Mengapa Pakar Travel Tak Sarankan Taruh Barang di Lantai Kamar Hotel?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kamar hotel. Freepik.com/Jannoon028

Ilustrasi kamar hotel. Freepik.com/Jannoon028

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah kamu bahwa sebaiknya tidak membongkar koper di tempat tidur sepulang bepergian? Ternyata ada satu lagi saran tentang tas atau koper, yakni jangan meletakkan baran bawaan di lantai kamar hotel. Ini untuk menjaga barang bawaan dengan aman agar tetap bersih, kering, dan bebas dari hama, terutama kutu busuk banyak di Eropa. 

LaDell Carter, pendiri dan konsultan perjalanan utama di Royal Expression Travels, mengatakan bahwa dia selalu menggunakan rak untuk membongkar barang bawaan lalu menyimpan barang bawaannya di lemari. 

"Secara profesional, saya menyarankan untuk tidak meninggalkan barang bawaan di lantai kamar hotel karena berisiko mengundang makhluk yang tidak diinginkan. Misalnya, saat bepergian ke Jamaika, saya pernah meninggalkan barang bawaan saya di lantai untuk beberapa saat. Saat kembali ke rumah, saya menemukan bahwa saya secara tidak sengaja membawa kadal kecil yang merayap ke dalam koper saya," kata dia, seperti dilansir dari Travel+ Leisure.

Waspada kutu busuk

Bukan hanya Carter yang melakukan hal tersebut. Pakar perjalanan kesehatan Kelli Tolliday, yang juga pendiri Rising Nature Retreats, menambahkan bahwa dia sudah traveling ke 45 negara dan tinggal di 4 benua. Dia sudah melihat semua kondisi kamar hotel dari yang baik, yang buruk, dan yang sama sekali tidak bersih.

"Kutu busuk adalah serangga yang suka bepergian, dan mereka dapat dengan mudah merayap ke dalam koper, pakaian, dan barang-barang pribadi Anda, lalu menumpang pulang ke rumah Anda. Setelah mereka bersarang, kutu busuk bisa sangat sulit dan mahal untuk dibasmi, sehingga menyebabkan sakit kepala bagi para pelancong," ujar dia. 

Kutu busuk menjadi alasan utama Tolliday untuk tidak meninggalkan barang bawaannya di lantai, tetapi itu bukan satu-satunya alasan. Menurut dia, lantai kamar hotel, meskipun dibersihkan secara teratur, masih dapat menjadi tempat tinggal kotoran, bakteri, dan hal-hal tak terduga lainnya, terutama kamar hotel berkarpet. Lantai terpapar sepatu tamu sebelumnya, tumpahan cairan, dan bahan kimia pembersih.

Tolliday menambahkan bahwa traveling harus menjadi waktu yang menyenangkan dan penuh petualangan, bebas dari kekhawatiran hama, kotoran, dan kerusakan pada barang bawaan. Untuk mengurangi kemunkinan hama, selain meletakan koper di rak, dia menyarankan meninggalkan barang bawaan di bak mandi, tempat yang tidak disukai kutu busuk.

Pilihan Editor: 7 Pilihan Hotel dengan Pemandangan Pantai di Pelabuhan Ratu

MILA NOVITA | TRAVEL+ LEISURE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."