Asal-usul Kain Sutra Si Ratu Tekstil, Permaisuri Leizu dari Cina Punya Andil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kain sutra. Foto: Freepik/devmaryna

Ilustrasi kain sutra. Foto: Freepik/devmaryna

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKain sutra yang terkenal dengan kelembutan, kehalusan, dan kilauannya merupakan salah satu produk tekstil tertua di dunia. Namun, tahukah Anda bagaimana asal-usul kain sutra pertama kali ditemukan dan berkembang?

Menurut legenda yang disebutkan dalam 'Odes' karya Konfusius, sekitar 2700 tahun sebelum masehi, permaisuri Leizu (Xi Ling-Shi) yang turut memperbesar otoritas politik Kaisar Kuning, ketika sedang minum teh, sebutir kepompong ulat sutra jatuh ke dalam cangkirnya. Saat mencoba mengeluarkannya, ia menemukan bahwa kepompong itu terurai menjadi benang yang panjang dan halus. Dari situlah ia mendapat ide untuk menenun benang tersebut menjadi kain. Orang Cina kemudian menemukan tahapan penting dalam proses pembuatan sutra. 

Pertama, kepompong (atau pupa) harus ditahan di dalam kepompong sebelum muncul sebagai ngengat. Kedua, bahwa benang sutra dapat berkisar antara 500 hingga 1600 meter. Rahasia sutra ini dijaga dengan penuh kecemburuan selama lebih dari 2.000 tahun dan menjadi monopoli komersial yang luar biasa. 

Prestasi terbesar Leizu adalah perannya sebagai pahlawan budaya yang menemukan serikultur, menciptakan alat tenun, dan menyebarluaskan praktik tenun sutra di masa kejayaannya. Pada awal abad pertengahan Cina, bahkan menenun dan serikultur sangat erat kaitannya dengan kebajikan perempuan. 

Simbol Kemewahan dan Kekayaan

Wilsen Willim mengolah kain tenun sutra Garut ke dalam 8 tampilan busana siap pakai yang terdiri dari kemeja, celana, rok, bralette, blazer, dan coat dalam siluet longgar dan santai/Foto: Doc. JF3

Pada awalnya, asal-usul kain sutra hanya dikenakan oleh keluarga kekaisaran Cina. Kain sutra dianggap sebagai simbol kemewahan dan kekayaan, bahkan digunakan sebagai mata uang dalam beberapa transaksi. Baru pada abad ke-3 SM, kain sutra mulai menyebar ke luar Cina, terutama melalui Jalur Sutra, sebuah rute perdagangan yang menghubungkan Cina dengan Asia Tengah, India, Persia, Eropa, dan Afrika. 

Kain sutra menjadi salah satu komoditas yang paling diminati oleh pedagang dan bangsawan dari berbagai negara. Seiring berjalannya waktu, teknik pembuatan kain sutra juga berkembang dan menyebar ke berbagai daerah, seperti Jepang, India, Arab, dan Italia. Meskipun demikian, Cina tetap menjadi produsen kain sutra terbesar dan terbaik di dunia hingga saat ini menurut Komisi Serikultur Internasional (INSERCO).

Sutra adalah salah satu biopolimer (polimer alami) yang paling melimpah di alam. Terlebih lagi, sutra telah terkenal sebagai bahan baku mewah dalam industri tekstil selama ribuan tahun sejak penemuan pertamanya pada peradaban Cina dan India lebih dari 2500 SM [Vainker, SJ. dalam bukunya Sutra Cina: Sejarah Budaya, 2004). Sejak dibudidayakan melalui serikultur, ulat sutra (Bombyx mori) dipelihara dan diberi makan daun murbei untuk mengumpulkan serat sutra dari kepompongnya, kain sutra telah diproduksi dalam skala besar di negara-negara Asia Selatan. 

Bahan tekstil mewah ini mendasari terbentuknya Jalur Sutra, yaitu jalur perdagangan besar yang menghubungkan sebagian Asia dengan wilayah di Eropa, India, dan Afrika [Xu, X., dkk., 2010, dalam Bulletin of the Seismological Society of America]. Karena penampilannya yang unik berkilau, sifat sentuhan, daya tahan, kemampuan pewarnaan, kekuatan mekanik yang sangat baik, fleksibilitas, kemudahan bernapas, dan kenyamanan yang diberikannya dalam cuaca hangat atau dingin, sutra secara historis diakui sebagai ratu tekstil. 

Lebih dari 120.000 metrik ton sutra diproduksi secara global setiap tahun, dan produsen utamanya berlokasi di Cina, India, dan Jepang. Selain karakteristik yang disebutkan di atas, biokompatibilitas juga memungkinkan penggunaan sutra untuk kebutuhan klinis, misalnya sebagai jahitan bedah sejak tahun 150 M. Teknologi canggih dan peralatan modern yang digunakan dalam bidang kimia, rekayasa material, teknik kimia, rekayasa genetika, dan pemodelan konseptual telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam menganalisis struktur dan sifat luar biasa sutra. 

Karena struktur hierarki dan keserbagunaannya, banyak peneliti berfokus pada sutra sebagai model, kandidat berbasis biomaterial untuk merancang bahan baru dengan sifat yang disesuaikan dan kinerja luar biasa untuk beragam aplikasi spesifik, seperti perangkat elektronik yang dapat dipakai, sistem ultrafiltrasi air, biosensor, sistem pengiriman obat (DDS), dan aplikasi rekayasa jaringan. Untuk mencapai potensi penuh sutra untuk aplikasi tingkat lanjut, pengetahuan material dasar dan pemahaman konsep fisika, kimia, dan biologi sangat diperlukan. Selain itu, nanosains dan nanoteknologi akan memainkan peran penting dalam penerapan material kuno ini pada proses teknologi modern.

Menurut Bucciarelli A. dkk. (2022) dalam Biomaterials Advances, sutra merupakan protein alami yang tak hanya digunakan untuk aplikasi tekstil selama ribuan tahun sejak penemuannya, tetapi fibroin sutra bahkan telah menjadi bahan terkemuka dalam rekayasa jaringan (TE) selama 20 tahun terakhir dengan hampir 10.000 karya yang diterbitkan yang mencakup semua aplikasi TE, mulai dari kerangka hingga regenerasi saraf. 

Pilihan Editor: 8 Rekomendasi Drama Cina Bertema Koki dan Kuliner Tiongkok

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."