Daftar Kuliner Halal dan Non-halal di Bali, Sate Lilit hingga Nasi Campur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Menu sate lilit ikan, pepes ikan, dan sayuran di RM Lesehan Sari Baruna, Klungkung, Bali. Tempo/Rita Nariswari

Menu sate lilit ikan, pepes ikan, dan sayuran di RM Lesehan Sari Baruna, Klungkung, Bali. Tempo/Rita Nariswari

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Pulau Dewata tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kuliner yang kaya cita rasa rempahnya. Pulau ini menawarkan berbagai makanan lezat yang mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi lokal.  Beberapa makanan paling populer di Bali di antaranya seperti ayam betutu, sate lilit, hingga nasi jinggo.

Makanan khas Bali ini populer karena rasanya yang lezat dengan perpaduan rempah-rempah khas Bali yang memanjakan lidah.Berikut ini rekomendasi makanan paling populer di Bali yang bisa Anda coba ketika berkunjung di Bali, mulai dari kuliner halal hingga non halal. 

Makanan Paling Populer di Bali

1. Sate Lilit

Sate lilit merupakan salah satu makanan khas Bali yang sudah sangat populer dan banyak disukai oleh para wisatawan.  Sate Lilit dibuat dengan daging ayam atau daging babi yang dicincang dan dicampur dengan bumbu rempah khas Bali. Daging ini kemudian dililit ke tusukan dari batang bambu atau batang serai. Sate Lilit kemudian dibakar sebelum dihidangkan dan dinikmati. 

2. Ayam Betutu

Ayam betutu adalah salah satu makanan paling populer di Bali. Ayam betutu merupakan ayam yang dilumuri bumbu rempah pedas khas Bali yang kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang di api sekam dalam waktu yang cukup lama sehingga menghasilkan daging yang sangat empuk. 

Beberapa rekomendasi tempat makan untuk menemukan ayam betutu terbaik yaitu Ayam Betutu Men Tempeh, Warung Liku, dan Ayam Betutu khas Gilimanuk. 

3. Nasi Ayam Kedewatan

Nasi ayam Kedewatan juga merupakan salah satu makanan yang saat ini populer di Bali. Nasi ayam Kedewatan adalah hidangan nasi dengan berbagai macam lauk seperti ayam betutu atau garang asem, ayam suwir, sate lilit ayam, pepes ayam urap, oseng ati ampela, kacang goreng, sayur buncis potong, dan telur pindang.  Nasi ayam kedewatan yang terkenal dan populer di Bali adalah Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku. 

4. Bebek Bengil

Bebek Bengil merupakan sebuah hidangan dari Ubud, Bali. Bebek Bengil atau yang biasa disebut dirty duck karena tampilan bebek goreng dengan warna coklat dan taburan bumbu. 

Makanan ini menjadi populer karena rasanya yang khas dengan bumbu tabur yang unik dan nikmat. Bebek Bengil dimasak dengan proses merendam bebek dengan campuran bumbu khas Bali selama 12 jam untuk menghasilkan daging yang empuk dan bumbu yang meresap. 

Bebek Bengil yang digoreng memiliki tekstur yang renyah dan empuk bahkan tulangnya bisa dimakan. 

5. Lawar

Lawar merupakan makanan khas Bali yang bisa terbuat dari daging ayam, bebek, atau babi yang dicampur dengan berbagai macam sayuran, kelapa, dan bumbu khas Bali. Lawar banyak ditemukan seperti pada hidangan Nasi Campur atau Nasi Ayam khas Bali. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."