Mengulik Manfaat Batu Apung untuk Kaki dan Cara Penggunaannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi merawat kaki dengan batu apung. Freepik.com

Ilustrasi merawat kaki dengan batu apung. Freepik.com

IKLAN

Seberapa sering Anda harus menggunakan batu apung?

Menurut ahli kulit sebaiknya Anda menggunakan batu apung paling banyak sekali atau dua kali seminggu. Frekuensi ini membantu mencegah pengelupasan kulit berlebihan dan memungkinkan kulit Anda pulih di antara sesi. Menggunakannya terlalu sering dapat menyebabkan iritasi kulit, kemerahan, atau kerusakan, kata dokter Garshick.

Anda sebaiknya tidak menggunakan batu apung pada area kulit yang sensitif, rusak, atau meradang. Dokter Pidich menyarankan untuk berkonsultasi dengan ahli penyakit kaki sebelum menggunakan batu apung jika Anda menderita diabetes, sirkulasi buruk, atau sedang hamil.

Penting juga untuk membersihkan dan menyimpan batu apung di tempat sejuk dan kering, lalu mencucinya setelah digunakan.

“Pastikan Anda menjaga batu apung sebersih mungkin karena dapat dengan mudah menjebak bakteri. Jangan biarkan batu apung di kamar mandi karena akan banyak kelembapannya,” kata Splichal.

Yang harus dilakukan setelah menggunakan batu apung

Setelah menggunakan batu apung, bilas kaki Anda secara menyeluruh untuk menghilangkan sisa kulit mati, lalu oleskan pelembap atau krim kaki yang kaya dan menghidrasi. “Krim paling efektif untuk membantu mengurangi kapalan mengandung urea,” kata Pidich.

Urea berfungsi mempertahankan kelembapan kulit dan memecah sel kulit mati, yang bekerja dengan baik jika dipadukan dengan batu apung. Splichal juga merekomendasikan penggunaan foot butter atau masker pelembab kaki setelah Anda melakukan eksfoliasi dengan batu apung.

Batu apung adalah alat yang bermanfaat untuk melembutkan kaki dan mencegah tumit pecah-pecah dan kapalan. Gunakan dalam keadaan basah untuk mengelupas dan mengelupas kulit mati untuk mendapatkan tekstur yang lebih halus pada tumit atau bagian telapak kaki.

Anda dapat menggunakan batu apung sekali atau dua kali seminggu untuk memastikan pengelupasan kulit yang tepat tanpa membahayakan kaki Anda. Selesaikan perawatan batu apung Anda dengan balsem kaki yang menghidrasi atau masker pelembab untuk membuat kaki Anda halus dan lembut.

Pilihan Editor: 8 Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati di Kaki dan Manfaatnya

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."