6 Manfaat Bersyukur untuk Kesehatan Fisik dan Mental

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan tersenyum. fullhdpictures.com

Ilustrasi perempuan tersenyum. fullhdpictures.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bersyukur merupakan salah satu faktor atau ciri kepribadian penting yang dapat membantu Anda hidup lebih sehat dan umur panjang. Seberapa negatif atau positif Anda memandang kehidupan di sekitar Anda dapat berdampak besar pada jiwa Anda.

Orang yang bersyukur secara umum memiliki ketahanan yang lebih besar untuk menghadapi stresor harian. Hal ini membuat mereka lebih sehat daripada yang lain dan meningkatkan umur panjang mereka.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa rasa syukur dapat memiliki efek terapeutik pada kesehatan fisik dan mental seseorang. Mempraktikkan rasa syukur, atau menghargai hal-hal di sekitar Anda berperan dalam meningkatkan kualitas tidur Anda hingga mengurangi risiko depresi dan kecemasan. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

1. Bersyukur dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Merasa lebih positif dan bersyukur dapat membantu menurunkan tingkat stres, tekanan darah, dan mengurangi peradangan. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

2. Bersyukur baik untuk sistem kekebalan tubuh

Menghargai hal-hal di sekitar kita dan melihat orang-orang dan situasi dalam sudut pandang yang positif dapat memberikan dampak positif pada sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini akan membantu Anda mencegah infeksi musiman dan menikmati kesehatan yang baik secara umum.

3. Bersyukur membantu meningkatkan kualitas tidur

Bersyukur dapat menurunkan stres, mengurangi kemungkinan depresi dan kecemasan, serta membuat Anda merasa lebih bahagia secara umum. Hal ini juga memiliki efek penyembuhan pada tidur Anda. Orang yang tidur dengan baik hidup lebih lama dan lebih sehat.

4. Bersyukur bisa mengurangi nyeri kronis

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Holistic Nursing menyatakan bahwa orang dengan nyeri kronis yang mempraktikkan rasa syukur secara teratur merasakan peningkatan rasa sejahtera secara keseluruhan serta pengurangan nyeri pada hari mereka mempraktikkan rasa syukur.

5. Bersyukur dapat mengurangi risiko depresi

Ketika Anda bersyukur terhadap hal-hal yang paling mendasar seperti tubuh, makanan, dan indera, Anda mengalihkan fokus dari ocehan negatif dalam pikiran Anda ke hal-hal yang lebih positif dalam hidup. Berada dalam kondisi tersebut mengurangi risiko depresi dan membuat Anda merasa lebih bahagia.

6. Bersyukur meningkatkan hubungan

Bersyukur atas hubungan yang penuh kasih dalam hidup diketahui dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Ketika Anda berada dalam kondisi mental yang baik, Anda menikmati kesehatan yang baik dan menghadapi risiko penyakit kronis yang lebih rendah. Hal ini dapat membantu Anda hidup lebih lama.

So, jangan lupa bersyukur setiap hari, Sahabat Cantika. Jadikan rutinitas, yuk!

Pilihan Editor: Pentingnya Mengajarkan Rasa Bersyukur pada Anak, Baik untuk Kesehatan Mental dan Fisik

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."