10 Tanda Mau Haid yang Perlu Diketahui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita sakit kepala/pusing. Shutterstock.com

Ilustrasi wanita sakit kepala/pusing. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa hari menjelang haid atau menstruasi dapat menyebabkan perubahan fisik dan emosional bagi banyak perempuan. Tanda-tanda mau haid dapat berbeda pada setiap orang dan disebabkan oleh perubahan kadar hormon dalam tubuh.

Mengetahui kapan haid akan datang bisa membantu Anda bersiap dan mengatasi ketidaknyamanan yang mungkin terjadi. Berikut ini sepuluh tanda mau haid akan segera tiba.

1. Nyeri Payudara

Salah satu tanda mau haid paling umum aadalah ketidaknyamanan pada payudara. Perubahan hormon, terutama peningkatan progesteron dan estrogen, menyebabkan pembengkakan dan peningkatan sensitivitas pada jaringan payudara. Nyeri payudara, berat, atau sensasi penuh dapat muncul karena hormon yang berubah.

2. Kembung

Sensasi pramenstruasi umum lainnya yang disebabkan oleh perubahan hormon dan retensi air adalah kembung. Banyak wanita merasa tidak nyaman karena perut mereka agak membesar atau membuncit. Kembung biasanya akan hilang saat menstruasi dimulai.

3. Moody

Tanda mau haid selanjutnya adalah mengalami suasana hati naik turun alias moody. Perubahan hormon, terutama penurunan serotonin, dapat menyebabkan perubahan suasana hati, ketidaksabaran, dan perasaan melankolis atau khawatir. Sindrom pramenstruasi sering kali mencakup gejala-gejala emosional ini.

4. Jerawat

Menurut dokter Deepika Aggarwal, Direktur Obstetri dan Ginekologi di Rumah Sakit CK Birla Gurugram, India, beberapa hari sebelum menstruasi Anda alami jerawat karena fluktuasi hormon. Produksi androgen yang lebih tinggi dapat menyumbat pori-pori dan mengakibatkan jerawat dengan meningkatkan produksi minyak di kulit.

"Biasanya, jerawat ini terjadi di dada, punggung, atau wajah,” ucapnya dikutip dari Times of India, 14 Agustus 2024.

5. Kelelahan

Tanda lain haid akan datang adalah jika Anda merasa sangat lelah atau lesu. Perubahan kadar hormon dapat memengaruhi tingkat energi Anda dan membuat Anda merasa lebih lelah dari biasanya. Kondisi ini dapat dikelola dengan diet seimbang dan tidur yang cukup.

6. Kram Perut

Kram perut bagian bawah yang ringan hingga parah juga termasuk tanda-tanda mau haid. Dismenore, istilah untuk kram ini, terjadi saat rahim bersiap untuk melepaskan lapisannya.

Meskipun nyeri biasanya bertambah parah saat Anda menstruasi, nyeri tersebut dapat mulai terasa beberapa hari sebelum menstruasi.

7. Perubahan Nafsu Makan

Perubahan hormon juga dapat memengaruhi rasa lapar dan keinginan makan Anda. Pada hari-hari menjelang haid, banyak perempuan melaporkan meningkatnya keinginan menyantap makanan asin atau manis. Sementara itu, sejumlah perempuan lain mengalami perubahan dalam kebiasaan makan mereka yang biasa atau penurunan nafsu makan.

8. Sakit Kepala

Fluktuasi hormon sebelum menstruasi dapat menyebabkan sakit kepala atau migrain. Sakit kepala ini dapat disebabkan oleh penurunan estrogen, terutama pada perempuan yang rentan migrain. Mengurangi frekuensi dan intensitasnya dapat dicapai dengan mengendalikan stres dan tetap terhidrasi.

9. Gangguan Tidur

Tanda mau haid berikutnya adalah beberapa perempuan mengalami kesulitan tidur. Perubahan hormon dapat menyebabkan insomnia atau gangguan tidur, yang membuat sulit untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Menciptakan ritual malam yang menenangkan dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

10. Masalah Pencernaan

Sembelit, diare, atau kembung adalah contoh masalah pencernaan yang termasuk tanda haid akan datang. Perubahan hormonal yang memengaruhi saluran pencernaan dikaitkan dengan gejala-gejala ini. Menjaga hidrasi dan memperhatikan gizi Anda dapat membantu meringankan masalah-masalah ini.

Anda dapat mempersiapkan diri secara mental dan fisik dengan menyadari tanda-tanda mau haid. Meskipun dapat menyebabkan ketidaknyamanan, sensasi-sensasi ini merupakan aspek yang tak terelakkan dari siklus menstruasi. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan profesional kesehatan jika Anda memiliki gejala-gejala yang parah atau tidak biasa. 

Pilihan Editor: 4 Minuman yang Baik Dikonsumsi saat Haid

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."