstik

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."