Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Dahi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jerawat di dahi. Freepik.com/Cookie_studio

Ilustrasi jerawat di dahi. Freepik.com/Cookie_studio

IKLAN

Cara Mencegah Jerawat di Dahi

1. Penggunaan produk minyak di wajah

Penggunaan produk seperti minyak kelapa dan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut dapat menyebabkan jerawat di dahi karena produk yang dapat dimakan cenderung meningkatkan pertumbuhan mikroorganisme pada kulit, menurut dokter Patel.

“Jika Anda bisa memakan suatu produk, bakteri dan jamur juga bisa memakan produk tersebut,” ujarnya.

2. Produk rambut tertentu

Penting untuk diingat bahwa produk rambut terkadang dapat memperburuk jerawat, jadi ambillah langkah-langkah perlindungan jika produk perawatan rambut tampaknya dikaitkan dengan manifestasi jerawat yang lebih buruk.

3. Pakai aksesori kepala terlalu ketat dan sering

Ptopi baseball, ikat kepala, dan produk rambut yang menempel di kulit dahi dapat menyebabkan jerawat. "Mengenakan topi, bandana, atau ikat kepala, dan bahkan terlalu sering menyentuh dahi, secara manual dapat menyumbat kulit dahi dan menyebabkan jerawat di dahi.

Hal yang sama berlaku untuk siapa saja yang mungkin sering pergi ke gym, atau menikmati aktivitas yang melibatkan helm, seperti mengendarai sepeda moter. “Jerawat mekanis bisa muncul di dahi akibat topi dan helm,” ujar dokter Kraffert.

4. Sering menyentuh dahi

Sesuatu yang sederhana seperti menyentuh dahi tanpa berpikir sepanjang hari dapat menyebabkan jerawat karena secara manual menyumbat kulit dahi dan menyebarkan bakteri.

Cara Mengatasi Jerawat di Dahi

1. Pengelupasan sel kulit mati

Jika Anda mengalami benjolan kecil di dahi, pembersihan dan pengelupasan sel kulit mati secara teratur dengan bahan pengelupas kulit kimia yang tidak menyebabkan iritasi dapat membantu menjaga pori-pori tetap bersih dan bebas dari penyumbatan. 

2. Melembapkan

Coba ganti kelembapan yang hilang atau hilang dengan pelembap lembut untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. CeraVe adalah pilihan klasik yang tidak menyumbat pori-pori, dan dapat ditemukan di sebagian besar toko obat.

3. Coba pakai retinoid

"Differin Acne Treatment Gel adalah obat jerawat yang dijual bebas yang dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat," kata Patel. “Varian resepnya adalah Retin-A, yang membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan minyak yang mengeras muncul ke permukaan.”

4. Konsumsi obat jerawat

Untuk jerawat yang lebih ringan dengan papula dan pustula yang meradang, menambahkan antibiotik oral Seysara, yang disetujui FDA untuk jerawat, ke dalam rejimen Anda akan memberikan manfaat tambahan yang bagus.

“Pada jerawat nodulokistik yang parah, isotretinoin adalah pendekatan pilihan saya, terutama jika program di atas tidak memberikan perbaikan yang diinginkan," ujar Kraffert.

5. Cobalah terapi kombinasi

Untuk gejala jerawat kronis atau membandel, terkadang tindakan terbaik adalah menggabungkan tiga solusi dalam satu cara, yaitu pembersihan, pengelupasan kulit, dan perawatan dengan resep topikal.

6. Konsultasi ke dokter

Ketika tidak ada lagi yang berhasil, jangan menyerah—konsultasikan dengan profesional untuk mendapatkan perawatan efektif yang disesuaikan dengan kulit Anda. “Jika metode yang dijual bebas tidak berhasil dalam pengobatan jerawat di dahi, disarankan untuk menemui dokter kulit bersertifikat untuk mencegah jaringan parut,” kata dokter Patel. Perawatan kista milial terdiri dari ekstraksi dan pengelupasan kimiawi.

Pilihan Editor: Ketahui Penyebab Jerawat di Belakang Telinga beserta Cara Mengatasinya

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."