11 Tips Jalani LDR agar Saling Percaya dan Jaga Komitmen

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan hubungan jarak jauh atau LDR. Freepik.com

Ilustrasi pasangan hubungan jarak jauh atau LDR. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam setiap hubungan dibutuhkan komitmen, kepercayaan, dan kejujuran dari kedua belah pihak termasuk hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR). Meski jarak menjadi tantangan,  yang terpenting adalah upaya Anda untuk tetap terhubung.

Baik itu berbagi kutipan romantis, menulis surat cinta, merencanakan kencan virtual, atau membuat puisi cinta, semuanya berfungsi untuk memperkua fondasi hubungan Anda melewati segala rintangan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut tips menjalani LDR-an

1. Tetap Terhubung 

Upayakan tidak putus komunikasi sesibuk apa pun Anda berdua. Selalu luangkan waktu untuk berkomunikasi. Jika Anda sibuk, beri tahu kekasih Anda dan sampaikan akan menghubungi kembali saat urusan selesai.

Penting untuk tetap terhubung dan membiarkan orang lain memahami apa yang terjadi dengan Anda.

Pertimbangkan juga untuk memberi tahu jadwal satu sama lain di hari itu agar bisa saling memahami.

2. Saling Menyapa Setiap Pagi Dan Malam

Kirimkan pesan selamat pagi atau selamat malam. Penting juga untuk mengetahui bagaimana perasaan pasangan Anda di pagi dan malam hari. 

Dengan cara ini Anda bisa membuat satu sama lain merasa terhubung. Cara ini juga akan membantu Anda memberikan dukungan emosional selama masa-masa sulit.

3. Rencanakan Pertemuan

Rencanakan pertemuan tatap muka. Putuskan apakah Anda ingin bertemu satu sama lain setiap bulan, setiap tiga bulan, atau setiap tahun. Melakukan hal ini akan membuat penantian Anda bermanfaat.

Jika sulit bagi Anda untuk memutuskan periode pertemuan tertentu, rencanakan saja jalan-jalan. Misal, Anda bisa merencanakan perjalanan spontan untuk berkumpul dengan orang lain. Atau Anda bisa berpetualang, mendaki gunung, berkemah untuk menghabiskan waktu bersama melakukan hal-hal yang Anda sukai.

4. Tunjukkan Perasaan

Akui perasaan Anda dan tanyakan bagaimana perasaan pasangan Anda terhadap Anda. Tunjukkan kepedulian Anda. Carilah cara untuk mendukung pasangan Anda secara emosional dan mental.

Renungkan pola pikir, emosi, dan pikiran masing-masing. Melakukan hal ini akan membantu Anda merasa terhubung dan tidak terlalu terisolasi. 

5. Memberi Kejutan 

Tunjukkan perhatian Anda dengan cara yang kreatif dan manjakan pasangan Anda tanpa perlu ada di dekat Anda. Anda juga bisa mengirimkan bunga, kue, atau barang-barang yang ingin mereka miliki.

6. Menjadi Romantis Secara Virtual

Romantisme adalah salah satu kunci yang akan mendekatkan Anda dan menjaga ketertarikan tetap hidup. Cara terbaik untuk menjalin romansa secara virtual adalah dengan saling memuji dan menggoda. Anda dapat merencanakan kencan makan malam virtual dadakan dan membicarakan momen spesial dalam hidup Anda.

7. Jika Ada Sesuatu yang Mengganggu Anda, Bicarakan

Bicarakan tentang segala rintangan atau apa pun yang sudah lama mengganggu Anda. Jangan menyimpannya di dalam hati.

Bicaralah agar pasangan Anda mengetahui dan memahami kondisi pikiran Anda.

Tanyakan apa yang telah berubah atau apa yang ingin Anda ubah. Jaga agar semuanya tetap jelas dan tajam.

8. Bersikap Positif

Lihatlah semua sisi positifnya, jangan menganggap remeh satu sama lain. Fokus pada tindakan Anda serta pahami cara kerja orang yang Anda cintai. Pikirkan masa depan atau kerjakan masa kini dengan pandangan positif.

9. Hargai Momen Spesial

Hargai momen spesial yang Anda habiskan bersama secara virtual. Dalam hubungan jarak jauh, waktu harus sangat dihargai, apalagi jika Anda berada di zona waktu yang berbeda.

Saat bersama secara virtual, berkonsentrasilah untuk berada di sana untuk Anda berdua. Jauhi semua gangguan dan nikmati kehadiran satu sama lain.

10. Jangan Menghakimi

Jangan membuat asumsi atau penilaian dengan bersikap posesif secara tidak rasional. Ini mungkin memengaruhi kesehatan mental dan emosional Anda jika Anda merasa sangat cemburu.

Hentikan sepenuhnya fantasi irasional dan berhenti mengharapkan pasangan Anda terlalu sempurna dalam segala hal.

11. Mengenal Bahasa Cinta Satu Sama Lain

Mempelajari bahasa cinta satu sama lain dapat memperkuat ikatan Anda. Kata-kata penegasan yang paling umum mencakup tindakan pelayanan, menerima hadiah, waktu berkualitas, dan sentuhan fisik.

Sentuhan fisik tidak dapat dilakukan, namun Anda dapat mengirimkan hadiah, berbagi kutipan, atau video yang mengucapkan kata-kata penegasan.

Pilihan Editor: 25 Kata-kata Romantis buat Pacar LDR

PINK VILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."