Polemik Kampanye Iklan Adidas, Bella Hadid: Saya Kesal dan Kecewa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Bella Hadid berpose di karpet merah saat hadiri pemutaran film

Bella Hadid berpose di karpet merah saat hadiri pemutaran film "The Apprentice" dalam kompetisi Festival Film Cannes ke-77 di Cannes, Prancis, 20 Mei 2024. Tampilan Bella Hadid ditata oleh Molly Dickson, menampilkan gaya glamor Old Hollywood yang identik dengan Festival Film Cannes. REUTERS/Yara Nardi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Super model berdarah Palestina-Belanda Bella Hadid akhirnya buka suara usai kampanye iklan sepatu kets retro Adidas SL72 yang dibintanginya menuai kritik tajam. Kampanye yang dirilis pada akhir Juli 2024 itu mengacu pada Olimpiade Munich 1972, tahun penuh duka saat 11 atlet Israel dan satu polisi Jerman tewas dalam serangan teroris yang dilakukan oleh kelompok militan Palestina, Black September.

Kampanye iklan merek olahraga asal Jerman itu lalu mengundang kecaman dari berbagai pihak, termasuk Komite Yahudi Amerika. Mereka juga menilai pilihan Bella sebagai ikon kampanye itu juga untuk menujukkan dirinya sebagai ‘model anti-Israel yang vokal’. 

Bella Hadid Terkejut dan Kecewa

Menanggapi kritik tersebut, Bella Hadid mengungkapkan keterkejutannya melalui pernyataan resmi di Instagram Story-nya, @bellahadid pada Selasa, 30 Juli 2024. "Saya terkejut, saya kesal, dan saya kecewa dengan kurangnya kepekaan yang dilakukan dalam kampanye ini,” tulis dia.

Adik dari Gigi Hadid itu menjelaskan bahwa sebelum kampanye diluncurkan, ia tidak mengetahui adanya hubungan historis dengan peristiwa tragis di Munich pada 1972. Bella Hadid melanjutkan, “Jika saya diberi tahu, dari lubuk hati saya, saya tidak akan pernah berpartisipasi.”

Model berusia 27 tahun ini menyatakan rasa penyesalannya dan menekankan pentingnya kepekaan dalam setiap proyek yang ia ikuti. "Tim saya seharusnya tahu, Adidas seharusnya tahu dan saya seharusnya melakukan lebih banyak riset sehingga saya juga akan tahu dan mengerti, dan berbicara,” tulis Bella Hadid.

Bella Hadid: Palestina Bukan Teroris

Dalam pernyataan yang sama, Bella Hadid tetap menegaskan dukungannya terhadap rakyat Palestina dan mengkritik pengaitan tragedi 1972 dengan Palestina saat ini. Dia menulis, “Menghubungkan pembebasan rakyat Palestina dengan serangan yang begitu tragis, adalah sesuatu yang menyakiti hati saya.”

Sebagai seorang perempuan berdarah Palestina, Bella Hadid menegaskan komitmennya untuk mendukung Palestina sambil mengadvokasi dunia yang bebas dari antisemitisme. Dia menambahkan, “Palestina tidak identik dengan terorisme dan kampanye ini secara tidak sengaja menyoroti sebuah peristiwa yang tidak mewakili siapa kita.”

Bella juga berjanji untuk terus mendukung perdamaian dan menolak kekerasan, dia menekankan bahwa kebencian tidak memiliki tempat di dunia ini.

Permintaan Maaf Adidas dan Revisi Kampanye

Bella Hadid tampil di Billboard Adidas/Foto: Instagram/The Debut Fashion

Menanggapi kontroversi tersebut, Adidas sebelumnya telah mengeluarkan permintaan maaf secara terbuka. Melansir dari USA TODAY Sports pada 18 Juli 2024, Adidas mengakui adanya kaitan dengan peristiwa sejarah yang tragis tersebut. 

"Kami sadar bahwa ada kaitan dengan peristiwa bersejarah yang tragis, walaupun ini sama sekali tidak disengaja dan kami meminta maaf atas segala kekecewaan atau kesusahan yang ditimbulkan," ujar perwakilan Adidas. Lebih lanjut, pihak Adidas mengungkapkan bahwa mereka telah merevisi sisa kampanye tersebut.

Kampanye iklan yang diluncurkan oleh Adidas ini memicu reaksi keras di media sosial, dengan beberapa pihak menyerukan boikot terhadap merek tersebut. Meskipun demikian, ada juga dukungan bagi Bella, yang dianggap tidak bersalah dalam kontroversi ini. 

Situasi ini memperlihatkan ketegangan yang terjadi terhadap hak asasi manusia dan sensitivitas sejarah, dengan situasi konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas di Gaza. Konflik di Gaza sejak Mei tahun lalu telah menyebabkan lebih dari 39.000 kematian. Selama 10 bulan terakhir, pasukan Israel telah menguasai perbatasan Rafah dengan Mesir, menutup akses evakuasi bagi korban luka serta menghalangi pengiriman bantuan kemanusiaan.

Pilihan Editor: Adidas jadi Sorotan Telah Menampilkan Bella Hadid dalam Kampanye Terbaru

ADINDA JASMINE PRASETYO | MARVELA | USA TODAY | INSTAGRAM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."