7 Tips Bekerja Paruh Waktu saat Kuliah di Luar Negeri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi mahasiswa. Freepik.com

Ilustrasi mahasiswa. Freepik.com

IKLAN

4. Istirahat yang Cukup

Begitu Anda mulai menghasilkan uang sendiri, sulit untuk menghentikan momentum tersebut. Tapi ingat, pikiran dan tubuh Anda tidak bisa berfungsi tanpa istirahat. nda mungkin tergoda untuk mengambil shift demi shift, mengetahui berapa banyak penghasilan yang akan Anda peroleh pada akhir hari itu.

Namun, bekerja terlalu keras pada tubuh Anda hanya akan menyebabkan penurunan tingkat produktivitas baik dalam pekerjaan paruh waktu maupun studi Anda. elalu jaga diri Anda, pastikan Anda mendapat istirahat yang cukup setiap hari, dan jangan berlebihan.

5. Jangan Lewatkan Ceramah & Tutorial Anda

Pada akhirnya, Anda akan selalu menjadi pelajar pertama. Menghasilkan sedikit uang tambahan mungkin tidak selalu berarti mengorbankan nilai Anda dan tidak mengikuti kelas. Jika Anda sangat membutuhkan uang tambahan untuk minggu ini, pertimbangkan untuk membaca slide kuliah dan tutorial Anda secara online.

Namun, perlu diingat bahwa ketidakhadiran fisik di kelas mungkin membuat Anda merasa terisolasi dari teman sekelas.

Hal ini mungkin juga bukan pertanda baik bagi rekan satu tim proyek dan dosen Anda, jadi berusahalah secara sadar untuk menghadiri kelas Anda secara teratur dan sebisa mungkin hindari ketidakhadiran siswa.

6. Mendapatkan Jam Kerja yang Fleksibel

Berbeda dengan masa lalu, pengaturan kerja online dan jarak jauh menjadi lebih umum bagi mahasiswa saat ini, sehingga memberi mereka lebih banyak kebebasan untuk merencanakan waktu mereka.

Beberapa pekerjaan ini termasuk bimbingan belajar online, menulis lepas, desain grafis, mengedit video, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, siswa dengan pekerjaan seperti itu dapat membuat perjanjian dengan majikan mereka untuk memberikan jam kerja yang lebih fleksibel agar sesuai dengan jadwal sekolah mereka. Ini seperti memukul dua burung dengan satu batu!

7. Turunkan Pengeluaran Anda 

Seolah-olah memikul tanggung jawab di sekolah dan pekerjaan paruh waktu belum cukup sulit, jangan sertakan masalah keuangan.

Anda mungkin pernah mendengar ungkapan “hidup sesuai kemampuan Anda” sebelumnya. Intinya, ini berarti Anda tidak boleh mengeluarkan lebih banyak uang daripada penghasilan Anda.

Selama Anda membelanjakan uang yang sama atau kurang dari jumlah uang yang Anda hasilkan pada bulan itu, Anda berada jauh di bawah kemampuan Anda.

Untuk mengelola uang Anda secara efisien sebagai pelajar internasional, rencanakan anggaran Anda berdasarkan pengeluaran dan pendapatan Anda dan pastikan untuk menaatinya. Ini juga membantu menyiapkan dana darurat untuk hari-hari hujan juga.

Pilihan Editor: Ada UU-nya, Karyawan di 6 Negeri Ini Berhak Abaikan Telepon dan Email di Luar Jam Kerja

INTERNATIONAL EDUCATION SPECIALIST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."