Mantan CEO YouTube Susan Wojcicki Meninggal karena Kanker Paru-paru

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
CEO Youtube Susan Wojcicki. Instagram.com/@susanwojcicki

CEO Youtube Susan Wojcicki. Instagram.com/@susanwojcicki

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mantan kepala eksekutif atau CEO YouTube dan eksekutif Google yang sudah lama menjabat, Susan Wojcicki, meninggal hari Sabtu, 10 Agustus 2024. Dia wafat pada usia 56 tahun setelah berjuang melawan kanker paru-paru selama dua tahun.

"Dengan kesedihan yang mendalam, saya sampaikan berita meninggalnya Susan Wojcicki. Istri saya tercinta selama 26 tahun dan ibu dari lima anak kami meninggalkan kami hari ini setelah 2 tahun hidup dengan kanker paru-paru non-sel kecil," kata Dennis Troper, suami Wojcicki, dalam unggahan Facebook.

"Selama dua tahun terakhir, meskipun ia menghadapi kesulitan pribadi yang besar, Susan mengabdikan dirinya untuk membuat dunia menjadi lebih baik melalui kegiatan filantropinya, termasuk mendukung penelitian untuk penyakit yang akhirnya merenggut nyawanya," kata Kepala Eksekutif Google (GOOGL.O), dalam unggahan blog opens new tab.

Salah satu wanita paling terkemuka di bidang teknologi, Wojcicki bergabung dengan Google pada 1999 untuk menjadi salah satu dari beberapa karyawan pertama dan pemimpin pencarian web tersebut, beberapa tahun sebelum mengakuisisi YouTube.

Google Membeli YouTube tahun 2006 Seharga $ 1,65 Miliar

Sebelum menjadi CEO YouTube pada 2014, Wojcicki adalah wakil presiden senior untuk produk iklan di Google.

Setelah sembilan tahun memimpin, Wojcicki mengundurkan diri dari perannya di YouTube pada tahun 2023 untuk fokus pada "keluarga, kesehatan, dan proyek pribadi".

Ia digantikan oleh wakilnya, Neal Mohan, seorang eksekutif senior periklanan dan produk yang bergabung dengan Google pada tahun 2008. Saat itu Wojcicki berencana untuk mengambil peran penasihat di Alphabet, perusahaan induk Google.

"Dua puluh lima tahun yang lalu saya memutuskan untuk bergabung dengan beberapa mahasiswa pascasarjana Stanford yang sedang membangun mesin pencari baru. Nama mereka Larry dan Sergey. Itu akan menjadi salah satu keputusan terbaik dalam hidup saya," tulis Wojcicki dalam sebuah postingan blog, pada hari ia meninggalkan YouTube, merujuk pada pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin.

"Hari ini kami di YouTube kehilangan seorang rekan setim, mentor, dan teman, Susan Wojcicki," kata Mohan dalam sebuah posting di X.

Pilihan Editor: Bintang Beverly Hills 90210, Shannen Doherty Meninggal saat Berjuang Melawan Kanker Payudara

REUTERS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."