Resmi Menikah dengan Rizki Natakusumah, Beby Tsabina Menawan Pakai Baju Adat Aceh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Beby Tsabina dan Rizki Natakusumah menikah pada Minggu pagi, 23 Juni 2024. Foto: Tangkapan layar YouTube Beby Tsabina TV

Beby Tsabina dan Rizki Natakusumah menikah pada Minggu pagi, 23 Juni 2024. Foto: Tangkapan layar YouTube Beby Tsabina TV

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar bahagia datang dari artis Beby Tsabina. Setelah menjalani rangkaian acara adat Aceh dan pengajian, Beby dan Rizki Natakusumah resmi menikah di Jakarta Pusat, pada Minggu pagi ini, 23 Juni 2024. Prosesi pernikahan mereka disiarkan langsung lewat akun YouTube sang artis, yakni Beby Tsabina TV.

Akad nikah berlangsung secara khidmat dan kental adat Nanggroe Aceh Darussalam atau Aceh. Sebelum ijab kabul dimulai, ada rangkaian adat seperti penyambutan mempelai pria (linto baro), pembacaan ayat suci Alquran, dan khotbah nikah.

Tanpa Beby duduk di sampingnya, Rizki mengucapkan ijab kabul dengan lancar dan tenang. "Saya terima nikah dan kawinnya Cut Putri Tsabina binti Teuku Darmawan dengan mas kawin tersebut dibayar tunai," ucap Anggota DPR RI itu sambil bersalaman dan menatap mata calon ayah mertuanya.

Mas kawin Baby Tsabina merupakan seperangkat salat dan logam emas mulia 121 mayam atau sekitar 400 gram. Adapun wali nikah Beby adalah ayah kandungnya sendiri, Teuku Darmawan. Saksi Nikah dari Beby adalah Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani, sementara saksi nikah dari Rizki adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Setelah akad nikah, Beby dipanggil dan memasuki ruangan. Diapit oleh dua kerabatnya, Beby tersenyum bahagia berjalan menuju meja akad. Begitu duduk di samping Rizki, keduanya tak lepas melempar senyum bahagia. Pengantin baru itu juga sempat saling memandang dan tersenyum satu sama lain.

(dari kanan) Beby Tsabina dan Rizki Natakusumah menikah pada Minggu pagi, 23 Juni 2024. Foto: Tangkapan layar YouTube Beby Tsabina TV

Pesona Beby dan Rizki dalam Baju Adat Aceh

Beby, sang dara baro alias mempelai wanita dalam Bahasa Aceh, tampil memesona memakai baju kurung warna merah marun dihiasi motif sulaman emas. Untuk bawahannya, dia memakai celana cekak musang yang senada warna baju dilapis kain songket emas sepanjang lutut. Alas kaki yang dia pakai tampak sandal hak platform warna merah marun.

Beby juga memakai aksesori mahkota dara baro yang disebut patam dhoe. Mahkota tersebut begitu lekat dengan nilai-nilai agama Islam, di mana bagian tengahnya tercantum lafaz Allah dan Nabi Muhammad. Ada pula serangkaian motif bunga dan bulatan yang disebut dengan bungoh kalimah.

Sementara Rizki memakai meukasah. Baju adat laki-laki Aceh yang hampir mirip dengan beskap namun ada detail kerah model cheongsam karena ada pengaruh budaya Cina.

Seperti halnya baju kurung Beby, baju Rizki juga dihiasi motif sulaman emas. Untuk bawahan, dia memakai celana warna dan corak senada atau disebut sileuweu. Rizki juga mengenakan meukeutop, aksesori penutup kepala bagi mempelai pria berdarah Aceh. Bentuknya mencuat ke atas hampir mirip seperti mahkota Sultan-Sultan Turki lantaran adanya pengaruh kebudayaan Islam.

Selamat memulai perjalanan baru, Beby Tsabina dan Rizki Natakusumah.

Pilihan Editor: Beby Tsabina Ungkap 2 Makeup Item yang Tidak Boleh Terlupa, Maskara dan Lipstik

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."