5 Manfaat Minyak Biji Labu untuk Rambut dan Cara Penggunaannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Minyak biji labu. Shutterstock

Minyak biji labu. Shutterstock

IKLAN
 

Jenis Rambut yang Boleh dan Tidak Memakai Minyak Biji Labu

Chambers-Harris dan Yates mengatakan minyak biji labu dapat bermanfaat bagi banyak jenis dan masalah rambut karena komposisinya yang kaya nutrisi. Secara khusus, dia mengatakan mereka yang memiliki rambut kering, keriting, atau rapuh dan mereka yang memiliki rambut menipis, kulit kepala sensitif, serta rambut dan kulit kepala seimbang dapat memperoleh manfaat langsung dari penggunaan minyak biji labu.

Ada beberapa situasi di mana jenis rambut atau kulit kepala tertentu tidak dapat menggunakan minyak biji labu. Secara umum, Chambers-Harris menyarankan mereka yang memiliki kondisi kulit kepala parah, seperti psoriasis dan dermatitis kulit kepala, berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan.

Sementara itu, Yates mengatakan mereka yang memiliki rambut tipis atau kulit kepala berminyak sebaiknya menghindari minyak biji labu, karena kekayaannya dapat memperburuk masalah dan membebani rambut.

Terakhir, semua ahli mengingatkan kita bahwa siapa pun yang alergi terhadap minyak biji labu harus menghindari konsumsi atau penggunaan minyak tersebut.

Cara Penggunaan Minyak Biji Labu

1. Serum rambut

Banyak serum rambut yang mengandung minyak biji labu dan harus digunakan sesuai anjuran. Anda juga dapat membuat serum rambut sendiri dengan menggabungkan minyak biji labu dengan minyak pembawa yang lebih ringan, seperti minyak jojoba atau argan, kata Chambers-Harris.

Oleskan beberapa tetes serum ke rambut yang bersih, kering, atau dikeringkan dengan handuk dan usapkan ke kulit kepala, dengan fokus pada area yang menjadi perhatian.

2. Perawatan tanpa bilas

Menurut Chambers-Harris, Anda juga dapat membuat perawatan sederhana dengan mengencerkan minyak biji labu dengan air dalam botol semprot. Yang terbaik dari semuanya, rasionya dapat disesuaikan berdasarkan preferensi Anda. Semprotkan pada kulit kepala yang bersih (kering atau dikeringkan dengan handuk) dan usap hingga ke akarnya.

3. Dikombinasikan dengan sampo atau kondisioner

Semua ahli mengatakan cara mudah untuk memasukkan minyak biji labu ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda adalah dengan menambahkan beberapa (satu atau dua) tetes ke dalam sampo atau kondisioner biasa Anda.

4. Aplikasi langsung

Oleskan sedikit minyak biji labu ke telapak tangan dan ujung jari Anda dan pijat dengan lembut minyak ke kulit kepala, dengan fokus pada area di mana Anda ingin meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Ditelan

Menurut Hirsch, minyak biji labu dapat dikonsumsi secara oral dan memberikan hasil yang sama seperti pengobatan topikal.

Pilihan Editor: 6 Cara Memakai Lidah Buaya untuk Rambut

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."