13 Cara Mengatasi Kelelahan untuk Meningkatkan Semangat Pagi Anda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Wanita kelelahan. Freepik.com/Tirachardz

Wanita kelelahan. Freepik.com/Tirachardz

IKLAN

7. Kurangi minum kopi

Benar, kami bilang lebih sedikit kopi — tapi bukan tidak sama sekali! Meskipun kopi memiliki banyak manfaat kesehatan, banyak menenggaknya di pagi hari dapat menyebabkan peningkatan kelelahan di kemudian hari.

Peserta dalam sebuah penelitian melaporkan merasa lebih lelah sehari setelah mereka mengonsumsi minuman berkafein. Bereksperimen dengan mengurangi jumlah kafein di pagi hari sebenarnya bisa membuat Anda tidak terlalu lelah.

Tip profesional: Hindari mug besar. Belilah cangkir yang lebih kecil, jika perlu, untuk membantu mengurangi jumlah yang Anda minum.

8. Pergi ke luar untuk mengaktifkan otak Anda

Sinar matahari meningkatkan kadar serotonin tubuh Anda, sehingga meningkatkan kualitas tidur - dan, karenanya, meningkatkan energi di siang hari. Dan, menurut serangkaian penelitian di Universitas Rochester, menghabiskan waktu di alam “membuat orang merasa lebih hidup.”

Kedengarannya seperti alasan yang sangat bagus untuk menghabiskan sebagian waktu pagi Anda di alam terbuka.

9. Lakukan latihan kardio sepanjang pagi

Tentu saja, ketika Anda ingin merangkak kembali ke tempat tidur, olahraga mungkin terdengar tidak menarik – tetapi olahraga mungkin merupakan hal yang dibutuhkan tubuh Anda untuk mendapatkan bantuan untuk memulai. Penelitian secara konsisten menghubungkan latihan aerobik dengan berkurangnya kelelahan.

Lihat apakah Anda bisa berjalan cepat atau bersepeda, atau mencoba olahraga yang lebih lama untuk mendapatkan manfaat lebih.

Tips profesional: Saat terdesak waktu, angkat tubuh Anda dengan beberapa putaran high-knee dan jumping jack. Bahkan memutar badan selama 30 detik saja sudah cukup, atau rencanakan perjalanan kardio singkat dalam perjalanan ke tempat kerja.

10. Atasi stres Anda

Mungkinkah perasaan negatif terhadap pekerjaan atau pemicu stres di rumah menguras semangat pagi Anda?

Anda mungkin tidak dapat memperbaiki situasi tertentu dalam semalam, namun setelah Anda mengidentifikasinya sebagai sumber kelelahan mental dan fisik, Anda sering kali dapat mengambil tindakan untuk meringankannya.

Tips profesional: Sederhanakan pagi hari yang sibuk di rumah dengan menyiapkan makan siang di sekolah pada malam sebelumnya, atau luangkan waktu untuk meditasi pagi dan ciptakan ketenangan sebelum hari Anda dimulai.

11. Beri diri Anda sesuatu untuk dinanti-nantikan

Terkadang yang kita perlukan untuk meningkatkan energi hanyalah sedikit kegembiraan yang akan segera terjadi.

Untuk mengatasi rasa lelah di pagi hari, pertimbangkan untuk menjadwalkan panggilan telepon dengan teman selama perjalanan, berjalan-jalan di luar ruangan saat istirahat tengah hari, atau menyiapkan sarapan menarik yang membuat Anda harus bangun dari tempat tidur.

Tips profesional: Biarkan jadwal lain menentukan jadwal Anda. Jadikan podcast atau acara radio pagi hari sebagai bagian dari rutinitas bangun tidur Anda.

12. Pelajari lebih dalam tentang kesehatan mental

Jika kelelahan di pagi hari menjadi masalah kronis, bisa jadi hal itu disebabkan oleh depresi atau kecemasan. Penderita depresi bisa merasa lebih buruk di pagi hari atau hanya merasa tertekan di pagi hari.

Namun, satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan melacak suasana hati Anda atau menemui profesional.

Tip profesional: Gali lebih dalam. Mengajukan beberapa pertanyaan penting tentang kondisi kesehatan mental Anda dapat mengungkap kondisi mendasar yang memerlukan perhatian profesional.

13. Pada akhirnya, praktikkan rutinitas tidur dan bangun yang baik

Jika kebiasaan sebelum tidur Anda mempunyai pengaruh besar terhadap istirahat Anda, maka rutinitas bangun Anda juga bisa demikian. Anda mungkin pernah mendengar tentang kebersihan (clean) tidur — beberapa praktik terbaik yang membantu Anda tertidur di malam hari. Ini termasuk:

  • mematikan layar satu jam sebelum tidur
  • tidur pada waktu yang sama setiap malam
  • menciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Bangun pada waktu yang sama setiap pagi membantu menjaga ritme sirkadian, jam biologis internal yang bertanggung jawab atas perasaan mengantuk.

Berusahalah untuk bangun pada waktu yang sama setiap hari - bahkan di akhir pekan - untuk melihat apakah Anda dapat menghilangkan kemerosotan di pagi hari. Semoga informasi ini membantu ya, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: 10 Cara Alami Mengurangi Kecemasan

HEALTHLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."