4 Cara Menjaga Kebersihan saat Menstruasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi miss V. Shutterstock

Ilustrasi miss V. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Praktik yang tidak higienis selama haid atau menstruasi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, mulai dari ketidaknyamanan ringan hingga infeksi serius. Penting untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan untuk menjaga kesehatan menstruasi dan memastikan Anda memiliki menstruasi yang teratur.

Praktik kebersihan selama menstruasi yang utama adalah pembalut, tampon, atau menstrual cup wajib diganti setiap 4 hingga 6 jam untuk menghindari pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi seperti bakterial vaginosis dan infeksi saluran kemih. Selain itu, ada cara lain menjaga kebersihan saat menstruasi yang perlu diketahui. Berikut empat di antaranya.

1. Kenakan pakaian dalam yang menyerap keringat

Selama menstruasi, dianjurkan untuk mengenakan pakaian dalam yang menyerap keringat seperti celana dalam berbahan katun yang membantu menjaga miss V tetap kering, memberikan penyerapan darah menstruasi yang lebih tinggi, dan menurunkan kemungkinan pertumbuhan bakteri.

Sebab pakaian dalam yang terbuat dari serat sintetis, seperti nilon, bukanlah pilihan yang baik jika Anda memiliki kulit sensitif.

2. Membersihkan miss V dan tangan

Praktik kebersihan juga harus mencakup mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan sesudah memegang produk menstruasi untuk menghentikan penyebaran kuman. Selain itu, wajib membersihkan vagina atau miss V setidaknya dua kali sehari dengan sabun bebas pewangi. Pastikan Anda tidak menggunakan sabun beraroma untuk menjaga tingkat pH dan keseimbangan bakteri alami di miss V

3. Bersihkan dan buang dengan baik

Selain itu, menstrual cup dan pembalut yang dapat digunakan kembali harus dibersihkan dengan baik, sedangkan pembalut sekali pakai harus dibuang dengan benar dengan mengikuti petunjuk berikut: Gulung bagian dalam pembalut ke luar untuk menghindari kebocoran darah dan bungkus pembalut bekas ke dalam kertas dan buang ke tempat sampah. Hal ini tidak hanya menjaga kebersihan di tingkat Anda, tetapi juga memastikan bahwa pekerja yang mengolah sampah tidak rentan terhadap bakteri apa pun.

4. Cegah kontaminasi dari pembalut bekas

Pembalut yang dibuang tanpa dibungkus dengan benar dapat menarik lalat dan serangga lainnya, sehingga dapat menyebabkan kontaminasi dan bau tidak sedap. Selain itu, membuang barang-barang tersebut ke toilet dapat mengakibatkan penyumbatan dan lingkungan yang kotor. Jadi, buanglah pembalut sekali pakai dengan pembungkus.

Itulah sederet cara menjaga kebersihan saat menstruasi untuk menjadi pengingat kita bersama.

Pilihan Editor: Tips Tidur Nyaman saat Menstruasi, Mulai dengan Kebiasaan Sleep Hygiene

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."