Anggur dan 6 Jenis Makanan Ini Bisa Mencegah Penuaan Dini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita memijat wajah. Freepik.com/user15285612

Ilustrasi wanita memijat wajah. Freepik.com/user15285612

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penuaan adalah proses alami yang tidak dapat dikendalikan. Namun, cara Anda memilih untuk menua sepenuhnya berada di bawah kendali Anda. Menyertakan makanan tertentu dapat membantu Anda tetap awet muda dengan menjaga kesehatan dan menyediakan nutrisi anti-penuaan dini bagi tubuh Anda. 

"Jika Anda makan gorengan atau junk food secara berlebihan, hal itu akan terlihat pada kulit Anda sebagai jerawat, komedo, dan pucat," kata Dr. Akriti Gupta, seorang dokter kulit kosmetik

"Seiring bertambahnya usia, terjadi kerusakan pada tubuh bagian dalam dan luar yang terlihat dalam bentuk kanker, degenerasi otak, penyakit jantung, sistem kekebalan tubuh yang menurun, penglihatan yang buruk, dan kulit keriput. Menyertakan zat-zat alami dalam makanan Anda dapat memperlambat dan menghentikan proses penuaan seiring berjalannya hidup," tulis Anjali Mukerjee, seorang ahli gizi, di Instagram. 

Namun, ia menambahkan, hal ini tentu saja tidak berarti Anda akan hidup selamanya, tetapi Anda pasti akan hidup lebih sehat dan menunda atau bahkan menghindari sebagian besar masalah yang muncul seiring bertambahnya usia.

Dr. Akriti Gupta, dokter kulit kosmetik dari Jivisha Clinic New Delhi, setuju dan mengatakan bahwa pola makan kita pasti berdampak pada penampilan kulit kita. "Jika Anda makan gorengan atau junk food secara berlebihan, hal itu akan terlihat pada kulit Anda sebagai jerawat, komedo, dan pucat. Diet yang kaya antioksidan, air, lemak sehat, dan nutrisi penting lainnya, di sisi lain, membuat kulit Anda bersinar, tetap kencang, dan segar kembali,” kata Dr. Gupta.

Berikut jenis makanan yang memiliki khasiat anti-penuaan dan dapat membantu Anda tetap sehat dan melawan beberapa penyakit, Anjali menambahkan, “Terlihat bahwa buah-buahan dan sayuran tertentu memiliki kekuatan ajaib yang memperpanjang rentang hidup dan mencegah penyakit.”

Jadi, apa saja makanan tersebut? Simak di bawah ini:

1. Kubis

Kubis merupakan antioksidan kuat yang mencegah kerusakan sel-sel kulit dan melindungi kita dari sinar UV matahari yang berbahaya. Makanlah kubis mentah, dimasak dengan sangat ringan, lebih baik digoreng atau dikukus untuk mendapatkan manfaat kubis secara maksimal.

2. Wortel

Dikemas dengan beta karoten dan pigmen oranye, wortel membantu menurunkan kolesterol darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Satu cangkir jus wortel sehari dapat meningkatkan penglihatan dan juga dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, bahkan di kalangan perokok.

3. Anggur

Dipenuhi dengan resveratrol dan vitamin C, anggur memberikan khasiat anti-penuaan dan mencegah degradasi sel-sel kulit. Segelas jus anggur ungu setiap hari juga mencegah pembentukan gumpalan di arteri.

4. Jeruk

Jeruk merupakan sumber antioksidan yang membantu melawan kanker dan menurunkan kolesterol serta tekanan darah.

5. Bawang

Bawang juga penuh dengan antioksidan yang mencegah pembekuan di arteri dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

6. Bayam

Kaya akan vitamin K, bayam memperkuat dinding pembuluh darah Anda sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker paru-paru. Karena kandungan airnya yang tinggi, ia juga membantu mencegah timbulnya kerutan dan katarak.

7. Tomat

Karena adanya antioksidan likopen yang kuat, tomat dikenal dapat mencegah kanker esofagus, lambung, dan usus besar. Kabar baiknya adalah bahwa memasak dan mengawetkan tidak merusak likopen, oleh karena itu tomat dalam segala bentuk, jus, saus, dan kuahnya merupakan cara mudah untuk mengawetkan masa muda Anda. Selain itu, kulit tomat memiliki dampak antiperadangan pada kulit manusia, dan antioksidan dalam buah ini memperlambat penuaan, imbuh Dr. Gupta.

Pilihan Editor: Rutinitas Skincare yang Bikin Kulit Bercahaya dan Cegah Penuaan Dini

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."