5 Kebiasaan Sehat yang Bantu Menurunkan Berat Badan, Sederhana dan Mudah Diikuti

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi puth dan kuning telur. (Pixabay/Ponce_Photography)

Ilustrasi puth dan kuning telur. (Pixabay/Ponce_Photography)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menurunkan berat badan mungkin terasa seperti tugas yang berat. Tetapi sebenarnya menambahkan kebiasaan sehat ke dalam rutinitas harian dapat membuat perjalanan tersebut lebih lancar dan lebih menyenangkan. Apa saja itu? Sederhana dan mudah diikuti, berikut lima di antaranya.

1. Awali hari dengan protein

Sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari, terutama dalam hal penurunan berat badan. Menyantap menu sarapan berprotein tinggi dapat mengurangi keinginan dan asupan kalori sepanjang hari.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi sarapan berprotein tinggi mengalami lebih sedikit rasa lapar dan daripada mereka yang makan sarapan tinggi karbohidrat.

Menambahkan makanan seperti telur, yoghurt, atau smoothie protein dapat memberi energi yang dibutuhkan dan membuat kenyang lebih lama hingga makan siang.

2. Minum air sebelum makan

Minum air sebelum makan dapat membantu penurunan berat badan secara signifikan. Menurut sebuah penelitian oleh Departemen Nutrisi Manusia, Makanan, dan Olahraga di Virginia Tech, orang yang minum 16 ons air sebelum makan mengalami penurunan berat badan mencapai 44 persen selama periode 12 minggu dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Air membantu mengisi perut kita, membuat kita merasa lebih cepat kenyang dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Ini adalah cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan upaya penurunan berat badan Anda.

3. Pilih makanan utuh daripada makanan olahan

Makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein rendah lemak kaya gizi dan lebih rendah kalori dibandingkan dengan makanan olahan. Makanan olahan sering kali mengandung gula tambahan, lemak tidak sehat, dan kadar natrium tinggi, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cell Metabolism menunjukkan bahwa peserta yang mengonsumsi makanan utuh mengonsumsi 500 kalori lebih sedikit per hari menunjukkan penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi makanan olahan.

Mengisi piring kita dengan makanan berwarna-warni dan padat gizi tidak hanya membantu penurunan berat badan, tetapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

4. Rutin latihan harian

Menambahkan aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian tidak berarti harus pergi ke pusat kebugaran. Aktivitas sederhana seperti berjalan, menaiki tangga, berkebun, atau bahkan menari di ruang tamu dapat membantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika (CDC) merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang per minggu untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang substansial.

5. Tidur cukup

Tidur yang berkualitas sering kali diabaikan dalam strategi penurunan berat badan, padahal tidur berperan penting. Kurang tidur mengganggu hormon yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan, yang menyebabkan peningkatan keinginan dan makan berlebihan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menemukan bahwa peserta yang tidur hanya 5,5 jam per malam kehilangan lebih sedikit lemak dan lebih banyak otot dibandingkan dengan mereka yang tidur selama 8,5 jam.

Pilihan Editor: Anne Hathaway bagi Tips Menurunkan Berat Badan, Penuhi Asupan Protein

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."