5 Makanan Terbaik di Dunia Versi Taste Atlas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Roti canai. Foto : Taste

Roti canai. Foto : Taste

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap negara memiliki keunikan dan kelezatan makanan tersendiri. Jika sebelumnya kita mengulik makanan terburuk di dunia, nah kali ini kita mengupas makanan terbaik di dunia 2024 menurut situs panduan daring perjalanan dan makanan tradisional Taste Atlas. Olahan daging dan kuliner berbahan roti berada di posisi lima teratas.

1. Roti Canai

Roti canai. food.com

Roti canai dalah roti pipih goreng tradisional yang terbuat dari tepung, air, telur, dan lemak asal India, tetapi saat ini banyak dibuat di Malaysia, dan negara-negara sekitarnya seperti Indonesia, Brunei, dan Thailand. Adonan roti canai dilipat berkali-kali sehingga hasil akhirnya memiliki tekstur berlapis, bagian dalam lembut, dan lapisan luar renyah. Lemak yang paling umum digunakan dalam roti canai adalah ghee, mentega tradisional India.

2. Pizza Napoletana

Pizza Napoletana. Cookpad/Ruso4x4

Pizza Napoletana merupakan kreasi kuliner paling simbolis di Italia, dibuat dengan bahan sederhana dan hanya memiliki dua variasi yaitu marinara dan margherita. Marinara menggunakan saus tomat, bawang putih, dan oregano sebagai pugasan atau topping. Sedangkan margherita menggunakan saus tomat, mozzarella, dan daun kemangi yang menciptakan kombinasi lezat dan warna bendera Italia.

3. Picanha

Picanha. Cookpad/Sueli

Picanha adalah potongan daging sapi segar yang sangat populer dan sangat dihargai di Brasil. Di Amerika Serikat, hidangan ini disebut sirloin cap, dan di Inggris disebut rump cap. Picanha menggunakan daging yang terletak di sisi belakang hewan, di atas bokong.

Dagingnya dipanggang terlebih dahulu, lalu diiris dengan tusuk sate. Potongan ini mengandung sedikit lemak pada dagingnya, sehingga harus dimasak dengan sempurna agar tidak alot. Di Brazil, setiap churrasco memiliki picanha, dan semua churrascarias terbaik menampilkan picanha di menu mereka.

4. Guotie

Guotie. Cookpad/Devina hermawan

Guotie adalah variasi pangsit jiaozi Tiongkok yang digoreng. Isiannya terdiri dari daging babi cincang, kubis Cina, daun bawang, jahe, arak beras, dan minyak biji wijen. Proses persiapannya memberikan tekstur pangsit yang renyah dan lembut. Saat digoreng, sedikit cairan ditambahkan ke dalam wajan, kemudian ditutup untuk menghasilkan efek kukus pada sisa pangsit dan isinya.

5. Shashlik

Shashlik. Cookpad/Devina Hermawan

Shashlik adalah sebutan untuk barbekyu tradisional Asia Tengah dan Barat yang terdiri dari potongan daging yang diasinkan, ditusuk, dan dipanggang seperti domba, sapi, atau babi. Daging ini biasanya dipadukan dengan potongan sayuran seperti paprika, bawang bombay, jamur, atau tomat. Dagingnya biasanya direndam semalaman dalam cuka, bumbu, rempah-rempah, dan anggur kering.

Pilihan Editor: 10 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Usus

WINDA OKTAVIA | NURHADI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."