Alexandra Askandar Berbagi Pengalaman Jadi Pemimpin: Dengarkan Anggota Tim

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Foto: Instagram/@xandra_askandar.

Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Foto: Instagram/@xandra_askandar.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Alexandra Askandar, membagikan pengalamannya dalam memimpin sebuah tim. Video dirinya dia bagikan lewat konten Reels Instagram pribadinya, @xandra_askandar.

"Pengalaman saya memimpin sebuah tim dalam organisasi banyak mengajarkan saya untuk dapat memiliki keterbukaan terhadap ide maupun gagasan yang disampaikan oleh tim saya," kata Alexandra yang memakai blazer merah muda dengan dalaman putih. Dia juga menambahkan kalung mutiara sebagai aksesoris serta riasan natural. 

Menurut Xandra, dalam mengambil keputusan, dia memerlukan berbagai macam sudut pandang agar dapat mengurangi resiko atau konsekuensi dari masalah tertentu. "Adanya beragam gagasan akan didiskusikan bersama dan dari situ saya juga bisa melihat berbagai potensi yang mungkin selama ini belum terlihat oleh tim saya," tuturnya.

Xandra juga mengutip perkataan pakar investasi dan penulis asal Amerika, Howard Marks. Yaitu, second-level thinking is not thinking like everyone else about the same thing, but thinking differently about the same thing. Artinya, pemikiran tingkat kedua tidak berpikir seperti orang lain tentang hal yang sama, tetapi berpikir secara berbeda tentang hal yang sama.

Oleh karena itu, ucap Xandra, memiliki berbagai sudut pandang dalam merumuskan sebuah keputusan menjadi sangatlah penting karena apa yang menurut kita baik belum tentu juga baik menurut orang lain, kan?

"Diskusi dan komunikasi tentunya menjadi hal yang utama di sini. Never stop learning, let's learn from the experts," tutur bankir berusia 52 tahun ini.

Mengutip laman Srikandi BUMN, Alexandra sudah berkarier di Bank Mandiri sejak 2000. Ia mengawali karier sebagai Assistant Vice President, kemudian Vice President Coporate Banking hingga 2008.

Pada 2009, Alexandra melanjutkan karier sebagai Senior Vice President di Corporate Banking. Posisi ini ia tempati sampai 2016.

Pada tahun-tahun berikutnya, Alexandra menduduki posisi Senior Executive Vice President. Di tahun 2018 ia sempat menjabat sebagai Komisaris PT Mandiri Sekuritas.

Sebagai bankir, Alexandra Askandar termasuk salah satu sosok cemerlang di dunia perbankan Indonesia. Menteri BUMN RI, Erick Thohir menilai Alexandra sebagai salah satu wanita bertalenta terbaik yang dimiliki BUMN.

Pilihan Editor: Profil dan Perjalanan Karier Alexandra Askandar hingga Menjadi Wakil Direktur Utama Bank Mandiri

INSTAGRAM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."