Selena Gomez hingga Taylor Swift Kehilangan Followers Akibat Blockout 2024: Aksi Blokir Selebritas yang Bungkam soal Gaza

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Taylor Swift. Foto: Instagram/@taylorswift

Taylor Swift. Foto: Instagram/@taylorswift

IKLAN

Bagaimana dampak pemblokiran terhadap seorang selebritas?

Selain Kalil, selebritas lain yang masuk dalam daftar blokir adalah aktor Israel dan mantan tentara Gal Gadot, aktor Amerika Serikat Noah Schnapp, penyanyi Amerika Serikat Taylor Swift, dan penyanyi Inggris Harry Styles.

Meskipun ada gerakan online di masa lalu untuk berhenti mengikuti beberapa selebritas yang sekarang diblokir, para ahli mengatakan bahwa pemblokiran lebih efektif sebagai strategi protes daripada berhenti mengikuti.

Efek unfollow pada audiens dan metrik keterlibatan selebritas secara keseluruhan sangat kecil, kata Eddy Borges-Rey, seorang profesor yang menetap di Northwestern University di Qatar kepada Al Jazeera. Penelitian Borges-Rey meneliti media sosial dan algoritma.

"Selebritas media sosial sangat bergantung pada visibilitas dan keterlibatan yang tinggi untuk menarik dan mempertahankan kesepakatan iklan," katanya, seraya menambahkan bahwa ketika seseorang berhenti mengikuti seorang selebritas, mereka tidak lagi melihat unggahan selebritas tersebut di feed mereka.

Konten tersebut secara tidak langsung masih dapat muncul melalui halaman pencarian atau feed yang digerakkan oleh algoritma seperti halaman Instagram Explore atau halaman "For You" di TikTok dan X.

Karena bahkan orang yang bukan pengikut pun dapat melihat konten selebritas jika mereka tidak memblokir selebritas tersebut, hal ini tidak terlalu merugikan jangkauan selebritas tersebut.

Di sisi lain, "jika seseorang memblokir selebritas, mereka benar-benar memutuskan semua interaksi dengan konten mereka," kata Borges-Rey.

Hal ini mengurangi jumlah audiens selebritas tersebut, sehingga algoritme media sosial akan menurunkan prioritas konten mereka. Semakin banyak orang yang memblokir seorang selebriti, maka postingan mereka menjadi kurang terlihat di seluruh platform, bahkan oleh pengguna yang tidak memblokir selebriti tersebut.

"Penurunan visibilitas dapat membuat pengiklan menganggap selebgram tersebut kurang berharga, sehingga berpotensi mengurangi jumlah yang bersedia mereka bayarkan untuk iklan di profil selebgram tersebut, dan secara langsung mempengaruhi pendapatan iklan mereka," tambahnya.

Bagaimana reaksi orang-orang terhadap Blockout?

Sementara banyak pengguna media sosial di dunia maya yang menjadi pendukung dan partisipan gerakan ini, yang lain menggambarkannya sebagai contoh aktivisme performatif.

Beberapa orang juga berpendapat bahwa postingan tentang Aksi Boikot, dengan memadati media sosial, telah mengalihkan perhatian dari berita dan informasi terbaru tentang apa yang sebenarnya terjadi di Palestina, serta penggalangan dana untuk Gaza.

Apakah Blockout berpengaruh sejauh ini?

Meskipun Blockout baru dimulai beberapa hari yang lalu dan jumlah orang yang telah memblokir akun tertentu tidak terlihat, para selebriti sudah mulai kehilangan pengikut.

Pada Sabtu, NPR melaporkan bahwa Taylor Swift kehilangan sekitar 300.000 pengikut di TikTok dan sekitar 50.000 pengikut di Instagram selama seminggu terakhir.

Kim Kardashian, bintang acara TV realitas, pengusaha, dan influencer media sosial, kehilangan 780.000 followers di Instagram. Billie Eilish, penyanyi-penulis lagu, kehilangan 1,1 juta follower Instagram.

"Mereka [para selebritas] hidup dari perhatian kita," tulis seorang pengguna X. "Jika mereka tidak memilikinya, mereka tidak lagi memiliki pengaruh."

Pilihan Editor: Lewat Lagu Baru, Rapper Macklemore Beri Dukungan untuk Palestina

IDA ROSDALINA | AL JAZEERA | ANADOLU

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."