Gregoria Mariska Tunjung Melaju ke Semifinal Olimpiade Paris 2024 Usai Kalahkan Ratchanok Intanon

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung mengepalkan tangan usai meraih poin saat bertanding melawan pebulu tangkis Republik Ceko Tereza Svabikova pada babak penyisihan grup G Olimpiade Paris 2024 di Porte De La Chapella Arena, Paris, Prancis, Rabu 31 Juli 2024. Gregoria menang dengan dua gim langsung 21-12, 21-18.  ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung mengepalkan tangan usai meraih poin saat bertanding melawan pebulu tangkis Republik Ceko Tereza Svabikova pada babak penyisihan grup G Olimpiade Paris 2024 di Porte De La Chapella Arena, Paris, Prancis, Rabu 31 Juli 2024. Gregoria menang dengan dua gim langsung 21-12, 21-18. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Gregoria Mariska Tunjung, atlet tunggal putri bulu tangkis Indonesia, melaju ke babak semifinal Olimpiade Paris 2024. Dia lolos setelah mengalahkan wakil Thailand, Ratchanok Intanon, pada perempat final di Porte de La Chapelle Arena, Paris, Prancis, Sabtu, 3 Agustus 2024.

Gregoria datang ke Olimpiade 2024 dengan status unggulan ketujuh. Menghadapi Intanon, ia berhasil menang dalam pertandingan berdurasi 47 menit dengan skor akhir 25-23, 21-9.

Jalannya Pertandingan

Persaingan sengit langsung tersaji sejak awal gim pertama kala Gregoria dan Intanon silih berganti memimpin perolehan angka. Wakil Indonesia pada akhirnya unggul tipis 11-10 pada masa interval usai Gregoria melepaskan smash silang yang jatuh mulus ke area permainan lawan.

Pertandingan pun masih berlangsung alot selepas jeda. Kedua pemain kembali terlibat aksi saling tikung dan skor imbang beberapa kali terjadi hingga memasuki masa setting.

Gim pertama akhirnya tuntas dengan skor 25-23 untuk kemenangan Gregoria usai meraih tiga poin beruntun yang dua di antaranya diraih dari pukulan Intanon yang out.

Memasuki gim kedua, lagi-lagi duel sengit kembali tersaji. Kedua pemain silih berganti memimpin perolehan hingga kedudukan imbang 5-5. Akan tetapi, Gregoria sukses mendapat momentum lewat torehan poin beruntun yang membuatnya unggul jauh 11-6 pada masa interval.

Memimpin lima poin membuat rasa percaya diri wakil Indonesia kian meningkat. Dara 24 tahun itu pun terus menekan Intanon yang seperti sudah hilang konsentrasi hingga akhirnya unggul telak 19-6.

Gregoria akhirnya sukses menyegel gim kedua dengan skor 21-9 setelah pukulan netting silangnya tak terkejar oleh Ratchanok Intanon. Kemenangan ini tentu sangat berarti, baik bagi Gregoria maupun tim bulu tangkis Indonesia di Olimpiade 2024.

Bagi Gregoria, kemenangan menjadi pembalasan sempurna setelah tiga tahun lalu disingkirkan Intanon pada babak 16 besar Olimpiade 2020. Atlet asal Wonogiri itu pun sukses mengulang pencapaian Maria Kristin Yulianti selaku tunggal putri terakhir Indonesia yang mampu menembus empat besar Olimpiade di Beijing 2008. 

Bagi tim bulu tangkis Indonesia, kemenangan Gregoria menjaga asa untuk mendapatkan medali dari Paris 2024. Sebelumnya, Indonesia harus kehilangan empat wakil dari cabor bulu tangkis karena gugur di babak penyisihan grup. Sedangkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bernasib sedikit lebih baik karena tereliminasi di babak perempat final.

Meski demikian, perjuangan Gregoria Mariska Tunjung untuk meraih medali masih panjang karena harus bersua An Se-young (Korea Selatan) di semifinal Olimpiade 2024. An Se-young yang berstatus unggulan pertama lebih dulu lolos ke semifinal usai mengukir comeback manis kala mengalahkan Akane Yamaguchi (Jepang) dengan skor 15-21, 21-17, 21-8.

Duel semifinal nomor tunggal putri cabor bulu tangkis Olimpiade Paris 2024 ini akan berlangsung Minggu besok, 4 Agustus 2024. Semangat buat Gregoria!

Pilihan Editor: Gregoria Mariska Tunjung dan Diananda Choirunisa Tanding Hari Ini di Olimpiade Paris 2024

ARKHELAUS WISNU TRIYOGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."