6 Cara Berbaikan dengan Sahabat usai Bertengkar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan berbincang dengan temannya di luar ruangan. Foto: Pixabay/NickyPe

Ilustrasi perempuan berbincang dengan temannya di luar ruangan. Foto: Pixabay/NickyPe

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Usai bertengkar dengan sahabat, kadang ada rasa canggung atau gengsian untuk memulai percakapan bahkan bertemu. Bila itu yang kamu rasakan, perlu diingat untuk memperbaiki persahabatan sedini mungkin, terutama jika pertengkaran karena masalah kecil. Apabila kamu sedang mencari cara berbaikan dengan sahabat, berikut enam di antaranya yang patut dipertimbangkan.

1. Proses emosi Anda sebelum menghubungi

Kita semua takut kehilangan orang yang kita sayangi dan inilah alasan kita mungkin menghubungi salah satu orang terdekat dalam hidup kita terlalu cepat. Namun, ini bisa menjadi bumerang jika Anda belum sempat merenungkan perasaan Anda atau masalah yang menyebabkan pertengkaran itu sejak awal.

Sebelum menghubungi sahabat setelah bertengkar, luangkan waktu untuk bermeditasi, merenung, dan mengolah perasaan Anda.

2. Akui peran Anda dalam pertengkaran

Menghabiskan waktu sendirian akan membuat Anda menyadari peran Anda dalam pertengkaran. Anda mungkin telah membesar-besarkan sesuatu yang kecil menjadi hal yang besar atau Anda mungkin telah bereaksi berlebihan terhadap sesuatu yang dikatakan dengan niat baik.

Setelah Anda tidak lagi merasa marah, pahami perasaan tersembunyi Anda, dan temukan kata-kata yang tepat untuk disampaikan kepada teman Anda.

3. Tahan godaan untuk menunjukkan kesalahannya

Anda mungkin masih merasa marah kepada teman Anda karena telah menyakiti perasaan Anda atau mungkin membentak Anda. Meski Anda meminta maaf kepada teman Anda dengan mengakui kesalahan Anda dan peran Anda dalam pertengkaran, tahan godaan untuk segera menunjukkan kesalahannya.

Anda dapat mengomunikasikan masalah Anda nanti saat teman Anda dalam suasana hati yang lebih baik.

4. Akui perasaan kesal sahabat

Untuk menyelesaikan pertengkaran, Anda mungkin harus memikirkan segala sesuatunya dari sudut pandang sahabat Anda. Anda mungkin harus memperhitungkan bahwa dia mungkin terluka oleh kata-kata Anda. Akui bahwa Anda memahami hal itu dan terbuka untuk menyelesaikan masalah dalam persahabatan.

5. Tawarkan solusi yang membangun untuk menyelesaikan masalah

Begitu Anda berdua bersedia memperbaiki perbedaan, akan lebih mudah untuk menemukan solusi. Pada tahap ini, komunikasi yang efektif dapat membantu penyembuhan. Ekspresikan cinta Anda dan ingatkan mereka betapa pentingnya mereka dalam hidup Anda. Anda juga dapat menyarankan solusi untuk menghindari masalah di masa mendatang.

6. Beri sahabat waktu

Sahabat mungkin tidak langsung menerima permintaan maaf Anda. Namun, memberi mereka waktu yang cukup untuk memikirkan kata-kata Anda adalah hal yang penting. Jika niat Anda benar, persahabatan Anda akan diperbaiki dalam waktu singkat. Jika Anda benar-benar menghargai teman Anda, masalah ego seharusnya tidak menghalangi Anda.

Pilihan Editor: 5 Alasan Teman Memutuskan Persahabatan, dari Persaingan Diam-diam hingga Kesalahpahaman

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."