5 Cara Berempati dengan Pasangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Joshua Chun

Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Joshua Chun

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berempati berarti kemampuan untuk memahami perasaan orang lain. Dalam hubungan asmara, berempati melibatkan berbagi secara aktif dan memvalidasi emosi pasangan Anda. Ketika pasangan Anda mengatakan 'kita tidak berada di halaman yang sama', itu bisa pertanda Anda belum secara efektif mengungkapkan pikiran, perasaan, atau harapan Anda.

Jika Anda memiliki rasa saling menghormati dan kekaguman terhadap pasangan, Anda juga perlu tahu bagaimana menunjukkan hal itu secara efektif. Tanpa memahami kehidupan dan perasaan pasangan, ikatan koneksi itu bisa jadi dangkal. Berikut cara berempati dengan pasangan yang patut dicoba.

1. Menjadi pendengar yang baik untuk pasangan

Keterampilan mendengarkan penting untuk mempertahankan hubungan dalam jangka waktu yang lama. Memberi seseorang perhatian yang tidak terbagi mendorong kepercayaan, memperkuat koneksi emosional, dan memastikan bahwa kedua pasangan merasa terdengar dan dihargai.

Tanpa mendengarkan pasangan dan memahami emosi mereka, tidak mungkin untuk mempertahankan ikatan yang sehat.

2. Tidak memvalidasi perasaan pasangan

Reaksi Anda sangat memengaruhi pasangan saat menunjukkan kerentanannya. Jika Anda mendengarkan pasangan, tetapi selalu memotongnya dengan 'Anda terlalu banyak berpikir', atau 'Anda harus berpikir lebih positif', pasangan akan berpikir kembali terbuka dengan Anda di waktu berikutnya.

3. Bagikan pemikiran dan perasaan Anda

Berempati dengan pasangan juga terlibat menceritakan kepada pasangan tentang cerita, pikiran dan perasaan Anda tentang mereka, serta kehidupan. Berbagi kerentanan Anda akan membuat pasangan merasa terhubung dengan Anda.

4. Memahami bahasa tubuh pasangan

Kata-kata mungkin tidak selalu menceritakan keseluruhan yang dirasakan. Saat pasangan Anda mungkin ragu-ragu, takut atau tidak yakin tentang apa yang mereka rasakan bisa terlihat dari bahasa tubuhnya.

Jika Anda merasakan suasana hati pasangan yang gelisah, menawarkan untuk membantu mereka menghadapinya adalah salah satu cara untuk berempati. Ini menunjukkan Anda peduli dan bersedia bekerja ekstra untuk mereka.

5. Menawarkan untuk berbagi beban

Berada dalam tahap kehidupan yang rentan dapat membuat Anda atau pasangan membeku atau takut. Ketika pasangan mengalami hal itu, tawarkan untuk berbagi beban, membantu melakukan beberapa tugas akan membuat pasangan merasa Anda mengerti apa yang sedang dia alami.

Itulah sederet cara berempat dengan pasangan yang bisa membantu memperkuat hubungan asmara Anda.

Pilihan Editor: 20 Cara Memberi Ruang pada Pasangan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."