4 Tempat Wisata Alam Hidden Gems di Hong Kong, Cocok untuk Hiking

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Cheung Chau, Hong Kong (Dok. Hong Kong Tourism Board)

Cheung Chau, Hong Kong (Dok. Hong Kong Tourism Board)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada sejumlah tempat wisata alam yang belum banyak diketahui alias hidden gems di Hong Kong untuk para petualang. Salah satu aktivitas petualangan yang makin digemari di kota ini adalah mendaki alias hiking. Hong Kong yang terhubung dengan 263 pulau memiliki 535 jalur hiking, bersepeda, dan bersepeda gunung. 

Keunikan jalur hiking ini adalah beberapa pulau dan jalur ini terletak dekat dengan pusat kota dan dapat dicapai dengan transportasi umum. Jadi, pelancong tak perlu menghabiskan waktu lama di jalan menuju destinasi.  

Berikut tempat wisata alam untuk hiking dan bertualang yang jarang diketahui pelancong di Hong Kong, seperti dikutip dari siaran pers Hong Kong Tourism Board, Kamis, 8 Agustus 2024.

1. Cheung Chau

Cheung Chau terkenal dengan Festival Bun (Bakpau) tahunan dan Ping An Bun. Selain itu, pulau ini menawarkan tempat yang indah, situs bersejarah, jalur hiking yang ramah keluarga, dan kuliner yang lezat.

Selain hiking, pelancong bisa menyewa sepeda untuk menjelajahi perpaduan unik antara keindahan alam dan warisan budaya Cheung Chau. Jangan lupa singgah ke gua Cheung Po Tsai, yang dulunya merupakan tempat menyimpan harta karun bajak laut terkenal pada abad ke-19.

Cheung Chau bisa dicapai dengan naik feri dari Central Pier No. 5, yang dapat diakses dari MTR Hong Kong Station. Perjalanan memakan waktu sekitar 25 menit untuk feri cepat dan 40 menit untuk feri biasa. Tarif mulai dari 7,40 dolar Hong Kong atau sekitar Rp15.000.

2. Peng Chau 

Peng Chau dulunya adalah pusat industri dengan lebih dari 100 pabrik. Tapi kini, pulau kecil tersebut tanpa kendaraan yang menawarkan jalur hiking yang indah, kuil-kuil tradisional, dan sekilas gaya hidup Hong Kong yang lebih lambat.  

Pabrik Kulit Fook Yuen yang sudah tidak beroperasi, dihidupkan kembali menjadi tempat seni dengan pajangan unik dan grafiti yang penuh warna. Instalasi ini diganti secara teratur sehingga pengunjung bisa mendapatkan pengalaman yang selalu berbeda. 

Untuk menuju pulau ini, pelancong bisa naik feri dari Central Pier No. 6, yang dapat diakses dari MTR Hong Kong Station. Perjalanan memakan waktu sekitar 25 menit untuk feri cepat dan 40 menit untuk feri biasa. Tarifnya mulai dari 9,9 dolar Hong Kong atau sekitar Rp20.000.

3. Red Incense Burner Summit

Dari Red Incense Burner Summit, yang biasa disebut Braemar Hill, pelancong bisa menikmati pemandangan panoramik Pulau Hong Kong, Kowloon, dan Victoria Harbour. Titik pandang ini merupakan salah satu tempat favorit lokal untuk menyaksikan matahari terbenam dan pemandangan malam Hong Kong yang memikat. Jalurnya relatif mudah dan pendek ini sehingga bisa untuk keluarga.

Untuk ke sana, nauk Upper Braemar Hill Bus Terminus dan mendaki selama lima menit. Mendakilah pada sore hari untuk jalur pendakian penuh.

4. Mai Po Nature Reserve

Pecinta burung akan menyukai tempat ini karena cagar alam lahan basah ini adalah rumah bagi beragam spesies burung. Di sini juga terdapat tur berpemandu yang mengedukasi pengunjung tentang signifikansi ekologisnya. Mai Po Nature Reserve bisa diakses dengan mini bus atau bus dari Sheung Shui dan Yuen Long atau naik taksi dari mana pun di Hong Kong. 

Pilihan Editor: Liburan ke Hong Kong, Berikut 7 Rekomendasi Destinasi Wisata Malam yang Menarik Dikunjungi

MILA NOVITA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."