Kreasi Resep Terong Panggang Kaya Rempah dan Wangi Herbs

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Terong bakar./Foto: Instagram/Terra Fresh Foods

Terong bakar./Foto: Instagram/Terra Fresh Foods

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain ayam atau daging, protein nabati juga bisa jadi masakan istimewa seperti kreasi resep terong panggang rempah. Dalam resep dari buku masak “ Milk Street 365: Buku Masak Serba Guna untuk Setiap Hari Sepanjang Tahun”, alih-alih membiarkannya utuh, terong bisa dibagi dua sehingga dagingnya terkena panas langsung. 

Terong dimasak dengan posisi dipotong menghadap ke bawah hingga berwarna kecoklatan, lalu dibalik dan diolesi dengan minyak bawang putih dan rempah. Potongan bawang putih dimasukkan ke dalam potongan, sehingga menjadi lunak dan lembut. Terong kemudian ditutup dan dipanggang hingga tusuk sate yang ditusukkan di ujung sempit separuh terong terbesar tidak ada hambatan, lalu diakhiri dengan salad segar peterseli, mint, biji wijen, dan kulit lemon.

Kreasi Resep Terong Panggang

Bahan-bahan:

2 terong ukuran sedang (masing-masing 1 hingga 1½ pon), dibelah dua memanjang

½ cangkir minyak zaitun extra-virgin, dibagi, ditambah ekstra untuk disajikan

Garam halal dan lada hitam bubuk

6 siung bawang putih ukuran sedang, parut halus

½ cangkir peterseli segar cincang halus

½ cangkir daun mint segar yang dicincang halus

6 sendok makan biji wijen, sangrai

1 sendok makan parutan kulit lemon, ditambah 2 sendok makan jus lemon

Cara Membuat:

1. Siapkan pemanggang arang atau gas. Untuk pemanggang arang, sebarkan cerobong besar berisi batu bara panas secara merata di satu sisi alas pemanggang; buka ventilasi panggangan bawah. Panaskan pemanggang, tutup, selama 5 menit, lalu bersihkan dan olesi parutan masak. Untuk pemanggang gas, besarkan separuh pembakar dan panaskan, tutup, selama 5 hingga 10 menit, lalu bersihkan dan beri minyak pada pemanggang.

2. Dengan menggunakan pisau pengupas, dengan hati-hati gores daging setiap setengah terung dengan pola garis silang, beri jarak potongan sekitar ¾ inci. Hati-hati jangan sampai menembus kulit. Gunakan ¼ cangkir minyak untuk mengoles daging terung secara merata, lalu bumbui dengan garam dan merica. Dalam mangkuk kecil, aduk sisa ¼ cangkir minyak dan bawang putih.

3. Panggang bagian terong yang dipotong menghadap ke bawah di atas panggangan yang panas hingga berwarna kecokelatan, 5 hingga 10 menit. Balikkan bagian yang dipotong menghadap ke atas dan pindahkan ke sisi panggangan yang lebih dingin. Oleskan campuran minyak bawang putih ke daging, gunakan sikat untuk memasukkan bawang putih ke dalam potongan. Tutup dan masak hingga tusuk sate yang ditusukkan di ujung sempit separuh terung terbesar tidak menemui hambatan, 30 hingga 40 menit.

4. Dalam mangkuk kecil, aduk peterseli, daun mint, biji wijen, kulit lemon, dan ½ sendok teh garam dan merica. Gunakan sendok untuk memisahkan daging dengan hati-hati dari kulit masing-masing bagiannya, tetapi biarkan di tempatnya. Taburi masing-masing setengahnya dengan campuran herba, lalu aduk perlahan ke dalam daging agar tercampur. Taburi dengan minyak zaitun dan jus lemon. Sajikan hangat atau pada suhu kamar.

Pilihan Editor: Kreasi Resep Mi Shirataki Sichuan, Menu Diet Sehat dan Lezat

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."