Konsumsi Suplemen Magnesium Bisa Atasi Sembelit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Konstipasi atau susah BAB/Canva

Konstipasi atau susah BAB/Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Anda mungkin pernah mendengar bahwa magnesium adalah mineral penting yang terlibat dalam ratusan proses tubuh termasuk fungsi otot dan saraf. Namun, yang mungkin tidak Anda ketahui adalah magnesium dapat membantu atasi sembelit.

Jika Anda kesulitan buang air besar, magnesium dapat membantu dengan membuat tinja Anda lebih lembut dan mudah dikeluarkan.

“Di saluran pencernaan, magnesium yang tidak diserap adalah pencahar osmotik, yang berarti magnesium mengeluarkan lebih banyak air dan elektrolit ke dalam usus untuk membantu mengatasi sembelit dan memperbaiki sembelit,” kata Elena Ivanina, dokter spesiaslis gastroenterologi dan pendiri The Center for Integrative Gut Health. Kesehatan Usus di New York, Amerika Serikat.

Magnesium sebenarnya adalah bahan umum dalam obat pencahar yang dijual bebas seperti MiraLax, Milk of Magnesia, dan Citroma. Namun Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama hanya dengan mengonsumsi suplemen magnesium, kata dokter Ivanina. Anda hanya perlu mengonsumsi jenis magnesium yang tepat.

Magnesium terbaik untuk meredakan sembelit meliputi:

Magnesium oksida

Ini mungkin pilihan terbaik Anda, menurut pedoman terbaru dari American College of Gastroenterology dan American Gastroenterological Society. Ada bukti bagus yang menunjukkan bahwa magnesium oksida berhasil meredakan sembelit kronis, jadi jika menambahkan lebih banyak serat ke dalam makanan Anda tidak berhasil, Anda dapat mencoba magnesium oksida sebelum beralih ke obat pencahar stimulan atau produk lainnya.

Magnesium sitrat

Magnesium jenis ini dapat meredakan sembelit dengan melunakkan tinja dan mendorong otot usus untuk mengeluarkan kotoran, kata Clinic Cleveland.

Magnesium sulfat

Memiliki sifat pencahar, magnesium sulfat  dapat membantu Anda buang air besar, menurut Mayo Clinic.

Secara umum, Anda tidak boleh mengonsumsi magnesium atau obat pencahar lainnya selama lebih dari seminggu kecuali Anda telah diberitahu oleh dokter Anda untuk melakukannya, kata National Library of Medicine (NLM).

Jika Anda terus-menerus mengandalkan obat pencahar untuk membantu buang air besar, itu bisa menjadi tanda adanya masalah pencernaan mendasar yang perlu diatasi.

Berapa banyak magnesium yang harus dikonsumsi untuk atasi sembelit?

Kebanyakan suplemen magnesium tersedia dalam bentuk tablet atau kapsul 500 miligram, menurut Michigan Medicine. Kebanyakan ahli merekomendasikan memulai dengan 500 miligram, tapi tanyakan kepada dokter Anda tentang jumlah yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Dokter Ivanina menyarankan untuk meminumnya pada malam hari setelah makan malam. Sebab dapat menyebabkan iritasi jika diminum saat perut kosong.

“Secara umum sering kali dapat membantu melancarkan buang air besar keesokan harinya,” katanya.

NLM juga merekomendasikan mengonsumsi magnesium dengan 8 ons air jika Anda mengalami sembelit, karena meminum cairan tambahan juga dapat membantu melancarkan segala sesuatunya.

Dan jika Anda sedang mengonsumsi obat resep apa pun, minumlah obat tersebut setidaknya dengan jarak 2 jam dari suplemen magnesium untuk menghindari potensi interaksi.

Pilihan Editor: 8 Sumber Makanan Kaya Magnesium, Ada Cokelat Hitam, Bayam, dan Biji Labu

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."