5 Tips Mencegah Rambut Berkeringat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi rambut berminyak. Shutterstock

Ilustrasi rambut berminyak. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Keringat sebenarnya adalah cara alami tubuh Anda untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit Anda. Jadi, jangan khawatir untuk pergi ke pusat kebugaran atau lari. Namun, perlu diingat, setelah berkeringat, penting untuk mencuci rambut dan merawatnya untuk mencegah penumpukan. 

Di sisi lain, keringat berlebih bisa sangat mengganggu, terutama untuk rambut Anda. Keringat berlebih dapat mengacaukan gaya rambut Anda, membuat kulit kepala Anda tampak berkilau dan berminyak, serta membuat rambut Anda terasa kotor.

Jangan biarkan rasa takut akan kerusakan akibat keringat menghalangi Anda menikmati aktivitas sehari-hari. Berikut ini beberapa kiat sederhana namun efektif untuk melindungi rambut dan kulit kepala Anda dari dampak keringat.

Tips Mencegah Rambut Berkeringat

1. Bandana Olahraga

Saat berolahraga atau melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat, pertimbangkan untuk menggunakan ikat kepala berbahan katun. Ikat kepala ini dapat membantu menyerap keringat dan mencegahnya menumpuk di kulit kepala Anda.

2. Gaya Rambut

Gaya rambut yang ketat atau ekor kuda dapat memerangkap keringat, kotoran, dan minyak, yang berpotensi menyebabkan rambut rontok. Pilih gaya rambut yang lebih longgar yang memungkinkan aliran udara lebih baik dan meminimalkan risiko rambut patah. 

Jika Anda masih lebih suka mengikat rambut, pilih opsi yang lebih lembut seperti jepitan atau ikat rambut berlapis kain untuk mengurangi kerusakan.

3. Dry Shampoo 

Menggunakan dry shampoo adalah cara yang fantastis untuk melindungi rambut Anda dari kemungkinan kerusakan akibat keringat tanpa mengacaukan rutinitas keramas Anda yang biasa. Jadi, saat tiba waktunya untuk mencuci rambut, gunakan produk yang diformulasikan khusus untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

4. Handuk Microfiber

Jika Anda tidak mencuci rambut setelah berkeringat, gunakan handuk pengering rambut yang lembut untuk menyeka keringat. Ini membantu mencegah rambut berminyak dan basah. 

Handuk microfiber sangat berguna karena ringan dan menyerap kelembapan dari rambut secara efisien. Handuk ini lebih cepat dan lebih praktis daripada menggunakan alternatif seperti pembungkus rambut dari kaus untuk mengeringkan rambut.

5. Menyisir

Menyisir rambut secara teratur tidak hanya untuk menjaganya tetap rapi; tapi juga dapat membantu mengatasi masalah yang berhubungan dengan keringat. Menyisir merangsang sirkulasi darah di kulit kepala dan dapat membantu mencegah rambut rontok dengan meningkatkan folikel rambut yang sehat dan sirkulasi yang lebih baik.

Tips Merawat Kulit Kepala yang Berkeringat

Keringat berlebih di kulit kepala dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan rambut Anda. Keringat cenderung mengeringkan kulit kepala dan menghambat pertumbuhan rambut baru. 

Keringat dan kotoran yang menumpuk di kulit kepala dapat menyumbat folikel rambut, sehingga kulit kepala terasa gatal karena sel-sel kulit menumpuk. Setelah mengetahui dampak buruk keringat berlebih di kulit kepala, berikut beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Cuci Rambut

Setelah berolahraga, penting untuk segera mencuci rambut guna mencegah potensi kerusakan akibat keringat. Cara terbaik untuk merawat rambut saat berkeringat adalah membilasnya sesegera mungkin setelah berolahraga. 

Namun, cobalah untuk menghindari keramas berlebihan dan jika keramas setiap hari diperlukan, gunakan sampo yang lembut dan tidak berminyak. Anda dapat melanjutkannya dengan kondisioner untuk mengembalikan kelembapan yang hilang. 

Jika waktu memungkinkan, pertimbangkan untuk membilasnya dengan cepat menggunakan air dingin sebelum keramas guna menutup kutikula rambut dan mencegah kerusakan.

2. Pijat Kulit Kepala dengan Minyak

Memijat kulit kepala dengan minyak dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut dan memastikan nutrisi menyeluruh sekaligus membuang kotoran dan racun. Metode ini, selain keramas secara teratur, merupakan cara yang efektif untuk mengurangi rambut rontok akibat keringat. 

3. Cuka Apel

Cuka apel membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala dan dapat mengatur sekresi keringat. Cukup campurkan beberapa sendok makan cuka apel dengan air hangat, pijatkan ke kulit kepala, biarkan selama sekitar 30 menit, lalu bilas.

4. Minum Air Putih 

Tetap terhidrasi dengan minum air membantu tubuh tetap sejuk dan mengurangi keringat. Selain itu, air membantu mengisi kembali kadar air yang hilang akibat keringat berlebih. Usahakan untuk mengonsumsi air yang cukup sepanjang hari untuk mendapatkan hidrasi yang optimal.

Berkeringat adalah proses alami tubuh, tapi bukan berarti akan berdampak negatif pada kesehatan rambut. Dengan mengikuti praktik ini, Anda dapat menjaga rambut dan kulit kepala tetap dalam kondisi prima, bahkan saat berkeringat.

Pilihan Editor: Apakah Keringat Baik untuk Rambut Anda? Ini Dampak Positif dan Negatifnya

PINKVILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."