8 Perdana Menteri Perempuan di Dunia, Jacinda Ardern hingga Sanna Marin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin, saat menghadiri rapat perdananya di Helsinki, Finlandia, 10 Desember 2019. Sanna Marin resmi dilantik menjadi Perdana Menteri (PM) Finlandia usai Antti Rinne yang mengundurkan diri. Lehtikuva/Jussi Nukari via REUTERS

Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin, saat menghadiri rapat perdananya di Helsinki, Finlandia, 10 Desember 2019. Sanna Marin resmi dilantik menjadi Perdana Menteri (PM) Finlandia usai Antti Rinne yang mengundurkan diri. Lehtikuva/Jussi Nukari via REUTERS

IKLAN

5. Katrin Jakobsdottir

Perdana Menteri Islandia, Katrin Jakobsdottir. REUTERS/Juan Medina

Katrin Jakobsdottir menjadi Perdana Menteri Islandia mulai 2017. Dia juga pernah menjadi Ketua Dewan Pemimpin Wanita Dunia pada Februari 2020. 

6. Erna Solberg

Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg. NTB Scanpix/Lise Aserud via REUTERS

Erna Solberg adalah Perdana Menteri Norwegia ke-38. Jabatannya dimulai tahun 2013. 

Erna Solberg adalah perempuan kedua yang menjadi pemimpin di Norwegia. Dia juga memiliki prestasi luar biasa, termasuk menjadikan negaranya sebagai negara bahagia.

7. Liz Truss

Perdana Menteri Inggris yang baru, Liz Truss keluar dari Kastil Balmoral setelah menemui Ratu Elizabeth di Skotlandia, Inggris 6 September 2022. Andrew Milligan/Pool via REUTERS

Liz Truss adalah Perdana Menteri Inggris yang menggantikan posisi Boris Johnson. Dia sebelumnya menjabat sebagai Menteri Luar Negeri di era PM Boris Johnson.

8. Elisabeth Borne

Perdana Menteri Prancis Elisabeth Borne. REUTERS/Gonzalo Fuentes

Elisabeth Borne adalah Perdana Menteri Prancis yang mengundurkan diri pada Senin, 8 Januari 2024. Hal itu diumumkan oleh Kantor Kepresidenan Prancis. Pengunduran diri Borne terjadi saat Macron berencana merombak kabinet untuk memulai kembali masa jabatannya yang kedua.

Borne diangkat sebagai Perdana Menteri Prancis pada Mei 2022. Dia merupakan perdana menteri perempuan kedua dalam sejarah Prancis. Borne menggantikan Jean Castex yang juga mengundurkan diri dari jabatan tersebut.

Borne, seorang birokrat karier bersuara lembut dan pernah menjabat sejumlah menteri dari Partai Sosialis sebelum bergabung dengan pemerintahan Macron. Dia sempat menjabat sebagai menteri lingkungan hidup pada tahun 2019 ketika dia mendorong kebijakan ramah sepeda.

Nah, Sahabat Cantika, itulah 8 perdana menteri perempuan di dunia yang terkenal. Semoga menginspirasi ya!

Pilihan Editor: Daftar Wakil Presiden Perempuan di Dunia, dari Megawati Soekarnoputri hingga Kamala Harris

TEMPO | BERBAGAI SUMBER

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."