Lidah Buaya dan 7 Bahan Alami Ini Bisa jadi Tips Mengobati Jerawat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi  jerawatan di antara alis. Istimewa

Ilustrasi jerawatan di antara alis. Istimewa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagian besar orang yang memiliki jenis kulit berminyak akan lebih mudah berjerawat. Hal itu terjadi karena kelebihan sebum (zat berminyak) yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea yang terhubung langsung ke pori-pori kulit. Oleh sebab itu, tips mengobati jerawat khususnya berbahan alami kian dibutuhkan.

Meski begitu, banyak faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan jerawat. Beberapa penyebabnya antara lain: genetik, paparan cahaya matahari, pola hidup tidak sehat, perubahan hormon, infeksi kulit, dan kosmetik mengandung minyak, serta makanan dan obat-obatan yang dikonsumsi. 

Lantas, bagaimana cara mencegah mampirnya jerawat dan mengobatinya secara alami?
Tidak hanya untuk mencegah, menggunakan bahan-bahan alami di bawah ini juga dapat mengobati jerawat yang membandel pada kulit Anda.

1. Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Minyak esensial yang berasal dari daun pohon teh Melaleuca alternifolia asal Australia ini bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Pada sebuah studi (2019), para peneliti menemukan bahwa minyak pohon teh dapat mengurangi jumlah jerawat pada manusia karena kemampuan antimikroba dan anti-inflamasinya, bisa membunuh P. acnes.

2. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Hasil penelitian Hongyu Zhong, dkk. yang dipublikasikan dalam National Library of Medicine NCBI, menunjukkan bahwa jumlah jerawat, lesi, dan kulit kering berkurang ketika menggunakan lidah buaya.  Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya tipis-tipis pada kulit berjerawat dan biarkan 10-15 menit. Gunakan dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

3. Madu

Madu mengandung hidrogen peroksida dan dapat membantu membunuh bakteri P. Acnes. Dengan cotton bud, oleskan sedikit madu ke jerawat atau bisa juga dijadikan masker. Bersihkan wajah terlebih dulu, lalu oleskan madu ke wajah, biarkan selama 15 menit, dan bilas dengan air bersih. 

4. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang dapat membantu memecah bahan kimia dan produk limbah perusak sel. Teh hijau juga mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi produksi sebum, membasmi P. Acnes, dan mengurangi peradangan pada kulit.

Anda dapat meminum 1.500 mg ekstrak teh hijau per hari, selama 4 minggu berturut-turut.  Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan ekstrak teh hijau pada kulit wajah selama 8 minggu.

5. Air Perasan Lemon

Kandungan asam askorbat yang tinggi pada lemon ampuh menghilangkan jerawat membandel karena membantu mencegah keparahan dan mempercepat proses penyembuhan.

Cara menggunakannya dengan membersihkan seluruh area wajah, lalu peras lemon dan aplikasikan airnya sebagai masker. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Pakai secara rutin untuk hasil yang maksimal.

6. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik dari allicin. Allicin membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi pembengkakan, peradangan, dan meningkatkan sirkulasi darah.  Tempelkan potongan bawang putih pada jerawat atau bekasnya. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

7. Tomat

Tomat mengandung vitamin A dan C, zat anti-inflamasi, dan membantu memperkecil ukuran pori-pori wajah. Cara menggunakannya dengan menempelkan potongan tomat ke seluruh wajah secara merata, lalu biarkan selama 15-20 menit, dan bilas dengan air bersih.

8. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Haluskan pepaya dan aplikasikan ke seluruh wajah selama 30 menit, lalu bilas dengan air.

Jika bahan-bahan alami di atas tak membuahkan hasil pada kulitmu, Anda bisa menemui dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Pilihan Editor: 4 Tips Mengobati Jerawat Pakai Acne Patch

NATIONAL LIBRARY MEDICINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."