Daftar Kuliner Halal dan Non-halal di Bali, Sate Lilit hingga Nasi Campur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Menu sate lilit ikan, pepes ikan, dan sayuran di RM Lesehan Sari Baruna, Klungkung, Bali. Tempo/Rita Nariswari

Menu sate lilit ikan, pepes ikan, dan sayuran di RM Lesehan Sari Baruna, Klungkung, Bali. Tempo/Rita Nariswari

IKLAN

6. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo atau Nasi Jenggo dalam Bahasa Bali merupakan makanan yang sama seperti halnya dengan sebutan nasi kucing di Jawa.  Nasi Jinggo merupakanan makanan yang berisi nasi dengan lauk dalam porsi yang kecil sehingga beberapa orang memakan lebih dari satu bungkus nasi jinggo. 

Lauk yang biasa digunakan dalam nasi jinggo adalah seperti ayam suwir, mie goreng, daging, ikan suwir, atau telur. Nasi yang digunakan bisa nasi putih maupun nasi kuning. 

7. Seafood Jimbaran

Jika sedang berada di Jimbaran, makanan seafood Jimbaran perlu dinikmati dan dicicipi. Restoran seafood Jimbaran bisa Anda temukan di sepanjang Pantai Jimbaran.  Restoran-restoran ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan asing maupun mancanegara ketika berada di Jimbaran. 

Masakan seafood-nya yang enak dan beragam dengan pemandangan matahari terbenam di Pantai Jimbaran yang sangat cantik membuat pengalaman ini akan mengesankan. 

8. Babi Guling

Hidangan babi guling juga merupakan salah satu makanan populer dari Bali dan wajib dicoba. Sesuai namanya, babi guling merupakan daging babi yang dipanggang dengan bumbu khas Bali yang otentik. 

Satu porsi nasi berisi dengan daging babi guling, jeroan, lawar, lawar, sambel, kuah yang super gurih, dan yang paling ikonik adalah kulit krispi babi yang sering dijadikan sebagai tes kriuk. 

Beberapa rekomendasi tempat makan babi guling terbaik dan populer di Bali adalah Babi Guling Pak Malen, Babi Guling Ibu Oka, dan Babi Guling Pak Dobiel.

9. Sate Babi

Sate Babi khas Bali juga salah satu makanan populer karena rasanya yang gurih, manis, pedas, dan lezat.  Biasanya sate babi ini disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap dengan garam yang dicampur dengan cabai. 

Rekomendasi tempat makan terbaik untuk mencicipi Sate Babi di Bali adalah Sate Babi Bawah Pohon, Sate Plecing Arjuna, dan Sate Babi Bu Nyoman. 

10. Nasi Campur Bali

Nasi campur Bali adalah makanan paling populer bagi wisatawan yang datang ke Bali. Nasi campur merupakan makanan dengan nasi yang dihidangkan dengan berbagai macam lauk dan sayur. 

Nasi campur Bali biasanya berisi nasi, lawar, daging suwir, dan sate lilit. Ada dua macam nasi campur yang dapat ditemukan di Bali yaitu nasi campur babi dan nasi campur ayam. 

Beberapa rekomendasi tempat makan nasi campur Bali yaitu nasi pedas Bu Andika, Nasi pedas Bu Hanif, nasi ayam Bu Oki, dan warung Men Weti. 

Pilihan Editor: Kreasi Resep Cegah Stunting, dari Bolu Kukus Ayam hingga Sate Lilit Wortel

ANGGITA VIANDHINI NUGROHO PUTRI  | LAILI IRA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."