Hati-hati, Ada Bahan Pemicu Kanker di Dry Shampoo

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan memakai dry shampoo di kamar mandi. Foto: Freepik.com/

Ilustrasi perempuan memakai dry shampoo di kamar mandi. Foto: Freepik.com/

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebuah penelitian baru-baru ini mendeteksi tingkat benzena yang mengkhawatirkan, yang dikenal sebagai karsinogen, pada beberapa produk sampo kering atau dry shampoo yang masih dijual di toko. Laboratorium independen Valisure yang berbasis di Connecticut melakukan penelitian tersebut, yang bertepatan dengan penarikan kembali Unilever terhadap 19 produk aerosol sampo kering karena potensi peningkatan kadar benzena.

Pada tanggal 1 November, Valisure mengajukan petisi warga ke Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) setelah menemukan benzena dalam 70 persen sampel yang mereka uji. Dari 148 batch, sebanyak 34 merek sampo kering yang berbeda, 70 persen mengandung kadar benzena yang "dapat diukur".

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menjelaskan bahwa benzena adalah bahan kimia alami yang ditemukan dalam minyak mentah dan bensin, juga digunakan dalam produksi plastik, pelumas, pewarna, dan deterjen. Benzena juga terdapat di udara dalam dan luar ruangan akibat asap tembakau, knalpot kendaraan bermotor, emisi industri, dan cat rumah tangga.

Paparan benzena dalam jangka panjang terutama memengaruhi darah, berpotensi menyebabkan anemia setelah paparan tingkat tinggi dalam waktu lama. Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan telah menetapkan bahwa benzena juga dapat menyebabkan kanker yang berhubungan dengan darah, seperti leukemia.

“Deteksi tingginya kadar benzena dalam sampo kering merupakan hal yang memprihatinkan, terutama karena produk ini sering digunakan di dalam ruangan, di mana benzena dapat bertahan dan terhirup dalam waktu lama,” kata David Light, CEO Valisure dikutip dari laman Times of India, 7 Juni 2024

Dia menekankan pentingnya pengujian independen, dan mencatat bahwa Valisure juga telah mengidentifikasi benzena dalam produk lain seperti semprotan tubuh, pembersih tangan, dan tabir surya, sehingga menyoroti perlunya pengawasan ketat dalam rantai pasokan global.

Pada tanggal 25 Oktober, Unilever Amerika Serikat mengumumkan penarikan kembali 19 produk sampo kering aerosol yang diproduksi sebelum Oktober 2021. Merek yang terdampak termasuk Dove, Suave, dan TRESemmé.

Investigasi internal Unilever menunjukkan bahwa propelan dalam kaleng aerosol adalah sumber tingginya kadar benzena. Perusahaan tersebut menyatakan bahwa mereka telah bekerja sama dengan pemasok bahan bakarnya untuk menyelesaikan masalah ini dan telah menginstruksikan pengecer Amerika untuk mengeluarkan produk yang ditarik dari rak mereka.

Meskipun ada penarikan produk, Unilever mengutip evaluasi bahaya kesehatan independen yang menunjukkan bahwa paparan harian terhadap benzena dalam sampo kering yang ditarik kembali "tidak diperkirakan menyebabkan konsekuensi kesehatan yang merugikan".

FDA telah memberikan pedoman bagi konsumen yang pernah melakukan kontak dengan salah satu dari 19 produk dry shampoo yang ditarik kembali. Mereka yang memiliki barang yang ditarik tersebut disarankan untuk membuangnya atau mengembalikannya ke tempat pembelian. Konsumen yang mengalami reaksi merugikan atau masalah kualitas dengan produk yang ditarik kembali didorong untuk melaporkan pengalaman mereka melalui situs web FDA.

Pilihan Editor: 5 Cara Menggunakan Dry Shampoo yang Tepat Menurut Penata Rambut

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."