Apakah Hairspray Buruk untuk Kesehatan Rambut?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan memakai hairspray. Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Ilustrasi perempuan memakai hairspray. Foto: Freepik.com/wayhomestudio

IKLAN

Cara Menggunakan Hairspray dengan Aman

Berikut adalah empat cara untuk menggunakan hairspray dengan cara yang lebih aman bagi rambut Anda.

1. Perhatikan Seberapa Sering Anda Menggunakan hairspray

Hal pertama yang perlu diingat tentang hairspray adalah menggunakannya secara moderat. Para ahli rambut mengatakan bahwa semprotan ringan saja sudah cukup. Langkah ini akan mencegah rambut Anda terkena produk tambahan atau yang tidak perlu. 

2. Jangan Pegang Tabung Terlalu Dekat dengan Rambut

"Saat menggunakan hairspray, pegang tabung pada jarak yang aman dari kulit kepala Anda dan semprotkan hanya pada rambut Anda," saran Hall. "Semprotkan di ruangan yang berventilasi baik dan jangan gunakan secara berlebihan." Jarvis menyarankan untuk memegang tabung sekitar 10-12 inci dari rambut Anda saat menyemprot dan menghindari kontak langsung dengan kulit kepala Anda.

3. Coba Formula Bebas Alkohol

Jika rambut Anda cenderung kering, hindari produk dengan alkohol karena hanya akan menyerap lebih banyak kelembapan. Dalam hal ini, Jarvis menyarankan untuk mencari hairspray dengan formula bebas alkohol. Namun perlu diingat bahwa hairspray membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering setelah diaplikasikan.

4. Cuci Rambut Anda

Jangan lupa untuk mencuci rambut Anda di penghujung hari untuk menghilangkan hairspray yang Anda aplikasikan sebelumnya. Jika hairspray masih menempel di kulit kepala atau rambut Anda, pastikan untuk mencucinya dengan sampo yang lembut untuk menghindari penumpukan.

Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan sampo pembersih seminggu sekali jika Anda rutin menggunakan hairspray.

Hairspray umumnya tidak bermasalah jika digunakan secukupnya. Jika tidak, hairspray dapat menyebabkan rambut rapuh, helai dan kulit kepala kering, serta rambut kusam dan kaku. Anda juga dapat merusak rambut jika Anda menggunakan alat pemanas setelah menggunakan hairspray.

Pilihan Editor: 4 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Rambut, Memperkuat Rambut dan Mengatasi Ketombe

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."