6 Tanda Anda Tidak Merawat Jiwa dengan Baik, Menurut Ahli

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi wanita migrain atau sakit kepala. Freepik.com

Ilustrasi wanita migrain atau sakit kepala. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kesehatan fisik, aman! Kesehatan mental, oke! Anda sehat secara holistik, tapi tunggu sebentar, ya, Sahabat Cantika, jangan terburu-buru. Kesehatan manusia biasanya memiliki tiga bagian, termasuk jiwa.

Berikut adalah 6 tanda kecil Anda tidak merawat jiwa dengan baik, menurut para ahli dikutip dari YourTango:

1. Anda takut dengan pekerjaan Anda

Jika Anda terus-menerus berjuang melawan ketakutan di hari Minggu atau lebih sering menekan tombol tunda pada alarm, itu mungkin berarti Anda tidak menjaga jiwa Anda. Takut dengan pekerjaan Anda adalah petunjuk besar bahwa kesejahteraan Anda diabaikan dan ada yang salah secara spiritual. 

Ketika Anda hidup dengan autentik dan melakukan apa yang Anda sukai, jiwa Anda bahagia. Pekerjaan yang memelihara jiwa akan memunculkan diri Anda yang terbaik. Pekerjaan itu memberi energi dan bermanfaat, tidak menguras tenaga atau menimbulkan kecemasan.

2. Anda memiliki kebersihan spiritual yang buruk

Ada banyak tanda kebersihan spiritual yang buruk yang mungkin Anda abaikan. Hal ini bisa terjadi karena Anda menyerap kenegatifan orang lain, terpaku pada masa lalu, atau mengabaikan diri sendiri.

Beberapa tanda bahwa Anda mungkin memiliki kebersihan spiritual yang buruk adalah:

  • Ketidakmampuan untuk menghentikan pikiran Anda agar tidak liar
  • Insomnia
  • Kegelisahan
  • Drama dan konflik yang berlebihan
  • Ketidakmampuan untuk fokus
  • Mudah marah
  • Emosional yang tidak biasa
  • Masalah keuangan

3. Ketenangan telah menghilang dari hidup Anda

Ketika Anda tidak dapat menemukan ketenangan batin, jiwa Anda perlu diberi nutrisi.

4. Anda mengalami hambatan dan kekurangan energi

Dua tanda bekerja sama untuk menunjukkan kebutuhan yang sama akan lebih banyak perhatian bagi jiwa Anda. Anda memiliki cakra yang tersumbat atau tidak seimbang, dan Anda kekurangan kegembiraan dan arahan dalam mengejar kehidupan yang biasa.

5. Anda menyimpan dendam yang pada akhirnya akan meledak pada diri Anda sendiri

Konsekuensi dari konsep kebencian tidak disadari oleh banyak orang. Orang-orang menyimpan dendam terhadap orang lain, membenci, dan melecehkan orang lain karena mengira hal itu akan merusak mereka. Mungkin saja, tapi lebih dari itu, hal itu merusak jiwa Anda.

Memaafkan adalah cara agar Anda benar-benar dapat melanjutkan hidup dan merasa damai. Ketika kita menyimpan dendam, hal itu memperkuat hubungan spiritual kita dengan mereka dan memastikan Anda tidak akan pernah benar-benar dapat melanjutkan hidup. Selain itu, hal itu menurunkan getaran Anda yang dapat menciptakan ketidakharmonisan di lingkungan Anda.

6. Anda berhenti merasa bersyukur

Kita diberi makanan yang luar biasa, gunung untuk didaki, dan air untuk diminum. Apa yang diberikan Bumi kepada kita terlalu besar untuk diungkapkan, secara harfiah hidup kita bergantung pada Ibu Pertiwi.

Apakah Anda bersyukur setiap hari atas apa yang diberikan Bumi? Bersyukur kepada Bumi, dan semua yang dapat Anda rasakan membuka hati dan jiwa Anda terhadap semua kemungkinan. 

Luangkan waktu untuk menjawab pertanyaan di atas dengan cara yang memungkinkan Anda memberikan contoh yang mendukung jawaban Anda. Petunjuk ini dapat menunjukkan betapa penuh perhatian, penuh kasih sayang, dan kesadaran Anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Tanda-tanda kesehatan fisik atau mental yang buruk sering kali jelas dan terlihat. Namun, tanda-tanda jiwa yang tidak sehat biasanya lebih tersembunyi dan halus. 

Perasaan yang merayap bahwa ada sesuatu yang tidak seimbang dalam hidup merupakan indikator yang signifikan, meskipun Anda tidak selalu dapat menentukan dengan tepat apa yang salah, tempat yang baik untuk memulai adalah dengan melakukan inventarisasi jiwa dan raga. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: 8 Tips Menemukan Terapis Psikologi yang Tepat

YOUR TANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."