Mengulik 4 Manfaat Asam Salisilat untuk Rambut serta Efek Sampingnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi rambut berketombe. Foto: Freepik.com

Ilustrasi rambut berketombe. Foto: Freepik.com

IKLAN

Efek Samping Asam Salisilat untuk Rambut

Meskipun kebanyakan orang mendapat manfaat dari sedikit asam salisilat di kulit kepala, ada beberapa pengecualian. Seperti halnya kulit sensitif, kulit kepala sensitif berpotensi mengalami reaksi buruk terhadap asam salisilat, seperti iritasi atau rasa perih.

Dokter juga menyarankan agar mereka yang memiliki kulit kepala rusak, teriritasi, atau terganggu untuk menghindari perawatan asam salisilat, dan tentu saja tidak menggunakannya pada luka terbuka.

Ahli trikologi juga menyarankan agar mereka yang memiliki kulit kepala dan rambut sangat kering berhati-hati saat menggunakan asam salisilat karena bahan tersebut bisa mengeringkan batang rambut atau kulit kepala.

Saat digunakan, pertimbangkan memasukkan asam salisilat ke dalam rutinitas Anda beberapa kali dalam sebulan (bukan setiap minggu), dan pastikan untuk menggabungkannya dengan bahan pelembap serta produk pelembap lainnya untuk meminimalkan kekeringan.

Meskipun demikian, ada potensi untuk membuat kulit kepala menjadi sensitif dan kering bahkan pada kulit kepala yang paling berminyak sekalipun.

Frekuensi adalah kuncinya di sini. Dengan kata lain, jangan menggunakan sampo berbahan dasar asam salisilat setiap hari.

Cara Menggunakan Asam Salisilat untuk Rambut

Sama seperti perawatan kulit tradisional, ada banyak formula dan metode pengaplikasian berbeda yang dapat digunakan dalam perawatan kulit kepala. Itu sebenarnya tergantung pada preferensi dan kebutuhan.

Untuk kelainan kulit kepala seperti dermatitis seboroik dan psoriasis, Kari Williams, ahli trikologi bersertifikat dan ahli kosmetik berlisensi, menyarankan untuk menggunakan sampo obat dan serum topikal.

Shampo kulit kepala adalah titik awal yang cukup mudah karena tidak memerlukan kerja ekstra apa pun di luar pencucian biasa. Ganti saja sampo biasa Anda dengan pilihan berbahan dasar asam salisilat satu hingga tiga kali seminggu (jumlahnya akan bervariasi tergantung pada masalah kulit kepala dan seberapa sering Anda keramas).

Jika Anda mencari pembersihan yang lebih dalam, cobalah scrub kulit kepala. Terakhir, serum, pembersihan awal, dan perawatan kulit kepala ideal untuk mengatasi masalah tertentu dan meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Itulah sederet fakta terkait asam salisilat untuk rambut. Semoga membantu, ya, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: 10 Kandungan Skincare untuk Mengatasi Jerawat, Asam Salisilat hingga Benzoil Peroksida

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."