Kreasi Resep dan Langkah Pembuatan Ganache Cake yang Legit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kue cokelat atau chocolatte cake. Unsplash.com/Debbi Hudson

Ilustrasi kue cokelat atau chocolatte cake. Unsplash.com/Debbi Hudson

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hal yang kita butuhkan untuk menyingkirkan kesedihan di tengah minggu adalah sepotong surga dan tidak ada yang lebih nikmat daripada ganache cake yang merupakan lambang kemewahan atau hidangan penutup. 

Hanya dengan memikirkannya saja sudah membuat kita meneteskan air liur karena setiap gigitannya menjanjikan akan meleleh di mulut kita dengan kenikmatan yang kaya dan lembut. Kita tidak perlu waktu untuk membuatnya karena ini adalah suguhan yang tak lekang oleh waktu dan tanpa bermaksud melebih-lebihkan, kue ganache cokelat yang dibuat dengan baik bagaikan simfoni rasa, dengan setiap gigitan menghadirkan nada manis dan kemewahan yang sempurna.

Ketahuilah cara memanggang seperti seorang profesional dengan panduan langkah demi langkah berikut untuk membuat kue ganache cokelat legit dan menikmati suguhan manis yang kaya dan lembut di rumah. 

Kreasi Resep Ganache Cake

Bahan untuk adonan kue:

135 gm tepung terigu
50 gm bubuk kakao
125 gm gula halus
1 sdt bubuk pengembang
1/2 sdt soda kue
125 gm yogurt kocok
50 gm mentega cair
120 ml air hangat
1 telur
Sejumput garam
1 sdt ekstrak vanili
Untuk hasil terbaik, gunakan panci presto
Bahan untuk ganache cokelat:
250 gm cokelat hitam (cincang)
125 gm mentega
100 gm gula halus
1 sdt ekstrak vanili
1/2 sdt kopi instan (opsional)
200 gm krim

Cara membuat:

1. Untuk adonan kue, campur semua bahan basah dengan gula hingga larut dan tercampur rata. Masukkan bahan kering dan aduk hingga rata. Panaskan panci presto dengan api sedang-tinggi hingga panas. Tuang adonan ke dalam loyang kue yang sudah diolesi minyak dan letakkan di dalam panci presto.

2. Tutup panci dan masak dengan api sedang-tinggi tanpa bunyi peluit selama 30-45 menit. Periksa apakah kue sudah matang sepenuhnya menggunakan tusuk gigi. Setelah matang, keluarkan dari panci, keluarkan dari cetakan, dan biarkan dingin sepenuhnya. Potong kue menjadi dua bagian secara horizontal.

3. Untuk ganache, panaskan semua bahan dalam panci dengan api kecil hingga cokelat dan mentega meleleh. Angkat dari api, aduk hingga rata, lalu masukkan ke dalam lemari es selama 15 menit. Kocok dengan blender listrik hingga mengembang.

4. Oleskan ganache pada separuh kue dan lapisi dengan separuh kue lainnya. Lapisi seluruh kue dengan ganache, ratakan dengan pisau palet. Hiasi dengan buah pilihan Anda dan gula sebelum disajikan.

Pilihan Editor: Kreasi Resep Bekal Anak, Sandwich Aneka Isi yang Menggugah Selera

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."