Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka Juli 2024, Butuh Lebih dari 1,2 Juta Formasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi PNS atau ASN. Shutterstock

Ilustrasi PNS atau ASN. Shutterstock

IKLAN

Sementara itu, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan ASN 2024 telah menerima naskah soal SKD CPNS dan naskah soal seleksi kompetensi PPPK yang disusun oleh 38 perguruan tinggi di Indonesia.

Naskah diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti kepada Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan RB Abdul Hakim di Kantor Kemenpan RB, pada Jakarta, Selasa, 4 Juni 2024. 

Kemenpan RB menerima naskah soal sebagai perwakilan dari Panselnas Pengadaan ASN 2024. Soal-soal terdiri atas SKD CPNS, sedangkan untuk PPPK mencakup seleksi kompetensi manajerial, sosiokultural, dan wawancara, serta kompetensi teknis.  

Plt Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan RB Abdul Hakim menegaskan naskah soal disusun secara objektif dan profesional. Naskah soal diserahkan dalam bentuk dokumen digital terenkripsi untuk mencegah kebocoran data. 

Soal-soal itu diharapkan mampu menyaring CASN, sehingga menghasilkan ASN yang mempunyai karakteristik sebagai pelayan publik. Melalui soal itu pula, dia berharap agar ASN yang terjaring mampu berperan sebagai perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

“Serta diharapkan dapat menciptakan ASN yang mempunyai keterampilan, keahlian, dan perilaku sesuai dengan tuntutan wewenang jabatan, serta mempunyai kompetensi mengakselerasi fungsi dan tugas organisasi,” kata Hakim di Kantor Kemenpan RB, Jakarta, Selasa, 4 Juni 2024. 

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen Kemendikbudristek Suharti menuturkan bahwa penyusunan naskah soal seleksi CASN telah mendapatkan pendampingan dan penjaminan mutu oleh Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) Kemendikbudristek sebagai pakar konstruksi soal. 

Soal-soal itu juga telah melalui proses telaah oleh para ahli dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk memastikan soal yang dibuat sesuai dengan kaidah bahasa. 

“Keseluruhan proses penyusunan soal telah memanfaatkan sistem teknologi yang digawangi oleh BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), serta diawasi oleh Kementerian PANRB, BKN, BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), dan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan),” ucap Suharti. 

Pilihan Editor:  Pendaftaran CPNS Mulai April 2024, Cek Formasi dan Syaratnya

MEYLINDA DEWI | LAILI IRA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."