Prospek Kerja bagi Mahasiswa Lulusan Biologi Murni, dari Analis hingga Ekolog

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi Tes Rapid Antigen. alodokter.com

Ilustrasi Tes Rapid Antigen. alodokter.com

IKLAN

7. Ahli Botani

Bisa dikatakan kalau tanaman atau tumbuhan merupakan makhluk hidup yang sangat penting. Tanpa adanya tumbuhan maka keseimbangan rantai makanan akan terganggu dan itu akan membahayakan seluruh makhluk hidup di bumi. Inilah mengapa seorang ahli botani diperlukan untuk mempelajari tumbuhan dan memahami proses bekerjanya. Seorang ahli botani akan mempelajari berbagai macam aspek tumbuhan mulai dari fisiologis seperti fotosintesis pada tingkat molekuler hingga sejarah evolusi, serta hubungan tanaman maupun hubungan dengan lingkungannya.

Maka dari itu nantinya bisa saja Anda akan mempelajari tentang aplikasi ilmu-ilmu tersebut dalam pertanian tanaman yang digunakan untuk makanan, bahan bakar dan lainnya atau Anda bisa juga berfokus untuk mempelajari tanggapan terhadap tekanan dari hama serta variasi iklim. Ahli botani diperlukan untuk menjaga kelestarian lingkungan karena bisa membantu menentukan bagaimana tumbuhan bisa berinteraksi terhadap perubahan iklim dan bagaimana bisa melindungi spesies asli

8. Dosen

Tidak hanya sebagai guru pada tingkat SMP dan SMA, Anda juga bisa menjadi dosen jika Anda merupakan lulusan Biologi murni. Untuk menjadi seorang dosen tingkat pendidikan yang diperlukan yaitu Magister (S2) dan Doktor (S3). Hal ini disebabkan karena seorang dosen harus memiliki wawasan yang luas.

9. Ilmuan Lingkungan

Ilmuwan lingkungan itu sendiri adalah ilmuwan yang mempelajari, mengembangkan, menerapkan dan memberikan kebijakan serta rencana dalam mengelola dan melindungi flora, fauna, lingkungan, dan sumber daya alam yang lainnya. Untuk menjadi seorang ilmuwan lingkungan Anda bisa bekerja di bidang penelitian, regulasi, pengelolaan lingkungan maupun kebijakan publik. Tidak hanya itu, Anda juga bisa bekerja di sektor swasta terutama yang berkaitan dengan minyak dan pertambangan dalam semua tingkat operasi.

10. Teknisi Laboratorium

Jika Anda seorang lulusan ilmu biologi, Anda bisa berkarir menjadi seorang teknisi laboratorium. Tugas dari seorang teknisi laboratorium adalah mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan dalam pekerjaan di institusi pendidikan tinggi atau sekolah. Seorang teknisi laboratorium bertugas mengecek alat-alat laboratorium secara berkala.

11. Genetic Counselor

Seorang genetic counsellor merupakan seorang professional yang memiliki pendidikan khusus dalam genetika dan konseling. Dalam kesehariannya, mereka bertugas untuk memberikan bantuan personal yang dibutuhkan pasien untuk membuat keputusan kesehatan genetik. Untuk menjadi seorang konselor genetik, Anda harus sudah melalui pelatihan lanjutan dalam genetika medis dan konseling untuk nantinya menafsirkan hasil tes genetik dan membimbing pasien. Nantinya, genetic counsellor akan mempelajari bagaimana riwayat keluarga dan medis yang bisa mempengaruhi kemungkinan terjadinya kekambuhan penyakit.

12. Ekolog

Ahli ekologi berperan untuk mempelajari antara ketertarikan antara organisme dan lingkungannya. Contohnya, ahli ekologi akan melakukan penelitian bagaimana makhluk di hutan, gurun, lahan basah, atau ekosistem lain berinteraksi satu sama lain maupun lingkungannya. Selain itu, ahli ekologi juga menyelidiki faktor-faktor yang dapat mengganggu ekosistem, mengantisipasi efek yang muncul, serta merancang praktik berkelanjutan.

Anda juga akan bekerja di lapangan untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang kondisi lingkungan untuk nantinya menilai habitat tertentu. Dari situlah Anda akan mendapatkan hasil yang akan membantu Anda untuk melakukan pengelolaan habitat atau restorasi proyek lingkungan termasuk prosedur, sumber daya, anggaran dan juga jadwal.

13. Konsultan

Setelah lulus menjadi seorang sarjana Ilmu Biologi murni Anda bisa menjadi seorang konsultan. Anda bisa menjadi konsultan full time atau pun freelance. Anda bisa menjadi konsultan untuk konservasi lingkungan atau bisa juga menjadi bagian dari research dan development suatu perusahaan.

Pilihan Editor: 7 Masalah Karier Ini Kerap Dialami Mahasiswa yang Baru Lulus 

INTERNATIONAL EDUCATION SPECIALIST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."