Sebelum Menikah, Apakah Kamu Sudah Menanyakan 20 Hal Ini pada Pasangan?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pasangan menikah. Shutterstock

Ilustrasi pasangan menikah. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernikahan adalah salah satu keputusan terbesar dalam kehidupan seseorang. Menikah bukan hanya tentang tentang cinta, tetapi juga tentang komitmen jangka panjang. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menikah, ada beberapa pertanyaan yang wajib ditanyakan kepada pasangan. 

Pertanyaan yang harus ditanyakan kepada pasangan sebelum menikah dapat mencakup berbagai topik, mulai dari keuangan, rencana keluarga, hingga pandangan tentang kehidupan sosial dan karir. Hal ini penting dilakukan supaya bisa mengenal pasangan lebih dalam dan memahami satu sama lain dengan lebih baik. 

Berikut adalah 20 pertanyaan penting yang bisa dibahas dengan pasangan sebelum memutuskan untuk menikah. 

Pertanyaan Sebelum Menikah yang Perlu Diajukan

1. Apa harapanmu tentang pernikahan?

Pertanyaan ini membantu memahami bagaimana masing-masing pasangan memandang pernikahan dan ekspektasi mereka terhadap hubungan tersebut.

2. Bagaimana pandanganmu tentang membagi tanggung jawab rumah tangga? 

Diskusi ini penting untuk memastikan bahwa ada kesepakatan mengenai pembagian tugas sehari-hari, seperti memasak, membersihkan, dan lain-lain.

3. Apa Anda ingin punya anak?

Pertanyaan ini mencakup apakah pasangan ingin memiliki anak, berapa jumlahnya, dan kapan waktu yang tepat untuk mulai berkeluarga.

4. Bagaimana cara kita mengelola keuangan?

Membahas topik ini membantu menentukan apakah pasangan akan menggabungkan keuangan mereka atau mempertahankan rekening terpisah, serta menyepakati anggaran dan tabungan.

5. Bagaimana pandanganmu tentang pekerjaan dan karier?

Ini mencakup rencana karier masing-masing, apakah salah satu pasangan bersedia pindah jika pekerjaan menuntut, dan bagaimana menangani perubahan dalam pekerjaan.

6. Bagaimana Anda menangani perbedaan pendapat?

Sebelum menikah, penting untuk mengetahui bagaimana masing-masing pasangan merespon konflik dan menemukan cara yang sehat untuk menyelesaikannya. Ini sangat penting agar hubungan pernikahan tetap langgeng.

7. Bagaimana jika salah satu diantara kita sulit memiliki anak? 

Salah satu pertanyaan yang wajib dipertanyakan pada pasangan selanjutnya adalah soal kemungkinan infertilitas. Anda perlu membicarakan hal ini kepada pasangan khususnya soal IVF, adopsi, surrogasi, hingga pengasuhan anak, 

8. Apa prioritas dan tujuan hidupmu?

Mengetahui tujuan hidup masing-masing membantu menentukan apakah visi jangka panjang pasangan sejalan atau perlu diselaraskan.

9. Bagaimana pandanganmu tentang agama dan spiritualitas?

Jika agama memainkan peran penting dalam kehidupan seseorang, maka penting untuk mendiskusikan bagaimana itu akan mempengaruhi pernikahan dan keluarga mereka.

10. Bagaimana perasaan Anda tentang kehidupan seks? 

Ini mungkin terasa seperti pembicaraan yang sulit, tetapi sangat penting. Jika ingin menikah, maka Anda harus bisa berbicara terus terang dengannya tentang apa yang Anda inginkan dan sukai secara seksual. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."