10 Manfaat Teh Spearmint yang Punya Efek Menakjubkan bagi Kesehatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Cantika.com

google-image
Teh Spearmint/Canva

Teh Spearmint/Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Spearmint, atau Mentha spicata, adalah sejenis daun mint yang mirip dengan peppermint. Seperti tumbuhan keluarga mint lainnya, spearmint memiliki batang berbentuk persegi. Daunnya memiliki panjang sekitar 5 hingga 9 cm dan lebar 1,5 hingga 3 cm. Ujung daunnya runcing, seperti tombak.

Spearmint adalah tanaman yang berasal dari Eropa dan Asia, tetapi sekarang umumnya tumbuh di lima benua di dunia. 

Spearmint seringkali  ditemukan dalam produk makanan kesehatan, pasta gigi, obat kumur, permen karet, permen, kosmetik, parfum, dan essential oil. Ini adalah bahan umum dalam pengobatan karena khasiat terapeutiknya dan mampu meredakan strees seperti manfaat dari minyak neroli.

Spearmint mengandung vitamin, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya. Aromanya sangat mirip dengan peppermint. Kandungan menthol-nya lebih sedikit dibandingkan peppermint, namun kaya akan limonene, dihydrocarvone, dan cineol. Rasanya juga lebih manis dibandingkan peppermint.

Salah satu cara umum untuk menikmati spearmint adalah dengan menyeduhnya menjadi teh, yang bisa dibuat dari daun spearmint segar atau kering. Simak manfaat teh spearmint untuk kesehatan di bawah ini.

Manfaat Teh Spearmint untuk Kesehatan

Baca Juga:

Melansir Healthline berikut terdapat 10 manfaat teh spearmint bagi kesehatan:

1. Baik untuk Gangguan Pencernaan

Spearmint umumnya digunakan untuk membantu meringankan gejala gangguan pencernaan, mual, muntah dan gas. Senyawa (-)-carvone, yang secara alami ditemukan dalam spearmint, telah terbukti sangat menghambat kontraksi otot di saluran pencernaan.

Spearmint yang dijadikan teh juga dapat meredakan mual dan muntah akibat kemoterapi. Sementara itu, dalam sebuah penelitian, minyak esensial spearmint yang dioleskan pada kulit secara signifikan mengurangi kejadian mual dan muntah.

2. Memiliki Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Antioksidan adalah senyawa kimia alami yang ditemukan pada tanaman yang membantu melindungi dan memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul berbahaya yang dapat menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif dikaitkan dengan beberapa kondisi kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Spearmint mengandung sejumlah besar senyawa antioksidan, termasuk asam rosmarinic, flavon dan flavanon seperti limonene dan menthol.

3. Membantu Ketidakseimbangan Hormon pada Wanita

Bagi wanita dengan ketidakseimbangan hormon, teh spearmint dapat meredakan nyeri. Dalam sebuah penelitian selama lima hari pada 21 wanita dengan ketidakseimbangan hormon, dua cangkir teh spearmint sehari menurunkan testosteron dan meningkatkan kadar LH, FSH, dan estradiol.

4. Dapat Mengurangi Rambut Wajah pada Wanita

Minum teh spearmint dapat membantu mengurangi hirsutisme, atau pertumbuhan rambut hitam dan kasar di wajah, dada, dan perut wanita. Faktanya, ini adalah obat herbal yang umum untuk pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan di negara-negara Timur Tengah.

5. Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Ada beberapa bukti bahwa teh spearmint dapat membantu meningkatkan daya ingat. Dalam sebuah penelitian, mengunyah permen karet rasa mint dapat membantu meningkatkan daya ingat.

Dalam penelitian yang lebih baru, orang dewasa lanjut usia dengan gangguan memori yang diberi suplemen harian yang mengandung 900 mg ekstrak spearmint mengalami peningkatan memori kerja sebesar 15%.

6. Melawan Infeksi Bakteri

Spearmint adalah bahan penyedap yang populer dalam pasta gigi, penyegar napas, dan permen karet. Tidak hanya menyegarkan napas saja, spearmint juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, yang dapat membantu membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan bau mulut.

Penelitian telah menemukan bahwa minyak esensial spearmint efektif melawan beberapa jenis bakteri berbahaya. Selain itu, telah terbukti bekerja melawan bakteri penyebab penyakit bawaan makanan, termasuk E. coli dan Listeria.

7. Dapat Menurunkan Gula Darah

Teh spearmint dapat membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Meskipun belum ada penelitian ekstensif yang dilakukan pada manusia untuk menyelidiki manfaat ini, penelitian pada tikus dengan diabetes menunjukkan kadar gula darah lebih rendah ketika diberikan spearmint.

8. Membantu Kurangi Stres

Teh spearmint dapat membantu meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres. Bahkan, di negara-negara Amerika Selatan, teh ini biasa digunakan untuk mengatasi stres dan insomnia. Selain itu, daun tanaman ini mengandung menthol yang memiliki efek menenangkan dan menenangkan pada tubuh.

Spearmint diyakini dapat meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres dengan berinteraksi dengan reseptor GABA pada otak. GABA adalah neurotransmitter yang terlibat dalam mengurangi aktivitas saraf.

9. Dapat Meringankan Nyeri Radang Sendi

Spearmint dapat menjadi salah satu makanan untuk membantu meringankan nyeri sendi yang disebabkan oleh arthritis. Sebuah penelitian pada manusia menyimpulkan bahwa minyak esensial yang terbuat dari mint ini memiliki efek menghilangkan rasa sakit.

Dalam sebuah penelitian selama 16 minggu pada 62 orang penderita radang sendi lutut, teh spearmint yang dikonsumsi dua kali sehari secara teratur mengurangi kekakuan dan cacat fisik, sementara teh spearmint yang kaya asam rosmarinic meredakan gejala yang sama dan mengurangi rasa sakit.

10. Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Spearmint dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Senyawa dalam spearmint yang disebut (-)-carvone telah terbukti memiliki efek serupa dengan penghambat saluran kalsium, obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Bagaimana Cara Membuat Teh Spearmint?

  • Cuci dan sobek daun spearmint
  • Tuangkan air mendidih di atas satu sendok makan daun teh untuk setiap 8 ons cangkir air dalam alat French Press atau teko dengan saringan
  • Seduh selama 5 hingga 10 menit
  • Hancurkan perlahan daun spearmint dengan sendok untuk mengeluarkan minyaknya
  • Kemudian, angkat saringan sambil menekan daunnya untuk mengalirkan cairan sebanyak-banyaknya

Untuk teh yang lebih lembut, biarkan daun mint pada batangnya daripada disobek, dan rebus seluruh batang dan daunnya dalam cangkir atau cangkir.

Teh spearmint tidak mengandung kafein dan kalori. Ini adalah teh alami yang dapat diminum kapan saja tanpa takut akan efek samping negatif. 

Efek Samping Teh Spearmint

Penting untuk diingat bahwa banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan teh spearmint masih dalam tahap pengujian awal. Saat ini terdapat risiko minimal yang terkait dengan minum teh spearmint, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah sedang sebagai bagian dari pola makan sehat.

Penderita penyakit refluks gastrointestinal (GERD) disarankan untuk tidak mengonsumsi spearmint. Pasalnya, spearmint diduga dapat mengendurkan sfingter antara kerongkongan dan lambung sehingga dapat menyebabkan naiknya asam lambung dan mulas.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."